Home Tips Tertarik Dengan Mobil Tua Bekas? Perhatikan Hal-Hal Ini

Tertarik Dengan Mobil Tua Bekas? Perhatikan Hal-Hal Ini

by Mas Abadi
beli mobil bekas

Mobil tua saat ini menjadi salah satu opsi bagi mereka para pecinta otomotif yang hanya mempunyai uang terbatas. Selain dibanderol dengan harga yang tergolong murah dari harga mobil baru, membeli mobil tua bekas dapat menjadi hal yang menyenangkan untuk sebagian banyak orang.

Apalagi bila Anda memperoleh harga yang murah dan tingkat keaslian mobil yang masih terbilang baru. Akan tetapi, di Indonesia sendiri belum banyak showroom atau dealer yang berani menangani semua pembiayaan untuk keperluan kredit mobil tua bekas.

Sampai saat ini, hanya terdapat beberapa leasing dan showroom yang siap membiayai keperluan kredit mobil tua bekas, atau bahkan jika Anda memang sudah menyiapkan uang tunai untuk pembelian mobil tua bekas, Anda bisa dengan mudah mencarinya, dimana saat ini sudah ada yang namanya sosial media agar bisa mendapatkan berbagai informasi termasuk tentang mobil tua bekas yang mau dijual.

Tapi jika Anda ingin melakukan kredit untuk pembelian mobil tua bekas, Anda perlu mendapatkan perlindungan finansial yang diperoleh dari asuransi mobil agar Anda tidak lagi khawatir terkait mahalnya biaya servis serta perbaikan mobil di bengkel. Lewat jaminan finansial yang didapat dari asuransi mobil, tentunya uang tabungan serta investasi Anda menjadi aman.

Apabila Anda merupakan pecinta mobil tua bekas dan ingin membelinya, terdapat beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan artikel ini sampai habis agar tidak kelewatan info penting yang ada.

Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Tua Bekas

Sebenarnya tidak jauh berbeda ketika Anda akan membeli kendaraan baru, memutuskan untuk membeli mobil tua bekas Anda juga harus memiliki pertimbangan yang sangat matang. Dibawah ini terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1.    Harga

Sebuah harga merupakan salah satu alasan utama mobil tua bekas diburu banyak orang. Sebab harga dari mobil tua bekas dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan mobil keluaran baru yang berstatus bekas.

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan dari sisi kualitas mobil tua bekas yang akan Anda beli. Anda harus memastikan bahwa mobil tua bekas tersebut baik-baik saja, dan sekalipun Anda mengetahui kekurangannya, maka perhitungkan juga keuangan yang Anda miliki ketika akan memperbaikinya.

Umumnya, semakin banyak kerusakan atau kendala dari sebuah mobil tentu harganya semakin turun, tapi pertanyaannya apakah Anda siap untuk mengeluarkan dana yang mungkin lebih ketika membawanya ke bengkel?

2.    Konsumsi Bahan Bakar

Umumnya, mobil tua bekas yang telah berusia lebih dari 5 tahun mempunyai karakter atau jenis mesin yang beda dari mobil keluaran baru. Sistem pembakaran pada mobil tersebut pun umumnya sudah tidak dipakai lagi, khususnya untuk efisiensi penggunaan bahan bakar. Maka dari itu, Anda harus juga perlu memperhatikan hal tersebut dimana Anda seharusnya tidak semakin boros karena kebutuhan penggunaan bahan bakar yang semakin membengkak.

3.    Teknologi

Setelah memperhatikan soal harga, Apabila Anda memiliki niat untuk membeli mobil tua bekas, setidaknya Anda harus mengetahui teknologi mesin kendaraan yang Anda incar.Hal ini berguna untuk meminimalisir adanya permasalahan mobil yang tidak dapat diatasi oleh bengkel. Sebab, tidak begitu banyak bengkel yang mau dan mengerti karakter mesin-mesin dari mobil tua.

4.    Ketersediaan Suku Cadang

Apabila ada mobil tua bekas yang mana usia dari mobil tersebut diatas 5 tahun pastinya suku cadang dari mobil tersebut akan semakin sulit untuk ditemukan. Jadi, ketika Anda memutuskan membeli mobil tua bekas yang Anda inginkan, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu terkait ketersediaan suku cadang kendaraan Anda di pasaran. Hal ini berguna apabila mobil tersebut mengalami masalah, Anda masih dapat mencarikan komponen atau suku cadang yang diperlukan.

5.    Harga Jual Kembali

Hal ini juga menjadi salah satu alasan yang harus Anda pertimbangkan ketika memutuskan membeli mobil tua bekas yaitu harga jual kembali.

Secara umum, setiap mobil hanya mempunyai depresiasi untuk harga jual kembali sampai 5 juta per satu tahunnya, kecuali untuk jenis mobil yang memang diburu oleh para kolektor. Anda harus menimbangnnya lagi, apakah Anda membeli mobil tua bekas ini memang akan digunakan sampai berakhir atau Anda memiliki ide untuk menjualnya lagi di masa akan datang.

Aturan Khusus Mobil Tua di Kawasan DKI Jakarta

Bagi Anda yang berdomisili di DKI Jakarta, saat ini pihak pemerintah provinsi akan melarang mobil yang usianya lebih dari 10 tahun untuk beroperasi di kawasan ibukota. Hal ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang khususnya di ibukota agar udara di kawasan Jakarta dapat menjadi lebih baik.

Jadi itulah pembahasan seputar mobil tua bekas serta hal-hal yang perlu diperhatikan, sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum mengambil keputusan, sebab bagaimanapun juga, membeli mobil tua bekas merupakan keputusan finansial Anda sendiri dan itu tidak bisa dibilang kecil.

 

 

You may also like