Home Bisnis Solusi Kerja Masa Pandemi, Berikut Cara Daftar Grabbike Yang Mudah Dan Cepat

Solusi Kerja Masa Pandemi, Berikut Cara Daftar Grabbike Yang Mudah Dan Cepat

by Mas Abadi
Solusi Kerja Masa Pandemi, Berikut Cara Daftar Grabbike Yang Mudah Dan Cepat

Kehadiran pandemi Covid 19 seakan memberi tamparan keras akan kurangnya kesiapan warga untuk menerima pengurangan tenaga kerja secara besar besaran. Akhirnya, masalah tersebut berakhir dengan banyaknya pengangguran. Dalam keadaan genting, Ojol Grab bike dapat dijadikan solusi. Bagi Anda yang ingin mencoba, cek cara daftar grabbike berikut ini.

Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Solusi Kerja Masa Pandemi, Berikut Cara Daftar Grabbike Yang Mudah Dan Cepat

1. Persyaratan Motor

Sebagai ojek online, sudah jelas sekali bahwa salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi adalah tentang kendaraan. Untuk Grab Bike sendiri, kendaraan roda dua yang dikendarai harus lolos uji kelayakan yang telah ditentukan oleh pihak manajemen. Pada dasarnya, yang menjadi perhatian utama mencakup tahun rilis dan kelayakan mesin.
Motor yang dikendarai harus keluaran atau produksi minimal tahun 2008. Selain itu, body dan keadaan mesin harus dalam kondisi masih layak untuk dikendarai. Hal tersebut berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan akan kinerja armada. Untuk jenis motornya sendiri, tidak ada batasan. Calon driver dapat menggunakan motor bebek atau matic.

2. Persyaratan Gawai

Karena Grab bike bekerja 100% sebagai ojol atau ojek online, maka Anda harus memiliki gawai yang mumpuni. Dalam hal ini, Anda akan menggunakan smartphone untuk menjalankan aplikasi Grab dan map secara konstan. Karenanya, dibutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang cukup baik.
Agar segala kebutuhan grabbike berjalan lancar, dikatakan bahwa spesifikasi smartphone minimal adalah memiliki 1 GB ram. Selain itu, setidaknya harus memiliki sistem operasi Android Jelly bean dan memiliki fitur GPS yang akurat. Untuk tips tambahan, Anda pun dapat memilih gawai dengan kapasitas baterai bongsor agar kuat untuk bekerja seharian.

3. Syarat pendaftar

Beruntungnya, pihak Grab tidak memberikan persyaratan driver yang terlalu mencekik. Persyaratan yang diberikan mencakup WNI (warga negara Indonesia), berumur kurang dari 55 tahun, sehat jasmani dan rohani (tidak memiliki kekurangan fisik), memahami area sekitar, memiliki KTP, SIM C, STNK, SKCK, dan memiliki data identifikasi lainnya.
Bagi Anda yang telah berusia lebih dari 50 tahun, maka diperkenankan untuk mendaftar dengan syarat membawa surat keterangan sehat dari dokter. Sedangkan untuk calon pengemudi yang menggunakan KTP luar kota atau memiliki alamat yang berbeda, maka diminta untuk membawa keterangan domisili.

Baca Juga Artikel Berikut : Berniat Buka Bisnis di Kampung? Yuk Intip Peluang Usaha di Desa Paling Menguntungkan

Cara Pendaftaran

Setelah memiliki semua persyaratan yang ada, Anda pun dapat memproses tahap pendaftaran. Dalam hal ini, pihak grab memberi kemudahan pada siapa pun yang ingin mendaftar melalui situs resmi miliki Grab. Yang jelas, Anda juga harus memenuhi semua persyaratan yang tertulis sebelum mendaftar di situsnya.

1. Masuk Dalam Situs Grab

Daftar Grab dapat dilakukan secara online atau daring. Anda hanya perlu masuk ke dalam situs resminya, www.grab.com. Setelah masuk ke dalam situs tersebut, navigasikan kursor untuk menuju menu “jadilah Mitra kami”. Nantinya Anda akan dialihkan ke pada halaman baru dengan pilihan car driver atau bike driver. Pilih bike untuk mendaftar Grab Bike.

2. Mengisi Formulir

Dengan klik Pilihan bike, Anda dapat melanjutkannya dengan klik tombol daftar. Nantinya, Anda akan disuguhkan dengan formulir yang harus diisi dengan lengkap dan sebenar benarnya. Isi kolom kota dan segala informasi sesuai dengan domisili Anda akan bekerja sebagai mitra. Disarankan untuk mendaftar melalui komputer / laptop.

3. Pilih Opsi Mitra Yang Diinginkan

Setelah seluruh data terisi dengan benar, pilih opsi mitra yang sesuai dengan keinginan. Opsi yang tersedia adalah mitra grab car atau pengemudi mobil dan grab bike atau pengemudi motor. Jangan lupa untuk selalu melakukan cek tentang segala informasi yang telah Anda masukkan. Pastikan semua data telah sesuai dengan dokumen atau persyaratan.

4. Mengisi Formulir Sesuai Dokumen

Nantinya, proses untuk daftar grabbike akan membawa Anda untuk mengisi form berisi rincian dokumen persyaratan. Dalam tahap ini, Anda akan diminta untuk mengisi kolom nama, NIK, hingga data lainnya sesuai dengan dokumen data diri. Di tahap ini pula Anda akan diminta untuk mengisikan nomor handphone yang akan digunakan nantinya.

5. Mengisi Kode Referensi Dan Kirim

Dengan segala data telah terisi dan benar, maka Anda dapat melanjutkan proses dengan mengisi kode referensi atau referal. Kode referal ini biasanya didapat dari mitra grab lain yang mengajak Anda bergabung. Kode ini bisa saja memberikan bonus pada kedua sisi. Jika tidak ada, isikan saja 0 dan klik kirim.

6. Datang Ke Lokasi Gdc

Jika tidak ada permasalahan akan data pendaftaran, Anda akan mendapat pemberitahuan dalam 1 – 3 hari ke depan. Pemberitahuan tersebut berisi info apakah Anda diterima atau tidak. Umumnya, Anda akan untuk datang ke GDC atau grab driver center untuk pelatihan awal dan top up awal sebesar 150 ribu (driver baru) atau 100 ribu (sudah bergabung).
Itulah panduan lengkap cara daftar grabbike yang bisa Anda gunakan. Setidaknya, Anda harus memenuhi segala persyaratan yang diberikan. Syarat tersebut mencakup dokumen pribadi yang lengkap, kendaraan yang masih layak, dan gawai yang mumpuni. Setelah itu, Anda dapat mendaftar melalui situs dan top up di GDC.

You may also like