Home Perencanaan Syarat Nikah dan Cara Daftar Pernikahan yang Wajib Diketahui Calon Pengantin

Syarat Nikah dan Cara Daftar Pernikahan yang Wajib Diketahui Calon Pengantin

by Mas Abadi
Syarat Nikah

Wabah virus corona yang masih belum usai, mungkin membuat anda dan pasangan menjadi resah lantaran tidak bisa melangsungkan resepsi pernikahan. Meski begitu anda tidak harus menunda akad, sebab untuk akad tetap diizinkan. Sebelum itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat nikah yang harus dipenuhi serta bagaimana mendaftarkannya secara online.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menikah

1. Pre Marital Check Up

Meski bukan termasuk syarat sah untuk menikah, namun cek kesehatan secara lengkap sebelum melakukan pernikahan penting untuk dilakukan. Karena hal ini nantinya bisa memberikan pengaruh yang baik, apalagi jika anda dan pasangan ingin segera memiliki momongan. Beberapa tes yang dijalani biasanya pemeriksaan urine, deteksi hepatitis B, HIV, dan lain sebagainya.

2. Financial Check Up

Tidak hanya kesehatan saja yang perlu dicek sebelum melangsungkan pernikahan, financial check up antara anda dan pasangan juga perlu dilakukan. Sebab di dalam pernikahan alangkah lebih baiknya bila saling terbuka terkait dengan masalah keuangan. Pasalnya masalah ekonomi adalah salah satu faktor retaknya hubungan rumah tangga.

3. Mengikuti Kelas Pra Nikah

Bahkan jika perlu, anda dan pasangan bisa mengikuti kelas pra nikah sebelum memutuskan untuk melangkah ke pelaminan. Sebab cukup banyak ditemukan pasangan muda yang membangun pernikahan, tanpa adanya pengetahuan terkait dengan asa pernikahan itu sendiri. Padahal asas dan dasar pernikahan ini sangat penting untuk dipahami.

Mereka yang mengerti dan memahami dengan jelas bagaimana dasar pernikahan, tentu tidak akan mudah untuk memilih perceraian di kemudian hari. Di samping itu, mengikuti kelas pra nikah bisa membantu beberapa orang yang masih memiliki luka batin akibat dari pernikahan sebelumnya, atau akibat dari pernikahan orangtuanya.

Baca Artikel Selanjutnya : Berencana Naik Pelaminan ? Simak Rincian Biaya Pernikahannya di Sini

Syarat Menikah

 

Syarat Nikah

Jika berdasarkan PMA no. 20 tahun 2019, terdapat beberapa dokumen yang menjadi persyaratan nikah dan wajib untuk anda penuhi. Di antaranya yaitu NIK calon suami, NIK calon istri, NIK orangtua atau wali nikah, fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi akta kelahiran, pas foto ukuran 2 x 3 sejumlah 5 lembar, dan 2 lembar pas foto ukuran 4 x 6.

Kemudian ditambah dengan formulir N1 atau surat pengantar nikah yang didapat dari desa atau kelurahan, formulir N3 yaitu surat persetujuan mempelai, dan formulir N5 atau surat izin orangtua apabila calon pengantin masih berumur di bawah 21 tahun. Jika calon pengantin berusia di bawah 19 tahun, maka membutuhkan surat dispensasi dari pengadilan agama.

Surat dispensasi dari pengadilan agama juga dibutuhkan untuk izin poligami. Selain itu, terdapat beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi dalam kondisi tertentu. Misalnya pernikahan akan dilangsungkan di luar wilayah tempat tinggal, maka harus menyertakan surat rekomendasi nikah yang dikeluarkan oleh KUA kecamatan tempat tinggal calon pengantin.

Lalu diperlukan surat akta cerai apabila calon pengantin sebelumnya pernah bercerai, surat pengantar kematian apabila calon pengantin adalah janda atau duda yang ditinggal mati, dan surat izin komandan apabila calon pengantin merupakan TNI atau POLRI. Di samping itu, peraturan pada tahun 2020 ditambah lagi dengan sertifikat layak nikah.

Sertifikat layak nikah sebagai bagian persyaratan nikah ini, adalah program pemerintah agar para calon pengantin dibekali informasi yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan psikis, serta dipastikan sudah siap untuk berumah tangga. Mendapatkan sertifikat layak nikah ini terbilang mudah, anda cukup membawa surat pengantar yang berasal dari kelurahan dan mendaftar di puskesmas.

Daftar Nikah Secara Online

Setelah memenuhi semua syarat yang telah disebutkan, biasanya anda bisa langsung daftar nikah ke KUA. Namun kondisi yang seperti sekarang membuat semua masyarakat diimbau untuk seminim mungkin keluar rumah, sehingga anda bisa melakukan pendaftaran nikah secara online.

Langkah yang pertama yaitu buka situs web simkah.kemenag.go.id, lalu akan muncul halaman menu “Daftar Nikah” pada bagian sisi kanan bawah. Klik daftar, dan lanjutkan dengan mengisi data terkait dengan di mana serta jadwal akan dilangsungkannya akad nikah. Jika sudah, biasanya akan muncul pemberitahuan apakah jadwal tersebut tersedia atau tidak.

Selanjutnya isi form pendaftaran yang ada dengan lengkap, contohnya seperti data calon pengantin kemudian unggah foto diri anda dan calon pasangan. Apabila semua data di daftar nikah online ini sudah dilengkapi semua, maka lakukan checklist dokumen. Dan segera cetak bukti pendaftaran yang ada.

Umumnya penghulu akan datang sesuai dengan jadwal akad nikah yang telah anda tentukan tersebut. Namun pendaftaran ini mungkin sementara tidak akan dilayani apabila kondisi masih belum kondusif. Sehingga jalan satu satunya adalah anda perlu menunda sejenak pernikahan tersebut, hingga kondisi memungkinkan.

Menikah memang adalah ibadah yang sebaiknya disegerakan. Namun karena pandemi global yang membuat banyak nyawa menjadi taruhan ini, sebaiknya ikuti imbauan yang diberi oleh pemerintah. Penuhi beberapa syarat nikah yang telah disebutkan di atas, dan pendaftaran nikah anda pasti akan diterima setelah kondisi lebih kondusif.

 

You may also like