Home Bisnis Tidak Sembarangan! Berikut Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pemula

Tidak Sembarangan! Berikut Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pemula

by Mas Abadi
cara memulai bisnis online

Hinar binar sukses berbisnis dengan kapital kecil adalah mimpi dari perintis usaha. Terutama untuk pemula yang kerap kali berniat memulai bisnis dengan dasar coba coba. Bisnis daring dijadikan sasaran empuk uji coba usaha jual beli barang hingga dropship. Sayangnya, tidak semudah itu. Keuntungan yang diharapkan tidak akan luput dari cara memulai bisnis online yang tepat.

Keuntungan Yang Diharapkan Dari Bisnis Online

Apa yang membuat Anda beralih untuk mencoba atau tertarik dengan bisnis online? mungkin salah satunya adalah nilai kemudahan yang ditawarkan. Jika dibanding dengan usaha offline, merintis bisnis online dianggap lebih mudah karena rendahnya angka modal, operasional, hingga biaya promosi.

Anggapan tidak perlu membuka toko dan mencetak selebaran promosi bisa menjadi alasan mengapa bisnis online banyak diminati. Bahkan, potensi marketingnya pun lebih luas karena penetrasi online sudah sangat tinggi. Anda pun tidak perlu menguras kantong untuk memenuhi kebutuhan pemasaran, karena bisa melakukan promosi dari media sosial.

Begitu juga waktu dan operasional yang lebih fleksibel. Anda tidak perlu menyewa atau membuka toko dengan batas waktu tersendiri. Pembeli pun dapat mengakses bisnis Anda kapan pun dimana pun. Dengan segala konsiderasi tersebut, tidak heran jika pamor e-commerce melejit dan menjadi solusi bisnis tanpa modal.

Tahapan Merintis Usaha Online

Meski memiliki berbagai macam keunggulan, merintis usaha dengan cara daring bukanlah hal yang mudah. Perlu banyak pertimbangan dan perhitungan agar bisnis berumur panjang. Dengan angka Kapital yang relatif rendah, beberapa cara berikut bisa Anda gunakan sebagai patokan merintis usaha online yang efisien.

1. Mulai Dengan Riset Sederhana

Banyak hal yang berkaitan dengan riset awal. Kajian kecil yang Anda lakukan mencakup peluang usaha, riset perbandingan harga pasar, riset pasar, hingga penentuan target bisnis. Mencakup dan tidak terbatas oleh hal tersebut, Anda juga hendaknya memulai memperhitungkan modal dan strategi terbaik.

Sebagai pemula, Anda dapat melakukan langkah ini dengan cukup mudah. Yang menjadi kunci adalah mengenal komoditas barang yang digemari pasar. Cek juga kebutuhan pasar dan indikasi calon pelanggan. Jika mungkin, carilah solusi dari keadaan pasar. Mungkin saja Anda bisa mencontoh, memodifikasi, atau membuat produk baru.

Analisis kompetitor juga dinilai penting. Cara berbisnis yang satu ini bisa mengarahkan Anda untuk menemukan peluang usaha terbaik. Yang bisa Anda jadikan patokan adalah harga, target, produk, dan cara promosi mereka. Sekali lagi, Anda dapat mengadopsi, mengubah, atau bahkan membuat solusi terbaru yang mentransformasi usaha lebih unggul dari kompetitor.

Baca Artikel Selanjutnya : Bisa Dijalankan Dari Rumah, Berikut 6 Usaha Online yang Bisa Anda Lakukan

2. Mencari Modal

cara memulai bisnis online

Meski dianggap modal kecil, tapi bukan berarti nol. Setelah riset produk, pasar, dan kebutuhan, estimasi modal dapat digunakan dan mulai dikumpulkan. Dalam skenario modal seminimal mungkin, bisnis yang ada pilih adalah sejenis dropship atau afiliasi. Model bisnis ini tidak menuntut Anda untuk stok barang, yang mana dapat mengurangi kapital usaha.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Agar bisnis siap meluncur, Anda bisa memanfaatkan akun media sosial pribadi untuk langkah awal. Hal ini bisa menjadi cara menggaet konsumen dari lingkup sosial terdekat, seperti teman atau kenalan. Tidak berhenti di situ saja, Anda dapat membuka akun khusus untuk bisnis hingga bergabung dengan e-commerce agar produk mencakup pasar lebih luas.

4. Menggunakan Bantuan Relasi

Cara merintis bisnis tanpa modal dapat dimaksimalkan dengan menggunakan relasi dan kerabat. Idealnya, ide ini berkaitan dengan solusi promosi dan produksi barang. Untuk menekan angka modal, Anda dapat mengikut sertakan keluarga, teman, hingga kerabat untuk ikut memasarkan produk. Dengan begitu, pasar yang dicapai juga akan lebih luas dan beragam.

5. Konsistensi Harga Promo Dan Kualitas

Ingat! Mengandalkan promosi secara luas dan online saja tidak akan cukup untuk menarik suatu pangsa bisnis. Mengingat masifnya usaha dengan sistem online, maka konsistensi menjadi senjata yang harus Anda perkuat. Cara ini senantiasa dapat membantu produk, situs, dan usaha Anda lebih mudah dikenal atau dicari.

Lantas apa yang harus dipertahankan? Promosi menarik dan kualitas produk yang selalu baik akan membantu menggaet calon konsumen. Tidak perlu melakukan promosi yang sangat besar, pastikan saja tawaran tersebut menarik, memiliki batas waktu tertentu, dan dapat dipercaya oleh pelanggan.

6. Pertahankan Pelanggan Setia

Berkaitan dengan pengadaan produk dan promo yang konsisten, maka Anda pun berpeluang mempertahankan pelanggan setia. Konsumen setia memiliki potensi untuk terus membeli atau bertransaksi di bisnis yang telah dirintis. Bahkan pada suatu waktu, Anda dapat menggunakan pelanggan setia untuk membantu promosi dan relasi di waktu ke depan.

Memang benar bahwa bisnis dengan basis daring memiliki beberapa nilai plus dibanding dengan bisnis offline. Terutama dalam segi modal. Namun, Anda perlu menerapkan cara memulai bisnis online terbaik agar keberlangsungan usaha berumur panjang. Cara tersebut mencakup riset, pemanfaatan akun medsos, kontak, konsistensi, promo, hingga menggunakan relasi.

You may also like