Home Tips Tentang Listrik Prabayar dan Listrik Pascabayar Beserta Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

Tentang Listrik Prabayar dan Listrik Pascabayar Beserta Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

by Greg Pascal
cara cek tagihan listrik

Bagi Anda yang mempersiapkan uang tagihan listrik tentu Anda perlu mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan, Anda bisa melakukan cara cek tagihan listrik secara online dengan cepat dan mudah. Pasalnya PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN sendiri telah menyediakan beragam layanan yang memudahkan konsumennya agar tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor hanya untuk memeriksa jumlah tagihan listrik.

Membayar tagihan listrik merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh seseorang yang menggunakan listrik. PLN memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan konsumennya melakukan cara cek tagihan listrik secara online. Cara ini sangat mudah, yaitu hanya bermodalkan kuota internet, jaringan yang stabil serta smartphone atau laptop.

Listrik Prabayar dan Listrik Pasca Bayar

Mengecek tagihan PLN, khususnya pada listrik pasca bayar membutuhkan nomor ID pelanggan (IDPEL). Cara ini sangat efektif agar Anda dapat memakai listrik dengan baik setiap bulan. Sebelum mengetahui cara mengecek tagihan listrik, ada baiknya Anda mengetahui status pelanggan listrik, manfaat dan kekurangannya. Pasalnya terdapat dua status konsumen PLN yaitu listrik prabayar dan listrik pasca bayar.

1. Listrik Prabayar

Listrik prabayar merupakan produk layanan PLN yang menggunakan meter elektronik prabayar, dengan metode pembayaran di awal. Layanan ini cocok bagi Anda yang ingin menyesuaikan budget serta memakai listrik dengan seimbang dan teratur. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membeli pulsa listrik di penyedia pulsa listrik. 

Kelebihan listrik prabayar yaitu tidak ada sanksi telat bayar, minim resiko kesalahan catatan meteran dan cocok digunakan untuk pemilik perusahaan indekos. Kekurangannya yaitu harus menyediakan voucher pulsa cadangan, tidak bisa diisi tengah malam, dan meteran mudah rusak

2. Listrik Pascabayar

Listrik pasca bayar merupakan pemakaian listrik yang perhitungan tagihannya setiap bulan. Sehingga konsumen tidak perlu memprediksi pemakaian listrik dan akan mendapatkan tagihan setelah sebulan pemakaian. Untuk mengecek tagihan PLN ini, konsumen bisa melakukannya secara online atau secara langsung di kantor PLN terdekat.

Kelebihan penggunaan listrik pasca bayar yaitu tidak perlu khawatir listrik akan mati tiba-tiba dan tidak perlu melakukan pulsa listrik mandiri. Adapun kekurangannya yaitu menyebabkan tidak terkontrol pemakaian listrik, terkena sanksi atau denda jika menunggak pembayaran. 

cara cek tagihan listrik

Baca Artikel Selanjutnya : 

Cara Cek Tagihan Listrik

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai 2 produk layanan PLN, yaitu listrik prabayar dan pascabayar, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui cara mengecek tagihan listrik. Cara ini dibutuhkan konsumen listrik pascabayar untuk harus mengetahui tagihan listrik agar tidak membludak.

Cara cek tagihan listrik secara online sangat mudah dilakukan dan tidak merepotkan. Anda tidak perlu keluar rumah untuk pergi ke kantor PLN, serta bisa mengecek tagihan kapan saja dan di mana saja. Adapun berikut ini merupakan cara mengecek tagihan listrik secara online melalui situs dan aplikasi yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu:

1. Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN melalui Situs Resmi

PLN menyediakan situs resmi yang bisa digunakan oleh konsumen untuk mengecek tagihan listrik mereka. caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Membuka situs resmi PLN yaitu https://layanan.pln.co.id/ di chrome atau browser. 
  2. Anda akan ditampilkan pada menu awal, lalu mengklik informasi tagihan listrik atau pembelian token yang ada di submenu informasi pada kiri layar Anda.
  3. Setelah itu, Anda perlu login terlebih dahulu menggunakan email dan kata sandi serta captcha sesuai yang tersedia, lalu klik menu masuk. 
  4. jika belum memiliki akun Anda perlu mengklik “daftar akun” dan membuatnya terlebih dahulu
  5. Lengkapi formulir isian yang tersedia mulai dari nama, nomor handphone, IDPEL, hingga membuat kata sandi sendiri, lalu klik ‘daftar’
  6. setelah berhasil masuk ke situs tersebut Anda bisa memilih ‘Informasi tagihan dan token listrik’, anda akan ditampilkan jumlah tagihan bulanan.

2. Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN melalui Aplikasi

Selain memiliki situs resmi, PLN juga mempunyai aplikasi yang bisa digambar digunakan konsumen untuk mengecek tagihan listrik. Jika belum memiliki aplikasi PLN, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store atau Apps Store dengan mudah. Setelah berhasil didownload dan diinstal, lakukan langkah-langkah berikut ini

  1. Buka aplikasi PLN yang telah didownload tadi
  2. Klik menu ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  3. Masukkan nomor meteran untuk konsumen listrik pasca bayar, sedangkan untuk pengguna listrik prabayar masukkan ID pelanggan. Setelah itu klik ‘Cari’.
  4. Aplikasi menampilkan jumlah nominal tagihan listrik yang harus dibayar

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai listrik prabayar dan listrik pascabayar beserta cara cek tagihan listrik secara online yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

You may also like