Home Tips Takut Gelap Mata Saat Menggunakan Kartu Kredit, Ini Cara Mengelolanya

Takut Gelap Mata Saat Menggunakan Kartu Kredit, Ini Cara Mengelolanya

by Mas Abadi

Tahu gak sih, ternyata banyak sekali keuntungan dari kartu kredit yang bisa kamu dapatkan, selain dapat digunakan untuk salah satu metode pembayaran, kartu kredit juga dapat mencatat atau tracking semua pengeluaran kamu loh! Selain itu, banyak juga poin atau promosi-promosi lainnya yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan kartu kredit. 

Salah satu trend yang mulai berkembang sebelum adanya paylater adalah punya kartu kredit. Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan kartu kredit adalah sesuatu yang wow dan luar biasa, sehingga dapat dikatakan menjadi suatu simbol sosial. 

Tak sedikit masyarakat awam beranggapan kalau kartu kredit itu berbahaya, kartu kredit itu kartu setan dan tidak perlu punya, padahal jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik, maka akan banyak sekali keuntungan-keuntungan yang kita dapatkan. Nah, buat teman-teman yang penasaran dengan kartu kredit atau bahkan ada yang pengen banget punya tapi takut konsumtif, artikel ini cocok untuk kalian yang pengen tahu bagaimana cara mengelola kartu kredit dengan aman tanpa jadi boros. 

  • “Budgeting” Atau Menyusun Perencanaan Keuangan Sesuai Prioritas 

Tentunya, kamu harus tahu berapa pengeluaran setiap bulan untuk living, saving dan playingnya sebesar apa. Kamu harus mengalokasikan penghasilan kamu untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan dan pengeluaran bermain untuk kegiatan yang menurutmu menyenangkan.

Nah, inilah cara mengelola kartu kredit agar kamu tetap bisa menggunakannya tanpa khawatir mengganggu perencanaan keuanganmu. Biasanya living itu sebesar 50%, saving 30% dan playing 20%. Lalu berapa sih idealnya dalam penggunaan kartu kredit? Yaitu hanya sebesar 15% dari pengeluaran living kamu. Sehingga kamu tidak perlu takut menjadi konsumtif jika sudah menyusun perencanaan keuangan dari penghasilanmu. 

  • Selalu Bayar Full Dan Tepat Waktu 

Ketika tagihan datang dan sudah diberikan tenggat waktu pembayaran, usahakan teman-teman membayar secara full, tepat waktu dan harus dipastikan uangnya ada. Inilah mindset yang harus teman-teman tanamkan. Jadi, kartu kredit itu hanya digunakan sebagai penunda pembayaran bukan gaji tambahan atau tarik tunai. Pastikan apapun yang kamu belanjakan tidak melebihi kapasitas budgeting kamu.

Terkadang banyak kasus teman-teman yang gajinya misal 5 juta, lalu limit di kartu kreditnya 15 juta, karena terkadang jika teman-teman sudah lama jadi nasabah suatu kartu kredit, tanpa teman-teman minta limitnya akan naik. Nah, jangan sampai teman-teman belanja diatas batas budget pengeluaran kamu. Misalnya pengeluaran kamu untuk living adalah 2 juta, pastikan penggunaan kartu kredit teman-teman tidak diatas 2 juta.

Atau jika teman-teman mau lebih aman lagi, sebenarnya limit di dalam kartu kredit teman-teman itu bisa diatur sesuai dengan keinginan dan kemampuan teman-teman. Kamu bisa telepon bank penerbit kartu kredit kamu agar limit kartu kreditmu bisa disesuaikan sesuai dengan kemampuanmu. Jadi, buat teman-teman yang merasa belum bisa mengontrol belanjanya, jangan sampai kamu terjebak dengan limit yang besar padahal tidak sesuai dengan kemampuan kamu. 

  • Jangan Tarik tunai 

Meskipun di kartu kredit kamu terdapat tarik tunai dengan limit tertentu, jangan jadikan itu sebagai penghasilan tambahan kamu ya! Pastikan itu bukan sesuatu yang teman-teman ingin manfaatkan. Karena untuk Tarik tunai menggunakan kartu kredit walaupun teman-teman bayarnya telat atau tidak, Tarik tunai tetap ada biayanya, apalagi kalau kamu telat membayar, maka bunganya akan menjadi dua kali lipat, yaitu pada saat pengambilan uang dan saat telat membayar. Nah, sebaiknya kartu kredit digunakan sebagai alat untuk menunda pembayaran, bukan dijadikan sebagai penghasilan tambahan kamu. 

  • Nego Annual Fee Atau Biaya Tahunan Kartu Kredit

Setiap kartu kredit, terdapat berbagai fitur yang berbeda-beda, ada yang fiturnya berbiaya rendah, ada yang poinnya banyak dan bisa ditukarkan atau ada yang bisa digunakan untuk traveling, dan hal itu dapat disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing, jangan semuanya diambil karena akan ada pembengkakan biaya setiap tahunnya. Terkait dengan nego annual fee, banyak sekali cara yang dapat digunakan agar teman-teman terbebas dari pembayaran annual fee.

Misalnya dengan penukaran poin kartu kredit atau ada juga opsi minimal belanja dalam kurun waktu tertentu maka akan dapat pembebasan annual fee. Jadi buat teman-teman tidak perlu khawatir jika harus membayar biaya tahunan yang besar, karena sebenarnya hal tersebut bisa dinegosiasikan. Caranya teman-teman tinggal telepon saja ke bank terkait, coba ditanyakan ada opsi-opsi apa saja untuk penghapusan biaya tahunan. 

  • Boleh Menggunakan Promo Dengan Syarat Ada Kebutuhannya. 

Yang perlu teman-teman jadikan mindset adalah, kebutuhan dahulu barulah cari promonya. Bukan malah terbaik, hanya karena ada promo  lalu teman-teman beli padahal itu bukan kebutuhan yang benar-benar kamu butuhkan. Bijaklah terhadap kebutuhan sesuai dengan prioritas kamu. 

Nah, bagi kamu yang sudah menggunakan kartu kredit atau bagi kamu yang mau membuat kartu kredit, itulah berbagai cara mengelola kartu kredit agar kamu tidak gelap mata saat menggunakannya. Ingat ya teman-teman, perilaku konsumtif itu tidak baik dan akan merugikan dirimu sendiri. Gunakanlah kartu kredit secara bijak agar kamu tidak terjerat hutang piutang dalam kehidupanmu. Jadi, buat kamu yang merasa kesulitan mengelola keuangan, tidak ada ruginya jika kamu menggunakan cara ini ya! Mudah-mudahan kedepannya kamu dapat mengelola keuangan kamu dengan lebih baik lagi. 

 

You may also like