Home Bisnis Tidak Perlu Ngantor, Inilah 7 Inspirasi Usaha Rumahan yang Cukup Menguntungkan

Tidak Perlu Ngantor, Inilah 7 Inspirasi Usaha Rumahan yang Cukup Menguntungkan

by Mas Abadi
usaha rumahan yang menguntungkan

Siapa bilang usaha atau bisnis hanya bisa dijalankan di kantor saja. Pernyataan tersebut dinilai kurang tepat karena usaha atau bisnis juga dapat dikelola di rumah. Hal tersebut karena adanya kecanggihan teknologi digital. Artinya, meski di rumah saja, Anda dapat menjalankan  bisnis secara online.

Bagi Anda yang berniat menjalankan usaha rumahan, namun bingung ingin mulai dari mana? Tidak perlu bingung, berikut akan disajikan 7 inspirasi usaha rumahan yang dinilai cukup menguntungkan untuk dikembangkan. Yuk, simah bahasan berikut ini.

Hal – Hal yang Harus Dihindari Sebelum Merintis Usaha

Bagi Anda yang masih ragu untuk membuka usaha rumahan, alangkah baiknya jika Anda menyimak hal-hal yang harus dihindari sebelum merintis usaha rumahan berikut ini. 

  1. Hindari membuka usaha tanpa memiliki rencana. Pastikan, Anda memiliki planning sebelum membuka usaha.
  2. Bersikap pasif dalam mengembangkan usaha, artinya Anda hanya membuka usaha saja tetapi tidak berusaha mengembangkannya.
  3. Malas berpromosi. Perlu diingat, kunci sukses berbisnis adalah promosi.
  4. Tidak melakukan inovasi sama sekali. Inovasi dalam berbisnis perlu karena tanpa inovasi bisnis Anda kurang diminati pelanggan

7 Inspirasi Usaha Rumahan yang Dinilai Menguntungkan Meski Minim Modal

Bagi Anda yang masih bingung ingin membuka usaha rumahan seperti apa? Anda tidak perlu khawatir karena banyak inspirasi usaha rumahan yang dapat dijadikan peluang usaha. Berikut adalah 7 inspirasi usaha rumahan yang mungkin bisa Anda kembangkan di rumah.

1. Usaha Warung Khusus Sarapan

Bisa dibilang usaha rumahan yang tidak ada matinya adalah jualan sarapan. Baik di kota besar maupun di wilayah pedesaan usaha jual sarapan ini banyak peminatnya. Itu karena banyak orang menyadari bahwa sarapan itu penting.

Bagi Anda yang bisa memasak dan hobi, Anda dapat membuka usaha warung khusus sarapan. Anda bisa menjual sarapan nasi uduk, lontong sayur atau nasi pecel. Usaha yang satu ini menguntungkan karena Anda tidak perlu sewa tempat jualan, Anda bisa memanfaatkan teras di rumah Anda.

2. Usaha Jual Kue Basah di Depan Rumah

Selain jual sarapan, usaha rumahan lainnya yang juga menguntungkan dan minim modal adalah usaha jual kue basah. Kabarnya, usaha jual kue basah ini bisa meraup untung besar. Itu karena kue basah dibutuhkan orang untuk sarapan, even tertentu sampai dengan dijadikan hidangan untuk acara rapat atau seminar.

Anda dapat membuka usaha rumahan kue basah, dengan menjual aneka ragam kue, seperti: lemper, pastel, donat, risol, arem-arem, onde-onde dan masih banyak lagi. Supaya usaha kue basah Anda sukses, jangan lupakan inovasi.

3. Usaha Jahit Tanpa Obras

Bagi Anda yang memiliki hobi menjahit, Anda dapat membuka usaha jahit tanpa obras di rumah Anda. Kabarnya, usaha jahit tanpa obras ini menguntungkan dan minim modal. Itu karena Anda dapat memanfaatkan mesin jahit bekas untuk memulai usaha Anda.

4. Usaha Jual Sayuran Segar

Bisa dibilang usaha di bidang pemenuhan kebutuhan pangan, memang tidak ada matinya, seperti: jual sayuran segar. Untuk memulai usaha yang satu ini, Anda tidak perlu sewa tempat khusus, Anda dapat memanfaatkan teras rumah Anda untuk menjual sayuran segar tersebut.

Kabarnya, menjual sayuran segar cukup menguntungkan. Itu karena setiap hari orang membutuhkan sayuran segar untuk dimasak. Selain itu, Anda dapat menambahkan menjual aneka bumbu dapur sebagai penunjang jualan Anda.

5. Usaha Jual Gorengan di Depan Rumah

Siapa sih yang tidak suka gorengan? Dapat dipastikan setiap orang menyukai gorengan. Anda dapat mulai membuka usaha gorengan ini di depan rumah. Umumnya, gorengan yang laris manis dan disukai banyak orang adalah gorengan sejenis tempe goreng, pisang goreng, bakwan, cireng dan singkong goreng.

Sebagai pelengkap usaha gorengan Anda, Anda dapat menjual aneka minuman baik dingin maupun panas, seperti: kopi, teh maupun minuman segar lainnya. Tentunya, usaha jual gorengan ini minim risiko kerugian karena modal usaha yang dibutuhkan juga minim.

6. Usaha Jual Mainan Anak-Anak

Bagi Anda yang ingin inovasi dalam usaha, Anda dapat menjual mainan anak-anak. Dirangkum dari beberapa sumber, usaha jual mainan anak-anak ini cukup menguntungkan dan membutuhkan modal kurang lebih Rp1.000.000,00. 

Langkah awal, untuk membuka usaha ini adalah dengan membeli mainan anak-anak di pasar grosir. Kemudian, Anda jual kembali dengan harga jual yang lebih tinggi dari modal. Namun, perlu diingat jangan menaikkan harga yang terlalu tinggi supaya dagangan Anda laku terus.

7. Usaha Warung Kopi dan Mie Instan

Usaha warung kopi dan mie instan merupakan salah satu usaha yang evergreen atau tidak ada matinya. Apalagi bagi Anda yang tinggal di wilayah perkotaan, tentunya setiap orang menyukai jajanan yang satu ini. 

Bisa dibilang usaha warung kopi dan mie instan ini cukup menjanjikan. Hal tersebut karena kopi dan mie instan merupakan salah satu jajanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. 

Tersebut adalah 7 usaha rumahan yang dinilai menguntungkan untuk dikembangkan. Pilihlah usaha yang sesuai dengan hobi Anda supaya Anda tekun dan gembira mengelolanya. Semoga usaha Anda selalu diberi kelancaran dan kesuksesan.

You may also like