Home keuangan Tanda Kamu Memiliki Kontrol Terhadap Finansial

Tanda Kamu Memiliki Kontrol Terhadap Finansial

by admin
keuntungan reksadana

Dapat mengatur finansial dengan baik tentunya adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh semua orang. Mengontrol semua pengeluaran agar tetap pada pos nya adalah hal yang sulit sulit gampang. Sulit jika kamu tidak konsisten dalam menjalankannya dan gampang jika kamu sudah memiliki sikap konsisten sampai benar benar benar terbiasa dalam mengontrol semua pengeluaran. 

Kontrol ini juga dapat dikatakan cukup sulit karena harus benar benar muncul dari kesadaran main sendiri. Apapun motivasi yang diberikan orang lain tidak akan berpengaruh banyak jika memang kamu belum memiliki niat untuk itu. Tetapi bagaimana caranya kamu dapat melihat apakah dirimu sudah memiliki kontrol terhadap finansial atau belum? dibawah ini terdapat beberapa tanda yang dapat kamu pahami mengenai apakah kamu telah memiliki kontrol finansial apa belum.

5 Tanda Kamu Telah Memiliki Kontrol Finansial

  • Memiliki Penghasilan yang Stabil

Tanda pertama kamu telah memiliki kontrol finansial dapat dilihat dari kestabilan penghasilan mu setiap bulannya. Selain dari cukupnya penghasilan setiap bulan, besaran tersebut harus bersifat stabil dan tidak ada penurunan di setiap bulannya. Untuk kenaikan tentu saja itu hal yang sangat baik dan akn membuatmu aman secara finansial. 

 

Terlebih untuk seorang freelance yang tidak memiliki pekerjaan tetap, kestabilan pendapatan tentunya akan sangat dibutuhkan. Tapi terkadang sulitnya mendapatkan finansial yang stabil bagi seorang freelance membuat nya lebih memotivasi diri. Maka dengan motivasi yang kuat itu menjadi salah satu hal yang dapat membuat pendapatan akan stabil.

  • Pengeluaran yang Terkontrol

Setelah memiliki penghasilan yang stabil setiap bulannya, tanda selanjutnya kamu telah memiliki kontrol atas finansial adalah dengan memiliki pengeluaran secara terkontrol. Mengontrol pengeluaran ini dapat kamu lakukan dengan mencatat semua pengeluaran yang telah kamu lakukan. Jadi nantinya pada tiap akhir bulan kamu dapat merekap nya kembali dan melihat semua pengeluaran mu untuk satu bulan terakhir. 

 

Jadi apabila terdapat pengeluaran pengeluaran yang tak terduga kamu dapat melihat kemana uang tersebut kamu aplikasikan dan kenapa hal tersebut bisa terjadi.  Maka selanjutnya kamu lebih dapat meminimalisir adanya pengeluaran pengeluaran yang berlebih dan membuat pengeluaran mu lebih terkontrol. Bijak lah dalam membelanjakan semua uangmu dan prioritaskan pada kebutuhan pokok agar semua kebutuhan mu dapat terpenuhi dengan baik tanpa ada pos yang kekurangan dana. 

 

Jangan sampai mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. Ingat selalu bahwa finansial adalah hal yang sangat kompleks, jika kamu melakukan sedikit saja kesalahan nantinya akn berakibat fatal pada kondisi finansial mu sendiri.

  • Besar Pendapatan Daripada Pengeluaran

Jika kamu sudah memiliki pendapatan yang lebih besar daripada pengeluaran mu ini adalah salah satu tanda bahwa kamu dapat mengontrol finansial mu. Karena biasanya orang akan sulit melihat uang yang nganggur, jadi ketika memiliki sisa uang sedikit saja langsung dibelanjakan untuk hal hal yang tidak terlalu berguna. Untuk itu ketika memiliki pendapatan yang setara dengan pengeluaran itu tandanya kamu masih belum bisa mengontrol finansial mu. 

Jadi daripada untuk membeli kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu berguna akan lebih bijaksana jika uang suisa yang kamu miliki untuk dialokasikan pada hal lain yang lebih berguna. Mulai dari untuk menabung, investasi, dana darurat atau lainnya. Jadi nanti ketika kamu memiliki kendala finansial kamu tidak lagi kebisingan untuk mencari tambahan dana karena telah memiliki tabungan yang dapat diambil kapan saja.

  • Memiliki Tabungan

Menabung adalah hal yang sangat penting dalam finansial, dengan menabung secara rutin juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa kamu dapat mengontrol finansial mu. Karena walaupun kamu memiliki tabungan tetapi tidak melakukannya dengan rutin itu sama saja kamu belum bisa mengontrol finansial. Terlebih jika kamu hanya menabung jika memiliki uang sisa. Maka mulailah mengontrol finansial mu sendiri dengan menabung secara rutin di awal bulan.

 

Pisahkan anggaran untuk menabung dengan rekening khusus. Jadi setiap gajian kamu dapat langsung mentransfer ke rekening tersebut. Dan terus lakukan hal ini secara rutin dan konsisten sampai kamu benar benar mencapai target berapa jumlah tabungan yang kamu inginkan.

  • Memiliki Investasi

Memiliki investasi untuk masa depan juga dapat menjadi pertanda bahwa kamu telah dapat mengontrol finansial mu. Investasi sendiri adalah hal yang sangat penting untuk finansial di masa depan. Dengan memiliki investasi kamu tidak lagi terlalu khawatir mengenai finansial di masa depan. Karena dengan investasi kamu telah menyiapkan masa depan mu dengan finansial yang baik.

 

Terlebih ketika memasuki usia pensiun yang membuatmu tidak lagi bisa bekerja secara produktif. Jika tidak memiliki finansial yang baik tentunya kamu akan sulit untuk menjalankan hidup di masa masa tua nanti.

You may also like