Home Bisnis Tertarik Jadi Makelar Mobil Bekas? Cek Komisi dan Caranya di Sini

Tertarik Jadi Makelar Mobil Bekas? Cek Komisi dan Caranya di Sini

by Mas Abadi
reseller mobil bekas

Menjadi makelar mobil saat ini juga menjadi profesi yang menggiurkan di bidang otomotif, di mana makelar mobil merupakan jasa yang menawarkan mobil milik seseorang yang akan dijual ke orang lain. Lewat transaksi yang dilakukan, seorang makelar tentu akan memperoleh komisi untuk jasanya yang telah ditentukan sebelumnya.

Meski terdengar simpel, tapi faktanya memulai bisnis menjadi makelar mobil ternyata ada caranya supaya sukses. Hal-hal tersebut pastinya harus dilakukan supaya Anda terhindar dari anggapan negatif soal makelar mobil.

Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap cara menjadi seorang makelar mobil hingga perhitungan komisi atau upah yang didapat setiap penjualannya. Nah, agar tidak terlalu lama, berikut penjelasannya.

Cara untuk Menjadi Makelar Mobil yang Berhasil

Agar bisa menjadi makelar mobil sebetulnya ada caranya, yang mana Anda tidak bisa asal-asalan. Memperluas jaringan merupakan salah satu upaya awal yang wajib dilakukan. Lalu, apa saja tips jitu untuk menjadi makelar mobil yang sukses? Antara lain:

1.    Kuasai Produk yang Dijual

Jika Anda ingin menjual sebuah mobil, maka wajib bagi Anda untuk mengetahui banyak hal tentang mobil tersebut. Bayangkan apabila ada seseorang yang merupakan calon pembeli dan ingin menanyakan beberapa hal terkait mobil yang sedang Anda tawarkan dan Anda tidak mampu menjawab dengan baik dan benar. Jika ini terjadi, maka Anda harus terima apabila calon pembeli tersebut pergi dan tidak jadi membeli mobil yang Anda tawarkan.

Seperti itulah kiranya, untuk itu perlu sekali pengetahuan seputar otomotif bagi Anda yang ingin menjadi makelar mobil, hal-hal yang harus Anda ketahui seperti:

  •         Kondisi onderdil
  •         Kondisi mesin serta desain
  •         Spesifikasi mobil terkait sistem transmisi hingga kapasitas mesin
  •         Harga mobil dipasaran

2.    Perluas Relasi

Memiliki jaringan yang kuat serta akses informasi yang juga luas merupakan faktor utama bergerak di bidang makelar mobil. Begitu besar keuntungan bagi seorang makelar mobil jika memiliki jaringan yang bagus dan luas.

Dengan memiliki relasi yang luas, Anda yang berprofesi sebagai makelar mobil nantinya akan lebih mudah untuk mendapatkan unit kendaraan yang akan dijual dan bahkan peluang untuk menjualnya lagi.

Semakin banyak teman atau relasi, maka akan semakin banyak juga orang yang minta tolong kepada Anda untuk menjualkan mobil mereka. Tidak sampai disitu saja, selain mendapatkan banyak penjual mobil, Anda juga dapat menemukan orang-orang yang merupakan calon pembeli dari mobil tersebut.Seperti halnya sebuah toko, semakin banyak produk yang dijual dapat dipastikan toko tersebut akan didatangi banyak pembeli.

3.    Menggunakan Teknologi Informasi

Menggunakan teknologi informasi merupakan langkah awal untuk membangun bisnis makelar mobil. Paham teknologi serta bisa memanfaatkan smartphone dapat dijadikan sebagai senjata jitu untuk memasarkan produk terutama mobil. Makelar mobil dapat memanfaatkan berbagai jenis media sosial serta e-commerce supaya penjualannya meningkat pesat.

Melalui ponsel ini juga, makelar mobil dapat berkomunikasi dengan para pelanggan serta rekan satu profesi. Maka dari itu, hadirnya teknologi menjadi sangat berpengaruh dalam hal membangun relasi bisnis terutama bisnis jual beli mobil.

4.    Sering Melakukan Promosi

Begitu banyak cara agar bisa melakukan promosi terutama di era saat ini yang semua sudah serba canggih, contohnya sudah tidak perlu menyewa agensi untuk membuatkan iklan. Anda cukup memanfaatkan media sosial dengan baik atau melalui marketplace terkenal di Indonesia.

Selain itu Anda juga bisa mempromosikan mobil dagangan Anda di grup Facebook atau WhatsApp serta forum jual beli berbagai macam sosial media. Akan jauh lebih baik apabila Anda memiliki halaman fanspage dengan jumlah pengikut yang banyak. Jika begitu, maka akan meningkatkan calon pembeli ketika Anda mengupload foto mobil yang akan di jual.

Bagian ini pastinya tidak sembarang bila dipraktikkan. Ada tata caranya supaya jualan Anda bisa laku, yakni dengan memperhatikan cara penyusunan kata serta nomor yang dapat dihubungi serta spesifikasi lengkap dari kendaraan tersebut. 

5.    Kelengkapan Surat Menyurat Kendaraan

Dengan memiliki kelengkapan surat-surat mobil tentu akan semakin memudahkan Anda dalam mempengaruhi para pelanggan untuk mau membeli barang yang Anda tawarkan. Keuntungan dari kondisi ini adalah, Anda dapat memberi kepercayaan dan meningkatkan keyakinan para pelanggan bawah mobil yang Anda jual merupakan mobil bukan hasil curian atau mobil bodong, melainkan mobil yang memiliki surat menyurat yang resmi dan sah.

Besaran Komisi Makelar Mobil

Jika di rata-rata, makelar mobil memperoleh komisi mulai dari 2% sampai 5% dari nominal transaksi. Tapi, bisa juga menggunakan metode titip jual yang mana si penjual menentukan harga finalnya sendiri terkait mobil yang akan dijual, setelah itu makelar menentukan lagi keuntungan yang akan dia dapatkan.

Seperti contoh, ada penjual mobil dengan harga 100 juta melalui makelar mobil, dimana makelar mematok upah sebesar 2%. Itu berarti dia berhak memperoleh komisi sebesar 2 juta jika mobil berhasil terjual olehnya.

 

 

 

You may also like