Home Karier Tak Hanya Di Bidang Kelistrikan, Berikut 5 Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Tak Hanya Di Bidang Kelistrikan, Berikut 5 Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

by Mas Abadi
prospek kerja teknik elektro

Berkuliah di jurusan teknik elektro menjadi impian bagi banyak calon mahasiswa, khususnya laki laki. Kuliah jurusan ini nantinya akan mempelajari tentang kelistrikan dan aplikasinya di dalam kehidupan sehari hari. Lalu, apa prospek kerja teknik elektro? Kamu pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Jurusan Teknik Elektro

1. Apa Itu Teknik Elektro

Untuk kamu yang ingin berkuliah di jurusan teknik, Teknik Elektro dapat menjadi salah satu jurusan yang kamu pilih. Disini, kamu akan mempelajari tentang kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari. Dengan memilih jurusan satu ini, kamu juga akan dibekali dengan berbagai macam ilmu.

Sebut saja seperti pengetahuan seputar konsep, pengembangan, perancangan dan juga berbagai produksi dari peralatan listrik maupun elektronik. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa membahas tentang berbagai metode terkait pembangkit dan sumber energi yang baru. Disini, kamu juga akan mempelajari tentang metode untuk mengontrol penghematan listrik.

2. Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah Jurusan Ini

Salah satu alasan pertama mengapa kamu harus kuliah di jurusan ini adalah lowongan kerja teknik elektronika sangatlah terbuka lebar. Hal ini dikarenakan jika kamu merupakan lulusan teknik elektro, banyak industri yang memang membutuhkan orang dalam bidang kelistrikan maupun dalam sistem peralatan elektronik.

Oleh karena itu, lulusan dari jurusan ini akan banyak dibutuhkan perusahaan guna membangun sistem distribusi tenaga listrik. Bahkan pembangunan infrastruktur terkait telekomunikasi pun juga membutuhkan sumber daya manusia di bidang ini. sehingga kamu pun tak perlu khawatir nantinya tak akan bisa mendapatkan pekerjaan.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro

1. Otomotif Industri

Salah satu peluang kerja dari jurusan ini adalah di bidang otomotif industri. Jurusan satu ini memang sangat dibutuhkan, terlebih lagi jurusan industri otomotif semakin banyak dan mengalami perkembangan. Untuk itu, bagi kamu yang lulus dari jurusan ini tak ada salahnya mulai mendaftar karena sangat dibutuhkan.

Pasalnya, setiap produksi otomotif, tentunya akan membutuhkan elektronika. Sehingga dengan adanya faktor tersebut akan membuat banyak lulusan dari Teknik Elektro bisa bekerja di perusahaan otomotif. Untuk gajinya sendiri pun cukup besar, yakni berkisar antara 4.5 juta hingga 11 juta rupiah.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengenal Lebih Jauh Dengan Jurusan Teknik Industri Beserta Prospek Kerjanya

2. Bidang Kelistrikan

prospek kerja teknik elektro

Sudah tidak perlu ditanya lagi jika dalam bidang kelistrikan banyak sekali loker teknik elektro. Untuk lulusan ini, nantinya akan ditempatkan di bagian gardu induk, teknik transmisi, maupun distribusi dan instalasi. Biasanya untuk bagian pembangkit listrik,banyak dibutuhkan jurusan Teknik Mesin dan Teknik Fisika.

Akan tetapi, kamu yang lulusan dari Teknik Elektro juga tak menutup kemungkinan akan bekerja di bagian Pembangkit Listrik. Ada banyak sekali perusahaan yang bisa kamu lamar, seperti Pembangki Jawa Bali (PJB), Indonesia Power, hingga PLN. Bahkan perusahaan perusahaan besar lain yang membutuhkan daya listrik besar juga bisa menjadi lapangan pekerjaan untuk kamu.

3. Bidang Gas, Perminyakan, dan Pertambangan

Bagi kamu yang kuliah jurusan Teknik Elektro tak ada salahnya untuk melamar sebagai posisi IT engineer di perusahaan seperti gas, perminyakan hingga pertambangan. Terdapat beberapa perusahaan seperti Freeport, Chevron, Aneka Tambang hingga Pertamina. Bahkan gaji yang kamu dapatkan apabila berhasil masuk dan bekerja di perusahaan tersebut juga cukup tinggi.

4. Di Sektor Swasta

Tak hanya di perusahaan bidang tertentu saja, sektor swasta juga dapat menjadi salah satu loker teknik elektro yang bisa kamu masukin. Sebab, disini kamu bisa memilih perusahaan dengan bidang Telekomunikasi. Sebut saja seperti XL, Telkomsel dan juga lainnya. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi maupun software.

5. BUMN ( Badan Usaha Milik Negara)

Salah satu peluang kerja yang bisa kamu ambil sebagai lulusan Teknik elektro adalah BUMN. Perusahaan milik negara ini juga sangat membutuhkan talent lulusan dari jurusan satu ini. ada banyak perusahaan milik BUMN yang bisa kamu masuki. Sebut saja seperti Telkom, Pertamina, PLN dan juga lain sebagainya.

Ketika kamu memilih perusahaan tersebut, maka kamu pun nantinya akan bisa masuk di bidang telekomunikasi dan juga energi. Ditambah lagi penghasilan yang kamu dapatkan di jurusan satu ini sangat lah besar. Setiap bulannya kamu bisa mengantongi kisaran 7 hingga 12 juta rupiah. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi kamu yang berhasil masuk dan bekerja di perusahaan ini.

Prospek kerja Teknik Elektro sebenarnya sangatlah melimpah. Ditambah lagi, ketika kamu sebelumnya telah memiliki banyak pengalaman seperti magang atau lainnya, hal ini akan menambah peluang kamu untuk bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih bingung ingin berkuliah di jurusan apa tak ada salahnya untuk mencoba mendaftar di jurusan Teknik Elektro ini.

You may also like