Home Perencanaan Syarat Bayar Pajak Sepeda Motor

Syarat Bayar Pajak Sepeda Motor

by Mas Abadi
Syarat bayar pajak sepeda motor

Di Indonesia ada sebuah aturan atau ketetapan yang mana seorang pemilik kendaraan wajib membayar pajak. Tak terkecuali sepeda motor. bayar  tentu perlu Anda ketahui sebelum melakukannya. Dimana pajak pun terbagi menjadi dua, pertama adalah pajak tahunan dan ada juga pajak per 5 tahun.

Semuanya bisa dilakukan di tempat yang sama, yaitu di Kantor Samsat. Pastinya syarat membayar pajak tahunan berbeda dengan yang pajak 5 tahunan. Pelunasan pajak motor wajib Anda lakukan sesuai waktunya. Jika mengalami keterlambatan tentunya akan ada denda yang besaran nilainya hingga 25%. Jika tidak diatasi, Anda bisa saja mendapatkan surat tilang jika kedapatan dalam razia.

Supaya terhindar dari kondisi seperti ini, sebaiknya bayarlah pajak sebelum masa tenggat waktu habis. Dimana pajak motor dapat dicek pada STNK atau di surat TBPKP yang merupakan tanda bukti pembayaran.

Metode pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Jika ingin metode yang ringkas. Anda bisa menggunakan aplikasi Samolnas atau Samsat Online Nasional. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan opsi untuk melunasi langsung ke kantor Samsat, Kantor Dinas Pendapatan, Drive Thru Samsat, atau di Kantor Pos Indonesia. Ketika akan melakukan pelunasan, pastikan bahwa dokumen yang dibutuhkan sudah dipersiapkan.

Syarat Membayar Pajak Sepeda Motor Tahunan

Keperluan untuk membayar pajak sepeda motor tahunan terkait persyaratannya bisa dbilang tidak begitu banyak. Umumnya, Anda hanya perlu menyiapkan 3 dokumen utama, yakni:

  •         Membawa KTP pemilik kendaraan dan fotokopinya
  •         Membawa STNK dan fotokopinya
  •         Membawa BPKP dan fotokopinya

Semua syarat atau dokumen tersebut wajib disiapkan jika Anda memilih melunasi pajak sendiri. Akan tetapi, bisa proses pembayaran pajak dilakukan orang lain, pastinya Anda harus menyiapkan dokumen tambahan seperti surat kuasa. Dimana dokumen tersebut juga diperlukan saat Anda membayar pajak kendaraan milik perusahaan.

Syarat Membayar Pajak Sepeda Motor 5 Tahunan

Untuk mengurus pajak 5 tahunan pastinya berbeda jika Anda bandingkan oleh syarat pajak tahunan. Dimana Anda bukan hanya membayar pajak, namun juga melakukan pergantian plat kendaraan dan penerbitan STNK yang baru. Maka dari itu, dana yang harus dikeluarkan juga lebih banyak daripada membayar pajak kendaraan tahunan.

Bukan hanya memiliki nominal pembayaran yang lebih banyak, tapi Anda juga harus menyiapkan syarat  pembayaran pajak kendaraan yang juga lebih banyak. Secara umum ada 5 persyaratan yang harus Anda siapkan, yaitu:

  •         Formulir perpanjangan STNK
  •         Sepeda motor
  •         Membawa KTP pemilik kendaraan dan fotokopinya
  •         Membawa STNK dan fotokopinya
  •         Membawa BPKP dan fotokopinya

Tahapan Pelunasan Pajak Sepeda Motor 5 Tahunan

pengertian pajak

Saat membayar pajak kendaraan tahunan, sejatinya tahapan yang harus dilewati tidak begitu banyak. Anda dapat mendatangi langsung loket pembayaran kemudian menunggu antrian. Proses tersebut akan berlangsung singkat, tidak lebih dari 10 menit. Akan tetapi, situasinya bisa berbeda jika Anda membayar pajak sepeda motor yang 5 tahunan.

Sesudah menyiapkan semua syarat seperti yang sudah disebutkan diatas, terdapat beberapa tahap yang harus Anda lalui, yakni:

1. Cak Fisik

Tahap pertama yaitu mengecek fisik sepeda motor. Anda akan diminta membawa kendaraan ke lokasi untuk pengecekan fisik. Proses pemeriksaan kendaraan tidak dilakukan sendiri, namun juga oleh para petugas. Ketika sudah melewati proses pengecekan, Anda akan mendapatkan dokumen dari hasil pengecekan. Di dalamnya berisikan kolom yang nantinya diisi tentang identitas kendaraan dan identitas pemilik.

2. Penyerahan dan Legalisasi Perpanjangan STNK

Selanjutnya yaitu menyerahkan form perpanjangan STNK yang disertai persyaratan yang sudah di siapkan dan hasil pengecekan fisik. Para petugas akan memeriksa dokumen serta mengembalikan BPKB. Seluruh berkas akan melewati proses legalisasi. Anda hanya perlu menunggu panggilan untuk menuju tahap selanjutnya.

3. Pembayaran Pajak

Jika selesai melalui tahapan legalisasi, selanjutnya Anda menuju ke pihak administrasi perpanjangan STNK. Kemudian Anda akan mendapatkan nomor urut antrian pembayaran. Beban biaya yang harus dibayar bukan hanya membayar pajak motor saja, tapi juga untuk penerbitan SWDKLLJ, TNKB dan STNK itu sendiri.

4. Penerimaan STNK

Sesudah melakukan pelunasan pajak, Anda bisa menunggu proses cetak STNK yang baru. Tahapan tersebut berlangsung lumayan singkat dan bisa ditunggu hanya beberapa menit saja.

5. Pengambilan Plat Motor Baru

Lain halnya dengan STNK, dimana Anda akan menunggu waktu jauh lebih lama saat akan mengambil plat kendaraan baru.

Jika ditotal, proses pembayaran untuk pajak sepeda motor 5 tahunan umumnya akan membutuhkan waktu 2-3 jam. Maka dari itu, supaya tidak membuat banyak waktu terbuang sia-sia, upayakan untuk menyiapkan seluruh persyaratan dengan lengkap

Secara keseluruhan, proses pembayaran pajak 5 tahunan biasanya memakan waktu sekitar 2 – 3 jam. Oleh karena itu, biar tidak ada waktu terbuang, pastikan Anda mempersiapkan seluruh syarat bayar pajak sepeda motor dengan lengkap agar segera diproses dengan optimal dan efisien.

You may also like