Home Tips Supaya Nggak Gagap Beli Saham, Apa yang Harus Dilakukan?

Supaya Nggak Gagap Beli Saham, Apa yang Harus Dilakukan?

by Mas Abadi

Sepertinya semua orang bergegas untuk memamerkan keberhasilan portofolio saham mereka di media sosial akhir-akhir ini. Banyak juga yang disertai dengan tips trading saham. Jadi bagaimana denganmu? Apakah Anda juga ingin belajar cara trading saham? 

 Hati-hati, belajar memperdagangkan saham dari sumber yang tidak kompeten dapat menempatkan Anda pada risiko kerugian besar.Ingatkah Anda ketika pangsa saluran kesehatan meroket di awal pandemi? Tidak lama kemudian, dia pingsan. 

 Akibatnya, banyak orang meratapi kehilangan itu. Ada yang mengeluh bahwa uang itu adalah uang pinjaman atau menggadai BPKB, ada pula yang menggunakan dana titipan Arisan untuk berdagang saham tanpa sepengetahuan yang semestinya. Pastinya Anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Jadi, pastikan Anda hanya belajar cara trading saham dari sumber terpercaya seperti Ternak Uang.

Tahapan Mempelajari Trading Saham

Spekulasi

Pada langkah ini seseorang biasanya akan mengakui bahwa mereka tidak punya waktu untuk mempelajari analytics dan akhirnya mengambil jalan pintas. Trading berdasarkan perasaan Anda, informasi dari teman, influencer, imedia, dll. Pada tahap ini, Anda akan lebih sering kalah daripada menang. Jika Anda menyadari kesalahannya dengan cepat, Anda akan segera bisa keluar dari jerat di tahap pertama ini.

Fundamentalist

Apabila Anda sudah merasa menyesal karena memperoleh kerugian secara terus menerus. Jika, Anda belajar mengenai trading saham terbilang penting. Maka, Anda pastinya mau untuk belajar mengenai analisis fundamental. Dengan mempelajarinya, Anda bisa melakukan analisis mengenai keadaan perusahaan.

Serta ketika dihadapkan pada ekonomi mikro dan makro. Namun yang menjadi masalah adalah bahwa fundamental yang baik harganya tidaklah tinggi dan cenderung menjadi anjlok. Disinilah Anda harus memulai kembali, setelah mengetahui adanya kesangsian akan keampuhan analisis tersebut.

Technicalist

Tingkat berikutnya dalam mempelajari perdagangan saham adalah ketika Anda ingin mulai menggunakan grafik harga saham historis untuk analisis Anda. Di sini ia mulai belajar bagaimana fokus terhadap capital gain. Dimana yang menjadi puncaknya adalah saat Anda mampu memperoleh profit secara konsisten dan selama pergerakan pasar negatif karena Anda juga akan mahir ketika mengelola risiko.

Techno-fundamentalist

Langkah ini dapat terjadi ketika Anda sudah bisa menguasai tentang analisis teknikal dari saham secara baik dan dikombinasikan dengan analisis fundamental guna memaksimalkan potensi dari imbal yang akan didapatkannya.

Perhatikan Hal-Hal Berikut, Jika Ingin Belajar Mengenai Saham

Bersiap menghadapi resiko

Pasar modal sangat berisiko. Untuk  mengaturnya dengan benar, Anda perlu memahami setiap potensi risiko. Bahkan, investor terkenal seperti  Lo Kheng Hong  atau Warren Buffett pastinya juga pernah menderita kerugian besar. 

Dengan jam terbang yang terbilang tinggi, mereka sudah memiliki pemahaman yang sangat bagus tentang pasar, bahkan di saat resesi. Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan saat pasar bergerak secara negatif. Jika Anda ingin sukses dalam trading, Anda harus memahami hal ini  terlebih dahulu.

Banyak pedagang yang tidak berpengalaman yang lulus dari PD menghasilkan banyak uang di awal proses, pada saat itu mereka menggunakan semua uang dan kekayaan mereka untuk bermain. Faktanya, uang di awal balapan terkadang hanya “keberuntungan”.

Belajar bertahap

Sebenarnya memang ada begitu banyak hal untuk dipelajari perihal trading saham, Anda harus bisa menjaga diri agar tidak overwhelmed. Anda perlu mempelajari beberapa tahapan mengenai :

  • Metrik finansial.
  • Teknik analisa fundamental dan teknikal
  • Beberapa aturan dasar serta beragam terminologi yang terdapat di dalam trading saham
  • Pengetahuan yang berisi mengenai ekonomi pada umumnya, seperti inflasi, nilai tukar dari mata kurs asing dan lainnya.

Hal-hal itulah dan lainnya, akan dapat memberikan bantuan untuk memahami sesuatu yang mempengaruhi pergerakan dari harga saham, hingga menjadi lebih mudah bagi Anda ketika pengambilan keputusan.

Memperkuat kondisi finansial pribadi

Trading saham tidak hanya sekedar hol, jual kemudian beli. Namun, Anda juga diajarkan untuk bisa mengelola finansial secara baik, aturan terpenting dan utama adalah jangan memakai dana yang telah Anda alokasikan untuk kebutuhan hidup sebagai modal melakukan trading.

Karena resiko melakukan trading saham terbilang besar, jika Anda memaksakan diri memakai dana lainnya. Dikhawatirkan saat terjadi penurunan nilai, akan berdampak kepada cash flow pada finansial Anda. Oleh sebab itu pastikan untuk tidak mencampurkan dana-dana tersebut. 

Anda sebaiknya memiliki dana darurat, guna berjaga-jaga bila terjadi suatu hal yang buruk. Selain itu, mempunyai asuransi kesehatan dan lainnya juga bisa membuat finansial Anda menjadi lebih kuat dan ketika saham yang Anda beli bermasalah. Ada simpanan lain yang akan membantu Anda survive.

Kondisi keuangan tidaklah selalu sama

Apabila terdapat isu baik ekonomi atau hal lainnya dan berdampak pada harga saham. Pastinya akan membuat investor tergoda untuk membelinya. Tetapi sebelum melakukan transaksi, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang saham tersebut. Karena dikhawatirkan, penurunan nilai saham tersebut memang disengaja oleh oknum-oknum nakal.

You may also like