Home Bisnis Tambah Cuan, Berikut Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran

Tambah Cuan, Berikut Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran

by Mas Abadi
usaha sampingan

Menambah penghasilan dari bisnis bukanlah ide yang buruk. Untuk anda yang tertarik menjadi wirausaha, membangun usaha sampingan bisa menjadi jalan awal. Dengan begitu, anda tak perlu takut gagal karena masih ada pemasukan dari pekerjaan utama. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa untuk menambah cuan dan tak memerlukan modal banyak.

Peluang Usaha Sambilan Bagi Karyawan Kantoran Yang Menggiurkan

1. Jualan Online

Peluang usaha yang juga menjanjikan dan bisa sebagai sampingan adalah jualan online. Di zaman digital seperti saat ini, menjual produk secara online bukanlah hal yang asing. Ada banyak yang bisa dijual secara online, mulai dari makanan hingga barang barang seperti pakaian hingga gadget. Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar tetapi menguntungkan.

2. Jasa Desain Grafis

Apakah anda memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis? Jika iya maka anda bisa menghasilkan uang dari keterampilan ini. Tidak hanya sebagai pekerjaan utama, pekerjaan ini juga bisa diambil untuk kerja sambilan. Kunci untuk menjadi desainer grafis adalah memiliki banyak portofolio. Anda bahkan bisa memanfaatkan pasar online untuk menjual karya anda.

3. Bisnis Kuliner

Hingga kini bisnis kuliner masih menjadi bisnis yang tidak ada matinya. Mulai menjual aneka kue, jajanan hingga menawarkan menu menu sarapan bisa menjadi peluang. Terutama jika anda memang memiliki keterampilan mengolah makanan yang mumpuni. Tak harus membuka tempat makan, anda bahkan bisa membuka bisnis sampingan ini di rumah anda.

4. Menjual Voucher, Pulsa Elektrik hingga Paket Data

Bisnis yang juga menguntungkan dan mudah untuk mengatur waktunya adalah menjual pulsa, voucher hingga paket data. Di era digital seperti saat ini siapa yang tidak membutuhkan pulsa ataupun kebutuhan internet? Inilah mengapa peluang usaha satu ini masih sangat besar.Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini juga tidak banyak.

5. Fotografer Lepas

Memiliki hobi fotografi? Manfaatkan saja menjadi kerja sambilan untuk menambah pemasukan. Terutama jika sudah banyak yang mengakui hasil gambar yang anda jepret. Ada banyak situs penjualan foto yang bisa anda manfaatkan. Setiap foto bisa mendapatkan beberapa persen komisi untuk setiap foto yang diunduh.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengambil job foto produk hingga prewed. Anda bisa memanfaatkan teman teman terdekat sebagai pelanggan anda. Hingga saat ini, foto masih banyak dibutuhkan untuk promosi atau kebutuhan lainnya. Semua hasil foto nanti bisa dijadikan portofolio untuk menarik pelanggan lainnya.

Baca Artikel Selanjutnya : 7 Ide Peluang Usaha Modal Kecil Menguntungkan Di Tengah Pandemi

6. Membuka Jasa Laundry

usaha sampingan

Bisnis sampingan yang juga bisa anda geluti adalah membuka jasa laundry. Apalagi saat ini ada banyak orang yang ingin semuanya serba praktis dan bebas repot. Untuk itu bisnis laundry masih menjadi usaha yang memiliki peluang lebar. Apalagi modal yang dibutuhkan juga tidaklah besar, terutama jika anda memiliki usaha bisnis yang strategis.

7. Menjadi Jasa Penerjemah

Bila anda menguasai bahasa asing, menjadi penerjemah bisa dijadikan pekerjaan sambilan. Tidak hanya menambah pemasukan, pekerjaan sambilan ini juga akan semakin mengasah kemampuan bahasa anda. Memanfaatkan situs online, anda bisa mencari mereka yang membutuhkan jasa penerjemah. Usaha satu ini bisa dikatakan tak akan mengganggu pekerjaan utama anda.

Hal- Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Sambilan

1. Memilih Bisnis Yang Anda Kuasai

Untuk memudahkan anda dalam mengelola bisnis, ada baiknya anda memilih yang memang sesuai kemampuan anda. Memiliki bisnis sesuai keterampilan akan lebih mudah dan tentunya passion anda tersalurkan. Selain itu, anda juga tidak perlu waktu panjang untuk memulai bisnis ini karena dasarnya sudah dikantongi.

2. Memilih Yang Modalnya Minim

Modal juga sangat penting diperhatikan jika anda ingin memulai bisnis. Memilih modal yang minim tidak hanya akan lebih mudah membangunnya, tetapi resikonya juga akan lebih minim. Dengan begitu anda tak perlu mencurahkan semua pikiran anda pada bisnis ini saja. anda harus ingat jika pekerjaan utama juga masih harus diprioritaskan.

3. Pastikan Tidak Melanggar Kontrak

Sebelum memulai bisnis atau kerja sampingan, ada baiknya anda sudah benar benar memastikan bahwa hal ini tidak melanggar kontrak. Karena ada sebagian perusahaan yang melarang karyawannya untuk berbisnis. Apabila anda melanggar kontrak, maka kemungkinan akan diberhentikan serta bisa mencoreng reputasi anda di kalangan profesional.

4. Memanfaatkan Akhir Pekan

Jika anda memang ingin memiliki usaha sambilan, maka pengelolaan waktu yang baik menjadi sangat diperlukan. Umumnya, karyawan kantoran akan bekerja sekitar 8 sampai 9 jam dari hari Senin sampai Jumat. Untuk itu, agar tidak mengganggu pekerjaan utama anda bisa memanfaatkan waktu akhir pekan anda untuk menjalankan bisnis rintisan.

Itulah beberapa ide usaha sampingan yang bisa anda jadikan sebagai jalan menambah penghasilan. Akan lebih mudah jika bisnis yang digeluti sesuai dengan keterampilan yang anda miliki. Penting juga bagi anda untuk mengatur waktu mengurus bisnis tanpa mengganggu pekerjaan utama anda.

You may also like