Home Tips Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

by Mas Abadi
syarat bayar pajak motor

Bagi Anda yang memiliki motor, sudah pasti tahu bahwa ada kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya yaitu membayar pajak. Setiap masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor baik itu untuk pribadi ataupun umum wajib sekali membayar pajak. Di mana pembayaran pajak sendiri dilakukan setiap tahun dan 5 tahun sekali. Tentu saja, sebelum membayar, Anda harus tahu apa saja syarat bayar pajak motor tahunan. 

Syarat Bayar Pajak Motor 1 Tahunan 

Namun, sebelum melakukan pembayaran pajak tahunan untuk motor Anda. Maka Anda harus tahu syarat apa saja yang diperlukan. Karena tanpa adanya syarat ini, Anda tidak mungkin bisa membayar pajak motor Anda. Berikut ini adalah syarat untuk membaayar pajak motor tahunan: 

  • KTP 

Syarat pertama yang perlu Anda siapkan adalah KTP atau Kartu Tanda Penduduk yang asli beserta fotocopynya. Di mana perlu dicatat bahwa KTP yang dibawa adalah identitas dari si pemilik motor yang akan dipajakan. 

  • STNK 

Selain membawa KTP, Anda juga harus membawa STNK asli dan juga fotocopy. Karena STNK ini sendiri akan menjadi tanda bukti bahwa kendaraan yang dimiliki adalah asli dan resmi. 

Dengan dua syarat tersebut, Anda bisa langsung ke Samsat terdekat. Di mana nantinya Anda akan dibantu petugas untuk bisa membayarkan pajak kendaraan roda dua. Apabila Anda membayarkan pajak untuk kendaraan milik orang lain, maka harus melengkapi syarat dengan menggunakan surat kuasa. Biasanya untuk syarat ini sendiri digunakan untuk pajak kendaraan perusahaan. 

Syarat Bayar Pajak Motor 5 Tahunan 

Untuk pengurusan pembayaran pajak motor yang 5 tahunan, ada beberapa syarat yang ditambahkan. Di mana tentu saja perlu untuk anda perhatikan. Karena jika tidak lengkapnya syarat yang diminta, akan membuat proses pembayaran pajak tidak berjalan. Berikut ini adalah syarat untuk membayar pajak kendaraan roda dua 5 tahunan: 

  • KTP 

Sama dengan pajak kendaraan bermotor tahunan, Anda juga perlu membawa KTP yang asli dan juga fotocopynya. Di mana KTP yang dibawa adalah milik dari kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya. 

  • STNK 

Berkas yang juga harus di bawa adalah STNK asli beserta dengan fotocopy. Di mana nantinya petugas akan melakukan pengecekan secara keseluruhan pada saat Anda akan membayar pajak motor Anda. 

  • BPKB 

Selain STNK, Anda juga harus membawa BPKB asli beserta fotocopy. Di mana jika tidak ada BPKB maka proses pembayaran pajak sudah pasti tidak akan dilanjutkan. 

  • Sepeda Motor 

Pada saat ingin membayar pajak motor 5 tahunan, Anda harus membawa sepeda motor yang akan dibayarkan pajaknya. Karena nantinya akan dilakukan pengecekan motor dengan nomor yang tertera pada STNK. 

  • Formulir perpanjangan 

Syarat terakhir ketika Anda membayar pajak motor untuk 5 tahunan adalah dengan mengisi formulir perpanjangan STNK.  Di mana nantinya formulir ini perlu Anda isi dengan data yang diminta. 

Cara Pembayaran Pajak Motor 

Setelah mengetahui apa saja syarat yang Anda butuhkan ketika ingin membayarkan pajak motor, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana tahapan cara membayarnya. Bagi Anda yang ingin membayar pajak motor tahunan, caranya sendiri tidaklah terlalu sulit. Karena Anda hanya perlu mengantri pada loket pembayaran dan menyerahkan data atau dokumen yang diperlukan. 

syarat bayar pajak motor

Sedangkan untuk pembayaran pajak motor yang 5 tahunan, maka Anda harus mengikuti tahapannya sebagai berikut: 

  • Cek sepeda motor 

Tahapan pertama yang akan dilakukan ketika Anda membayarkan pajak motor 5 tahunan adalah cek fisik motor. Pengecekan ini sendiri akan dilakukan oleh petugas, di mana nantinya petugas akan melakukan pengecekan baik itu dari nomor mesin dan lain sebagainya. Lalu petugas akan memberikan berkas yang harus Anda bawa yang berisi tentang kepemilikan dan identitas dari kendaraan. 

  • Legalisasi dokumen dan penyerahan formulir 

Apabila pengecekan fisik sudah selesai, maka selanjutnya Anda akan diminta untuk ke loket dan menyerahkan formulir perpanjangan STNK serta berkas lainnya yang dijadikan syarat. Petugas akan menerima seluruh berkas dan mengembalikan BPKB asli kepada Anda. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu proses legalisasi selesai, di mana nanti petugas akan memanggil nomor antiran Anda. 

  • Pembayaran pajak 

Setelah seluruh proses selesai, maka Anda akan diarahkan untuk ke loket pembayaran pajak. Di mana nantinya Anda akan menunggu hingga nomor antrian yang sudah diberikan dipanggil. Biaya yang akan dibayarkan sendiri tidak hanya pajak motor saja. Tapi juga seperti pembayaran pembuatan plat, pembuatan STNK baru serta lainnya. 

  • Pengambilan STNK dan plat nomor baru 

Setelah Anda sudah membayarkan pajak yang diharuskan, maka selanjutnya Anda akan diminta menunggu untuk pembuatan atau pencetakan STNK baru. Pada tahapan ini sendiri tidaklah memakan waktu lama, Anda hanya bisa menunggu hanya beberapa menit saja. Setelah STNK baru sudah didapatkan, maka selanjutnya harus menunggu plat nomor baru dicetak. Di mana biasanya pada proses pembuatan plat nomor ini sendiri akan memakan waktu 2 hingga 3 jam. 

Itulah penjelasan singkat syarat bayar pajak motor baik untuk 1 tahunan dan 5 tahunan beserta dengan tahapan yang diperlukan. Agar proses pembayaran pajak selesai dengan cepat, ada baiknya seluruh syarat dan dokumen harus disiapkan terlebih dahulu.

You may also like