Home Perencanaan Syarat Balik Nama Untuk Motor dan Kisaran Biayanya

Syarat Balik Nama Untuk Motor dan Kisaran Biayanya

by admin

Apakah kamu berniat membeli motor bekas? Jika iya memang tidak ada salahnya, karena banyak sekali motor bekas yang masih bagus kualitasnya, namun harganya lebih murah dan menguntungkan kamu. Akan tetapi jika kamu beli motor bekas, maka jangan lupa mengurus syarat balik nama.

Banyak orang yang enggan mengurus syarat balik nama, maka dari itu mereka kerap kerepotan dalam mengurus hal-hal berikutnya pasca membeli motor bekas. Sebenarnya apa yang dimaksud syarat balik nama? Apa manfaatnya? Berapa kisaran biaya dari mengurus syarat balik nama motor? Ini penjelasan lengkap seputar syarat balik nama motor.

Pengertian dan Manfaat dari Syarat Balik Nama Motor

Sebenarnya syarat balik nama motor hanya bisa dilakukan terhadap motor bekas yang memiliki surat-surat lengkap. Maka dari itu pastikan dulu motor bekas yang dibeli adalah motor yang suratnya lengkap. Pada bagian ini kita akan membahas seputar syarat balik nama motor, dari mulai pengertian dan manfaatnya. Simak penjelasan ini dengan baik agar paham.

  • Pengertian syarat balik nama motor

Syarat balik nama motor adalah prosedur yang harus kamu lakukan apabila kamu ingin mengganti identitas pemilik motor, jadi setelah membeli motor bekas, maka kamu bisa mengganti atas nama dari kepemilikan motor tersebut menjadi identitas kamu sebagai pemilik, sehingga kendaraan itu resmi jadi milikmu.

  • Manfaat dari syarat balik nama motor

Setelah membahas pengertian, maka selanjutnya kamu harus paham pembahasan tentang manfaat syarat balik nama motor. Manfaatnya adalah kamu mendapatkan kepemilikan resmi atas motor bekas yang kamu beli, atas namanya menjadi atas namamu, sehingga kamu akan mudah mengurus surat-surat kelengkapan setelah membeli motor bekas tersebut.

Syarat-Syarat yang Harus Dilengkapi dan Kisaran Biayanya

Setelah membahas penjelasan tentang pengertian dan manfaat dari syarat balik nama motor, selanjutnya kamu harus paham syarat-syarat apa saja yang harus kamu siapkan dan berapa kisaran biaya untuk proses syarat balik nama motor, apakah kamu penasaran? maka dari itu berikut ini penjelasan lengkap tentang keduanya, baca penjelasan berikut dengan baik.

  • Syarat-syarat yang harus dilengkapi

Semua urusan tentunya memerlukan persyaratan-persyaratan yang harus dilengkapi, apakah kamu tahu syarat-syarat apa saja yang harus kamu siapkan agar dapat melakukan proses syarat balik nama motor? Berikut ini beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk mengurus syarat balik nama motor.

Beberapa dokumen untuk syarat balik nama motor antara lain adalah KTP pemilik baru atau pihak kedua, kamu harus siapkan KTP asli dan foto copy, kemudian siapkan juga BPKB asli disertakan dengan foto copy-nya, siapkan STNK asli juga beserta foto copy-nya, siapkan kwitansi sebagai bukti transaksi pembelian motor dan hasil dari cek kondisi kendaraan yang dibeli.

  • Kisaran biaya yang harus dikeluarkan

Setelah membahas syarat-syarat yang harus dilengkapi, selanjutnya kamu juga harus memahami kisaran biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengurus syarat balik nama motor. Akan tetapi, kamu harus tahu bahwa biaya atau harga sebenarnya tergantung dari pihak perpajakan di masing-masing daerah. Akan tetapi berikut ini adalah kisaran biayanya.

Untuk biaya administrasi pengurusan syarat balik nama motor, biasanya sekitar 35 ribu rupiah, biaya sumbangan wajib dana kecelakaan sekitar 35 ribu rupiah, biaya untuk membuat nomor polisi yang baru sekitar 30 ribu rupiah, pembuatan BPKB baru sekitar 225 ribu rupiah, sedangkan biaya pembuatan STNK yang baru sekitar 100 ribu rupiah.

Adapun biaya untuk penerbitan tanda nomor kendaraan yaitu sekitar 60 ribu rupiah, biaya bea balik nama kendaraan bermotor atau BBN-KB sekitar 10 persen dari tarif surat SKPD, pajak kendaraan bermotor atau PKB yaitu 2 persen untuk pertama, kemudian bertambah 5 persen untuk pembayaran selanjutnya.

  • Cara mengecek biaya balik nama motor di daerahmu

Sebagaimana dijelaskan bahwa biaya syarat balik nama motor itu berbeda-beda disetiap daerahnya, maka dari itu kamu harus mengecek biayanya di masing-masing daerah kamu. Bagaimana cara mengeceknya? Kamu harus kunjungi situs Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda, cari situs Bappeda sesuai domisili kamu.

Setelah itu silahkan pilih opsi menu “Sasmat” untuk dapat mendapatkan akses informasi pajak kendaraan bermotor. Kemudian isi lengkap data-data tentang kendaraan bermotor yang akan diproses balik nama. Setelah itu, kamu akan mendapatkan rincian pajak yang harus dibayarkan.

Jadi, balik nama motor itu sangatlah penting. Bagi kamu yang membeli motor bekas, maka sebaiknya kamu segera urus syarat balik nama motor. Itulah penjelasan lengkap seputar syarat balik nama motor dan kisaran biaya yang harus kamu keluarkan untuk proses balik nama motor, tentunya setiap daerah berbeda-beda, namun pastinya balik nama motor adalah urusan penting.

 

You may also like