Home Karier Tertarik Kuliah Jurusan Agribisnis? Kenali Dulu Prospek Kerjanya Disini!

Tertarik Kuliah Jurusan Agribisnis? Kenali Dulu Prospek Kerjanya Disini!

by Mas Abadi
Prospek Kerja Agribisnis

Saat ini banyak sekali jurusan kuliah yang bisa kamu pilih. Mulai yang berkaitan dengan kesehatan, ilmu sosial maupun pengembangan sumber daya alam. Salah satu jurusan yang bisa kamu pilih adalah Agribisnis. Jurusan ini mulai banyak dilirik oleh calon mahasiswa yang melanjutkan kuliahnya di berbagai universitas. Sebelum memilihnya, kenali dulu prospek kerja agribisnis berikut ini.

Apa Itu Jurusan Agribisnis?

1. Mengenal Jurusan Agribisnis

Agribisnis merupakan salah satu jurusan yang memiliki kajian tentang usaha atau upaya manusia untuk mengembangkan sumber daya alam dan juga lingkungan yang ada di sekitarnya. Upaya tersebut nantinya agar berguna sebagai pemenuhan hidup manusia sehari hari.

Ketika calon mahasiswa mengambil jurusan satu ini, maka di dalam mata perkuliahannya akan banyak menggunakan berbagai macam pendekatan biologis. Sebut saja seperti berbagai jenis ternak dan tanaman, cara mengembangkan dan budidaya, hingga penelitian mikroorganisme dan juga penelitian di bidang pengolahan.

Tak hanya itu saja, mahasiswa yang kuliah di jurusan agribisnis ini juga akan menempuh pembelajaran berupa pengelolaan pertanian, konservasi lingkungan, distribusi pertanian dan juga membahas tentang berbagai kebijakan terkait pertanian. Sehingga, nantinya prospek kerja jurusan agribisnis pun akan beragam.

2. Keahlian dan Pengetahuan yang Didapatkan

Ada pun keahlian dan juga pengetahuan yang nanti akan kamu dapatkan ketika mengambil jurusan satu ini akan beragam. Hal ini dikarenakan mahasiswa tidak hanya akan mempelajari kemampuan tentang pertanian saja. Disini kamu juga akan mendapatkan skill yakni kemampuan manajerial, kemampuan untuk meneliti, membuat analisis, komunikasi, perencanaan hingga pemahaman tentang biologi.

3. Alasan Mengapa Harus Memilih Agribisnis

Sebagian dari kamu mungkin masih bertanya tanya apa saja keuntungan yang bisa didapatkan ketika kuliah di jurusan agribisnis. Hal ini sebenarnya sangatlah banyak, dimana nantinya bisa bekerja di instansi pemerintahan. Selain itu, kamu juga diuntungkan karena tinggal di Indonesia.

Seperti yang kita semua tahu, Indonesia merupakan salah satu negara agraris yang memiliki berbagai macam komoditas pertanian. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu peluang dan keuntungan tersendiri yang bisa kamu dapatkan ketika kuliah di jurusan agribisnis. Kamu pun juga tahu bagaimana cara mengelola pertanian secara modern ketika kuliah di jurusan ini.

Baca Artikel Selanjutnya : Banyak Dicari, Berikut Prospek Kerja Akuntansi yang Wajib Kamu Ketahui

Mengenal Prospek Kerja Dari Jurusan Agribisnis

Prospek Kerja Agribisnis

1. Tenaga Pengajar

Salah satu prospek lulusan agribisnis adalah menjadi akademisi atau tenaga pengajar. Dengan begitu, kamu pun memiliki peran di dalam mencetak lulusan agribisnis terbaik. Apabila kamu merupakan lulusan dari jurusan ini dan berencana ingin menjadi tenaga pendidik, maka kamu bisa memilih untuk mengajar di SMK pertanian maupun dosen di universitas dengan jurusan agribisnis.

Biasanya, ketika ingin mengajar di SMK Pertanian, kamu hanya perlu untuk lulus S1 bidang agribisnis saja. akan tetapi, ketika kamu berkeinginan untuk mengajar sebagai dosen di sebuah universitas, setidaknya kamu akan membutuhkan gelar S2 di jurusan agribisnis, khususnya bidang yang lebih terkonsentrasi.

2. Pegawai Pemerintahan

Bagi yang ingin bekerja di instansi pemerintahan, ketika kamu berkuliah di jurusan agribisnis maka kesempatan akan hal tersebut sangat terbuka lebar. Kamu pun bisa memilih beberapa instansi pemerintahan, antara lain seperti Dinas Pertanian Daerah dan jua Kementerian Pertanian.

Pasalnya, kedua jenis instansi pemerintahan tersebut akan menyediakan prospek kerja yang sesuai dengan jurusan agribisnis. Tentu saja hal ini akan menjadi momen yang tepat untuk mengembangkan karir dan keinginan untuk menjadi pegawai negeri sipil akan bisa tercapai. Namun, seleksi masuk instansi pemerintahan tentunya juga tidak akan mudah.

3. Wirausaha

Siapa bilang lulusan jurusan agribisnis tak bisa menjadi wirausaha atau entrepreneur? Melihat di Indonesia sendiri banyak lahan untuk pertanian, maka kamu bisa melakukan pengembangan dan pemberdayaan kualitas dari pertanian yang ada di Indonesia. Dengan menjadi seorang entrepreneur, kamu pun harus dituntut untuk bijak dalam melihat kesempatan.

Jika kamu cerdas dalam menangkap momen, hal ini tentu saja bisa menjadi salah satu prospek kerja jurusan agribisnis yang pas untuk kamu lakukan. Selain itu, dengan menjadi entrepreneur dapat menjadi salah satu hal yang positif. Sebab, kamu juga akan mampu untuk menciptakan lapangan kerja untuk orang lain.

4. Bekerja di LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat dan koperasi saat ini banyak yang terjun di dunia pertanian. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memajukan pertanian di Indonesia.hal yang bisa kamu lakukan adalah membantu kerja para petani dan mengambangkan pertanian serta mendengarkan maupun mencari solusi atas masalah tersebut.

Indonesia merupakan salah satu negara agraris yang memiliki hasil pertanian melimpah. Oleh karena itu, prospek kerja agribisnis di negeri ini pun cukup banyak. Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan satu ini, tentu saja lahan pekerjaan dan karirmu nantinya akan sangat terbuka lebar.

You may also like