Home Tips Strategi Bayar Tagihan Anti Telat

Strategi Bayar Tagihan Anti Telat

by Mas Abadi

Apakah Anda termasuk orang yang sering kali telat saat membayar tagihan tiap bulan? Apa alasannya? Lalu apa yang Anda lakukan supaya tidak mengalami keterlambatan untuk membayar tagihan?

Seperti yang Anda ketahui, tagihan merupakan kewajiban bulanan, utang ataupun cicilan yang kerap menjadi masalah dan penghambat bagi Anda untuk meraih kebebasan finansial. Tetapi, Anda juga tidak boleh melarikan diri dari kewajiban tersebut.

Alasan apapun yang Anda miliki, tagihan tetaplah tagihan dan wajib untuk dibayarkan tiap bulannya secara tepat waktu. Nah, bila Anda mempunyai masalah dengan cicilan, berikut adalah tips serta strategi yang bisa membantu dan memberikan solusi supaya Anda tidak lagi telat.

Mengatur dan lupakan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur dan melupakan. Memang terkesan aneh, namun strategi ini cukup efektif bagi Anda yang ingin bisa membayar tagihan tepat pada waktunya. Cara ini digunakan supaya Anda tidak merasa stres atau frustasi ketika teringat dengan tagihan dikala baru menerima gaji.

Jadi, mulailah untuk mengatur pengeluaran bulanan Anda untuk satu bulan hingga menerima gaji dibulan berikutnya. Buatlah daftar pengeluaran wajib, khususnya tagihan-tagihan dan tuliskan juga kapan jatuh temponya.

Contohnya, tagihan PLN bulan februari, total pembayaran Rp 180.000. Jatuh tempo ditanggal 20 februari, maka usahakanlah Anda membayar paling lambat pada tenggal tersebut atau buatlah kolom dengan tulisan tanggal bayar dan cantumkan dua hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Bila Anda malas mencatat dibuku, manfaatkan gadget yang Anda miliki. Pasangkan alarm supaya tahu setiap kali memasuki tanggal pembayaran. Atau Anda dapat mengaktifkan fitur autopay, Anda bisa meminta tolong kepada pihak bank untuk mengaktifkan fasilitas tersebut.

Jika, sudah Anda sedemikian rupa maka Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan dengan tagihan-tagihan tersebut, sebab sudah terencana dengan baik. Disini Anda hanya diharapkan untuk dapat menahan keinginan dalam berbelanja atau membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Bayarlah tagihan hanya melalui satu aplikasi atau tempat

Selanjutnya adalah gunakanlah rekening tabungan yang terpisah dari rekening utama untuk membayar semua tagihan. Mengapa? Tujuannya supaya Anda lebih mudah untuk melihat serta memeriksa arus pengeluaran dan dengan menggunakan cara ini tentunya akan lebih praktis, sebab Anda tidak perlu mencari-cari kemana saja uang tersebut digunakan.

Setiap Anda menerima gaji, sisihkan seluruh total dari tagihan atau cicilan bulanan ke rekening cadangan. Anda bisa melebihi totalnya, karena biasanya akan ada untuk administrasi. Kemudian, Anda dapat memeriksa jumlah dari total seluruh tagihan di akhir bulan.

Keuntungan menerapkan cara ini adalah Anda dapat meminimalisir adanya ketidaksengajaan penggunaan uang untuk hal yang bersifat konsumtif. Kemudian, memang lebih baik Anda melakukan pembayaran tagihan hanya dari satu aplikasi atau e-commerce saja.

Anda harus bisa memegang kendali keuangan

Dengan disiplin dan memegang penuh kendali keuangan, dapat memberikan pengaruh yang baik dalam kehidupan Anda termasuk masalah finansial. Anda harus memiliki waktu luang untuk mengelola dan mengatur strategi keuangan tiap bulannya.

Bila Anda melakukan hal tersebut secara rutin, tentunya akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Dimana dengan adanya keteraturan itu, maka dapat membantu Anda supaya berada di arah yang tepat serta bisa mematuhi jadwal yang sebelumnya sudah Anda buat.

Intinya, dengan Anda tetap memegang kendali keuang itu artinya Anda bisa menyesuaikan kebutuhan pribadi, bukan untuk orang lain. Kemudian, Anda harus menghindari pembelian barang atau produk atau apapun yang siifatnya konsumtif.

Akibat telat bayar tagihan

Tentunya jika Anda telat dalam membayar tagihan pasti akan ada sanksinya, lalu apa saja sanksi yang bisa didapatkan :

  • Jika Anda sering kali telat membayar cicilan, nama Anda bsa masuk dalam daftar hitam BI.
  • Ketika Anda menunggak pembayaran tagihan, hal yang terjadi adalah jumlah hutang akan semakin besar. Sebab Anda akan terkena denda, apalagi jika Anda memiliki kartu kredit. Biaya keterlambatan yang harus ditanggung nominalnya cukup besar, yakni sebesar 1% atau 100 ribu rupiah.
  • Saat Anda sering telat membayar tagihan, seperti :
  • Telat membayar pinjaman di bank, kemungkinan terburuknya adalah Anda akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman.
  • Jika telat membayar tagihan PLN/ PDAM, kemungkinan terburuknya adalah arus listrik/air akan diputus atau dibongkar.
  • Ketika Anda telat membayar premi asuransi/ BPJS, kemungkinan terburuk adalah dikeluarkan dari daftar peserta asuransi.

Demikianlah tips serta strategi bagi Anda yang selalu mengalami keterlambatan dalam pembayaran tagihan. Tentunya dalam penerapan tips tersebut, diperlukan tekad, ketelitiaan serta kebiasaan baik yang harus dibangun sejak saat ini.

Jangan sampai karena kelalaian Anda dalam membayar tagihan berdampak pada hal-hal buruk seperti yang telah disebutkan diatas. Jika hal tersebut sampai terjadi, tentunya akan merugikan Anda dari segala sisi dan keadaan.

You may also like