Home Investasi Tertarik Investasi Dogecoin? Ini Serba-Serbi Dogecoin yang Perlu Kamu Tahu

Tertarik Investasi Dogecoin? Ini Serba-Serbi Dogecoin yang Perlu Kamu Tahu

by Mas Abadi
nabung dollar

Pada tahun 2021, cryptocurrency akan menjadi semakin populer di kalangan masyarakat umum. Ini karena cryptocurrency memberikan pengembalian yang tinggi sekali dibandingkan investasi tradisional. Salah satu cryptocurrency paling populer tahun ini yaitu Dogecoin. 

Dogecoin merupakan cryptocurrency yang diperkenalkan oleh Billy Marcus dan Jackson Palmer pada tahun 2013. Cryptocurrency memuncak pada $0,45 per koin pada 16 April 2021. Dari tanggal 7 hingga 16 April, harga cryptocurrency ini juga telah naik hingga 400%.

Namun, seminggu setelahnya, harga cryptocurrency ini turun menjadi $0,16 per koin, kira-kira 70% dari harga sebelumnya. Mengingat nilai fluktuasi dan penurunan yang cepat ini, kita bisa menyimpulkan jika berinvestasi di  Dogecoin merupakan salah satu investasi yang berisiko. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan cryptocurrency ini sehingga Anda bisa menentukan investasi mana yang terbaik. Kenali kelebihan dan kekurangan Dogecoin di bawah ini. 

  • Pasokan yang tak terbatas 

Lain hal nya dengan cryptocurrency lainnya, pasokan Dogecoin ini tak dibatasi, sehingga tidak ada kekurangan Dogecoin, dan nilai atau pertukaran Dogecoin hanya tergantung pada jumlah pembelian.  

Di sisi lain, akan lebih mudah bagi para pengguna dan penambang yang ingin menerima cryptocurrency ini. Namun, sebaliknya, ini bisa menjadikan harga Dogecoin stabil atau juga cenderung tidak naik. Logika adalah sebagai berikut: Jika permintaan akan barang yang sulit ditemukan (langka) tinggi, barang tersebut akan semakin mahal. Di sisi lain, jika permintaan  rendah, bahkan produk langka pun akan stabil atau turun harganya. 

Selama ini, Dogecoin telah benar-benar melihat lonjakan gila. Diperkirakan hal tersebut disebabkan permintaan akan cryptocurrency ini dibilang relatif lebih tinggi dibandingkan jumlah Dogecoin yang ada di pasar cryptocurrency. Mungkin ini tidak akan bertahan selamanya. Untuk itu, mari kita lihat beberapa saat berikutnya.

  • Nilai tukar lebih rendah 

Pada bulan Juni 2021, nilai tukar atau harga dari Dogecoin akan rupiah masih tergolong murah daripada dengan cryptocurrency lainnya. Untuk mendapatkan Dogecoin, Anda cukup membutuhkan sekitar 5.300 rupiah saat ini. Tentu saja, nilai ini tentu saja lebih rendah dari satu Bitcoin, yang harganya dapat mencapai 500 juta rupiah. 

 Namun, jika Anda berminat untuk berinvestasi dalam mata uang yang satu ini, Anda harus mendengarkan dengan seksama isu dan tren harga yang sedang berkembang saat ini. Harga cryptocurrency, termasuk Dogecoin, sangat bermasalah. Pastinya Anda tak mau melewatkan kesempatan ini untuk memperoleh keuntungan, bukan?

  • Rentan dengan isu 

Sama halnya dengan aset kripto pada umumnya, nilai Dogecoin juga dipengaruhi langsung oleh masalah yang berkembang. Hal itu terbukti saat harga aset ini naik di bulan April kemarin. Lonjakan ini dilaporkan sebab pemilik Tesla, Elon Musk mengungkapkan jika Dogecoin merupakan aset crypto favoritnya. Ini diperburuk oleh peningkatan sebelumnya karena sistem pajak Presiden AS Joe Biden.

  • Jumlah penerbitan yang tinggi 

Daripada Bitcoin, output Dogecoin ini lebih tinggi. Penambang yang berhasil menambang akan menerima 10.000 koin per menit, sedangkan Bitcoin hanya menerima 6,25 koin. Jika ini tidak diatur dengan benar, harga Dogecoin akan stabil dari waktu ke waktu dan susah untuk naik.

  • Pemegang Dogecoin Terkonsentrasi 

Dikutip dari IntoTheBlock, 40% pemegang Dogecoin ini dimiliki hanya 9 dompet saja. Yang berarti jika dari 9 dompet ini menjual kepemilikan Dogecoin yang dimilikinya, maka harga dari Dogecoin keseluruhan ini bisa terpengaruh, baik itu menurun maupun naik. Untuk itu, tidak heran jika harga dari Dogecoin ini fluktuatif sekali sebab tergantung pada jumlah pembelian dari mata uang kripto ini.

  • Perkembangan teknologi terbatas

Sampai sekarang ini, perkembangan teknologi Dogecoin bisa dikatakan lebih lambat dibandingkan mata uang kripto lainnya yang dikembangkan perusahaan karena dikembangkan secara mandiri oleh masyarakat. Hingga tahun 2021, pengembangan teknologi Dogecoin akan terus berlanjut di tahun 2019.

Hal yang perlu diketahui jika ingin investasi mata uang kripto 

Dogecoin bisa Anda dibeli melalui aplikasi cryptocurrency yang sah atau disetujui oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Namun, dari penjelasan di atas,  kekurangan atau resiko dari Dogecoin jauh lebih tinggi daripada kelebihannya. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa berinvestasi dalam cryptocurrency sangat berbahaya.

Oleh sebab itu, Anda wajib memastikan kembali sejumlah hal ini supaya Anda tidak merasa dirugikan: 

  • Riset lebih jauh perkembangan mata uang kripto ini. 
  • Jangan gampang percaya dengan trend saat ini. Pastikan kembali Anda sudah memeriksa semua isu dengan melakukan riset lebih dulu secara mendalam. 
  • Pahami seluk beluk dan teknologi yang digunakan mata uang kripto secara detail sebelum melakukan investasi. 
  • Jangan investasikan uang panas atau uang dari hasil mengutang, investasikanlah uang dingin yang tidak terpakai. 
  • Jangan melakukan investasi hanya untuk mengikuti trend saja. 

You may also like