Home Karier Tak Hanya Jadi Psikolog, Ayo Intip Prospek Kerja Jurusan Psikologi Di Sini

Tak Hanya Jadi Psikolog, Ayo Intip Prospek Kerja Jurusan Psikologi Di Sini

by Mas Abadi
prospek kerja psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang didalamnya mempelajari tentang mental, perilaku manusia dan pikiran. Ilmu ini akan terus berkembang dengan konsep maupun teori yang akan terus berganti. Tentunya akan membuat kamu yang terjun di bidang ini akan selalu belajar hal baru. Tak hanya itu, kamu juga harus tahu prospek kerja psikologi dalam ulasan berikut.

Mengintip Kuliah Jurusan Psikologi

Seperti yang disinggung sebelumnya, ilmu satu ini akan lebih banyak mempelajari tentang pikiran, mental juga perilaku manusia. Selain itu, juga akan meneliti alur pemikiran serta alasan di balik sebuah tindakan atau perilaku manusia. Ilmu satu ini seringkali dijadikan sebagai langkah untuk memecahkan masalah dan terkait dengan aktivitas manusia yang begitu kompleks.

Nantinya jika kamu mengambil jurusan psikologi, umumnya akan diajarkan melalui pendekatan serta cara pandang yang berbeda. Karena ada kampus yang menerima mahasiswanya dengan jalur saintek ada juga di bidang soshum. Keduanya tentunya akan menggunakan pendekatan yang berbeda, mengingat cara pandang dan pendekatannya berbeda.

Untuk pendekatan dengan cara saintek maka akan lebih fokus pada analisa dan teori. Dan untuk pendekatan soshum akan fokus pada aplikasi gejala sosialnya. Kendati menggunakan pendekatan yang berbeda, sebenarnya tidak ada pengaruh signifikan dalam peluang ataupun prospek kerja jurusan psikologi itu sendiri.

Tidak sampai disitu, Ilmu Psikologi sendiri juga dibagi dalam beberapa bagian yaitu Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial dan juga Psikologi Perkembangan. Tentu setiap bagian akan lebih fokus pada pengaplikasian ilmu yang berbeda. Sebelum kamu memutuskan untuk memilih jurusan ini ada baiknya untuk mempelajarinya.

Selama menempuh perkuliahan Strata 1, biasanya membutuhkan waktu 4 tahun atau setara dengan 8 semester. Hingga nanti akhirnya kamu bisa mendapatkan gelar Sarjana Psikologi. Saat kamu menjadi mahasiswa psikologi, kamu akan diasah kepekaan serta intuisi yang sangat berguna saat asesmen. Bukan hanya itu, kamu juga akan memiliki toleransi yang tinggi.

Alasan Kenapa Mengambil Jurusan Psikologi

Jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, tidak ada salahnya mengambil jurusan ini. Selain itu juga mampu untuk membaca data serta melakukan analisis. Perlu kamu tahu, jika lulusan jurusan ini memiliki prospek yang masih terbuka lebar. Karena hampir semua instansi pemerintahan, maupun perusahaan swasta membutuhkannya.

Untuk membantu mengelola bagian SDm, menyelenggarakan berbagai pelatihan sekaligus penerimaan pegawai baru. Seorang yang sudah lulus Psikologi akan memiliki asesmen yang kuat sehingga mampu memetakan personalia dari karakter hingga potensinya. Kamu juga bisa bergabung dengan jasa konsultan psikologi hingga menjadi bagian abdi negara.

Baca Artikel Selanjutnya : Banyak Yang Tertarik, Berikut Prospek Kerja Sastra Inggris Yang Wajib Diketahui

Peluang Pekerjaan Lulusan Psikologi

prospek kerja psikologi

1.Psikolog

Menjadi psikolog merupakan salah satu prospek kerja jurusan psikologi yang begitu kondang di kalangan masyarakat. Profesi ini nantinya akan membantu gangguan mental yang ada pada manusia. Saat ini banyak ditemukan orang yang membutuhkan pertolongan pada kesehatan mentalnya. Gaji seorang psikolog memang tak terlalu tinggi sekitar Rp 5 jutaan.

2. HRD

Human Resource Department juga bisa menjadi ranah pekerjaan kamu setelah lulus dari kuliah psikologi. Pekerjaan satu ini menjadi pekerjaan yang paling diminati dan hampir semua perusahaan membutuhkan divisi ini. Nantinya ruang lingkupnya akan bergerak di bidang SDM. Gajinya menggiurkan, bisa mencapai puluhan juta terutama di perusahaan multinasional.

3. Psikiater

Psikolog dan psikiater berbeda, dimana profesi dokter ini memiliki spesialisasi untuk mendiagnosa sekaligus mengatasi gangguan mental maupun emosional. Masalah jiwa ringan hingga berat bisa diatasi oleh Psikiater.penghasilan pekerjaan ini terbilang menggiurkan, ada yang menyebutkan mencapai puluhan sampai ratusan juta tiap bulannya.

4. Bidang Pendidikan

Entah menjadi dosen ataupun Guru BK, kamu yang mengambil jurusan psikologi bisa meraihnya. Jika kamu melanjutkan pendidikan hingga S2 kamu bisa menjadi seorang dosen. Dan jika kamu tidak ingin melanjutkan, guru BK juga bisa jadi pilihan. Pekerjaan ini mirip dengan pekerjaan psikologi tetapi dengan jenjang karir dan gajinya akan berbeda.

5. Research and Development (RnD)

Prospek kerja yang selanjutnya adalah menjabat sebagai RnD yang juga memiliki peluang yang cemerlang. Nantinya kamu akan banyak melakukan riset mendalam yang berhubungan dengan pengembangan suatu produk. Sangat cocok untuk kamu yang senang mengamati dan menganalisis. Untuk gajinya kisaran Rp 4 jutaan setiap bulannya.

6. Ahli Psikometri

Psikometri sendiri merupakan cabang dan bagian dari Psikologi umum dan juga eksperimen. Dan untuk menjadi seorang ahli psikometri maka kamu harus mengambil pendidikan khusus. Sehingga sudah dipastikan jika pekerjaan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Kebutuhan ahli khusus dalam bidang ini juga sangat terbuka lebar.

Itulah beberapa informasi sekaligus prospek kerja psikologi yang bisa kamu ketahui. Untuk kamu yang ingin mengambil jurusan psikologi di jenjang yang lebih tinggi, ada baiknya untuk mencari tahu lebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa mengambil konsentrasi ilmu yang sesuai dengan passion dan impian kamu.

You may also like