Home Perencanaan Sudah Tahu Soal Pengertian Hedonisme dan Contoh Perilakunya Belum? Yuk Cari Tau Di sini 

Sudah Tahu Soal Pengertian Hedonisme dan Contoh Perilakunya Belum? Yuk Cari Tau Di sini 

by Greg Pascal
pengertian hedonisme

Belakangan ini, istilah hedonisme semakin populer dikalangan anak muda. Namun, sudahkah anda paham tentang arti hedonisme yang sesungguhnya? Jika belum, pada artikel ini kita akan membahasnya mulai dari pengertian hedonisme, hingga contoh – contoh perbuatannya. 

Apa yang dimaksud dengan Hedonisme?

Secara umum, hedonisme diartikan sebagai pandangan hidup atau ideologi seseorang yang diwujudkan pada gaya hidup mereka, yang mana kenikmatan dan kebahagiaan adalah tujuan mereka dalam menjalani hidup. Orang yang bersikap hedon cenderung suka menghambur – hamburkan uang demi kepuasan sesaat. 

Istilah Hedonisme sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu “hedone” yang artinya senang – senang. 

Pandangan hidup seseorang yang seperti ini mengacu pada kesenangan dan kenikmatan. Jadi, mereka beranggapan jika kebahagian itu bisa diraih dengan melakukan banyak kesenangan. 

Faktor – Faktor Penyebab Hedonisme

Hedonisme disebabkan oleh banyak faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut ini adalah penjelasannya. 

1. Faktor Internal

Penyebab orang bersifat hedon bisa jadi karena faktor internal dari dalam dirinya sendiri. Kita tahu, bahwa manusia memiliki sifat dasar tersendiri yaitu tidak pernah puas dengan sesuatu hal yang sudah dimiliki. Selain itu, manusia juga memiliki sifat dasar untuk mendapatkan kesenangan sebanyak – banyaknya dengan bekerja seringan mungkin. Jika anda tidak bisa mengontrol hal tersebut, anda bisa saja terjerumus dalam perilaku hedonisme dan konsumerisme. 

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal penyebab perilaku hedonisme juga bisa saja berasal dari luar. Seperti yang kita tahu, arus informasi teknologi sangat pesat perkembangannya. Paham – paham yang berasal dari luar negeri tentang kesenangan kemudian diadaptasi oleh masyarakat Indonesia. 

Contoh – Contoh Perilaku Hedonisme

Setelah membahas mengenai pengertiannya dan faktor – faktor penyebabnya, selanjutnya kita akan mencoba memberikan contoh – contoh terkait perilaku tersebut. Apa saja contoh – contoh hedonisme itu? Berikut adalah pembahasannya. 

1. Gemar Shopping

Apakah salah anda merupakan salah satu seseorang yang memiliki sifat gemar shopping? Jika iya, mungkin anda termasuk kedalam kategori orang hedon. Sifat seperti ini, biasanya dimiliki oleh kaum wanita. 

Perilaku seperti ini dianggap sebagai hedonisme, karena lebih mementingkan kesenangan daripada kebutuhan. 

pengertian hedonisme

Baca Artikel Selanjutnya :

2. Makan di tempat yang mahal

Makan makanan bergizi adalah kebutuhan yang harus tubuh anda miliki. Namun, bukan berarti makanan tersebut hanya dapat anda temui di restoran – restoran mahal yang sekali makan bisa hingga ratusan ribu. 

Apabila dengan  uang 20 ribuan saja kita sudah bisa makan makanan bergizi yang tubuh kita perlukan, maka memang sebaiknya kita tidak usah makan di tempat – tempat yang mahal. 

Namun, sensasi makan di tempat mahal memanglah berbeda, hormon kesenangan seseorang menjadi lebih meningkat jika makan di tempat makan yang mahal. 

3. Merusak Barang atau Vandalisme

Sifat seseorang yang suka merusak barang disebut vandalisme. Dengan merusak suatu barang, kita perlu untuk membelinya lagi jika masih dibutuhkan. Hal seperti ini tentu malah menyebabkan sifat konsumerisme, yang mana juga bisa termasuk kedalam sifat hedonisme.

4. Memanjakan Anak

Anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita harus senantiasa merawat dan melindunginya. Namun, bukan berarti anda harus terlalu memanjakannya. Anak yang terlalu dimanja akan cenderung tumbuh menjadi pribadi yang malas. Selain itu, sifat terlalu memanjakan anak juga membuat kita menjadi lebih banyak mengeluarkan uang untuk itu, kasus ini disebut sebagai hedonisme. 

5. Berganti Smartphone setiap ada model baru

Di era digital seperti ini, smartphone adalah kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Semua orang pasti membutuhkan smartphone untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain, baik untuk berbagai kepentingan.

Harga yang ditawarkan untuk sebuah smartphone pun beragam, ada yang murah, sedang dan juga mahal. Modelnya juga selalu mengalami pembaruan setiap tahun. Sedangkan daya tahan smartphone itu bisa 2 – 5 tahan tidak rusak atau bahkan lebih. 

Namun, untuk mengikuti perkembangan zaman dan membuat hati mereka menjadi lebih bahagia,  mereka rela berganti smartphone setiap ada model baru. Hal tersebut merupakan perilaku hedonisme 

6. Perawatan Tubuh Berlebihan

Tubuh adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang memang harus dirawat di dijaga sebagaimana mestinya. Setiap orang tentu juga ingin memiliki tubuh yang ideal dan paras yang indah. Namun, anda tidak harus melakukan perawatan itu secara berlebihan hingga merogoh kocek yang terlalu dalam. 

Sebagai contoh adalah melakukan perawatan dengan cara operasi plastik. Operasi plastik jelas merupakan perawatan tubuh yang memakan biaya cukup mahal. Maka dari itu, pelaksanaanya memicu perilaku hedonisme. 

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian Hedonisme dan Contoh Perilakunya serta faktor – faktornya. Kita sebagai manusia sebaiknya menghindari perilaku – perilaku seperti yang disebutkan di atas supaya terhindar dari sikap hedonisme. Semoga artikel ini bermanfaat. 

You may also like