Home Tips Solusi Cerdas Renovasi Rumah Tanpa Perlu Berhutang

Solusi Cerdas Renovasi Rumah Tanpa Perlu Berhutang

by Mas Abadi

Dalam tahapan renovasi, hal yang harus diperhatikan adalah bagian-bagian yang perlu diperbaiki. Dengan begitu Anda akan mengetahui besaran biaya yang dibutuhkan. Utamakan area yang sudah dalam keadaan rusak terlebih dahulu.

Misalnya talang air, atap, dapur, kamar mandi atau yang lainnya. Amati dengan teliti setiap sudut di dalam dan luar rumah, kemudian catatlah area mana yang harus Anda renovasi. Hal ini sangat penting, supaya budget yang dikeluarkan tidak berlebihan.

Selain penentuan titik atau area yang harus direnovasi, Anda juga harus memperhatikan hal-hal lain dibawah ini :

Siapkan dan hitung anggarannya

Setelah Anda menentukan area yang akan direnovasi, selanjutnya adalah membuat daftar pengeluaran. Anda harus melakukan hal ini jauh-jauh hari, sebab Anda harus mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan tersebut.

Rencanakanlah seperti material yang akan digunakan, desain rumah, proses renovasi hingga anggaran yang diperlukan saat pembangunan berlangsung. Jika sudah dipersiapkan sejak lama, tentunya Anda sudah memiliki perkiraan dan dapat mengumpulkan uang tanpa harus berhutang.

Survey

Bila pos-pos dari pengeluaran telah Anda tentukan, selanjutnya adalah melakukan survey di toko bangunan. Jadi, sediakanlah waktu supaya Anda bisa pergi ke toko-toko tersebut dan melakukan pembandingan harga juga kualitas bahan.

Faktor keselamatan

Walau judul dari renovasi ini on budget, namun bukan berarti Anda mengesampingkan keselamatan dari anggota keluarga yang nantinya juga akan tinggal dalam rumah yang sama dengan Anda. Murah tidak masalah, tetapi kualitas dari material yang digunakan tetaplah harus terbaik.

Material yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  • Pipa
  • Fondasi
  • Atap
  • Rangka
  • Cat dinding

Anda harus memperhatikan semua itu, khususnya untuk cat dinding. Karena jika Anda memilih cat yang murah, dapat dipastikan hanya bertahan satu dua tahun atau bisa saja kurang dari itu, sehingga Anda lebih cepat keluar dana lagi untuk mengecat ulang.

Gunakan jasa pemborong atau kontraktor

Apabila perbaikan rumah yang nantinya dilakukan termasuk besar, Anda dapat menggunakan jasa kontraktor atau pemborong. Hal ini akan memberikan kemudahan kepada Anda dalam segala hal, misalnya dana yang dikeluarkan lebih hemat, waktu pembangunan juga akan lebih cepat.

Bila Anda memang ingin menggunakan jasa kontraktor, maka ada baiknya bertanya kepada rekan, sahabat atau saudara yang memiliki pengalaman dan pernah memakai jasa dari pemborong. Anda juga harus bertanya mengenai sistem pembayarannya, apakah borongan atau harian.

Jika sudah menemukannya, selanjutnya adalah berkonsultasi kepada si kontraktor mengenai budget bahan bagunan, tarif tukang dan lain sebagainya. Biasanya pihak kontraktor hanya akan menunjukkan material yang dibutuhkan dan Anda tinggal memesannya di toko bangunan.

Bahkan pihak kontraktor juga akan memberitahukan mengenai perkiraan harga dan di toko bangunan mana Anda bisa membeli semua keperluan dan peralatan tersebut. Anda dapat langsung mengunjungi, membandingkan harga dan menentukan di toko mana yang sesuai dengan anggaran.

Waspadalah dalam memilih kontraktor, karena seringkali terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika Anda bertemu dengan orang yang salah.

Perhatikan dampak pada lingkungan sekitar

Ketika akan melakukan renovasi, baik rumah besar, tingkat atau biasa saja. Pastinya akan mengganggu lingkungan, misalnya tetangga yang berada di kanan dan kiri. Tentunya akan mengakibatkan polusi suara dan juga udara.

Karenanya, sebelum Anda melakukan renovasi rumah sebaiknya mensosialisasikannya dahulu kepada orang-orang sekitar. Misalnya RT, RW dan para tetangga, bernegosiasi lah dengan mereka serta mencari atau mempersiapkan segala kemungkinan akan dampak yang ditimbulkan.

Sesuaikan dengan pola hidup

Mayoritas orang akan menilai gaya hidup orang lain dengan melihat dari rumah yang dimilikinya. Karenanya sesuaikanlah desain rumah dengan kepribadian diri sendiri, jika suka yang simpel maka bisa menggunakan desain minimalis.

Desain rumah bergaya minimalis ini tentunya mempunyai banyak keunggulan, salah satunya bisa lebih menekan budget untuk perbaikan rumah. Karena rumah dengan desain minimalis tidak memerlukan banyak anggaran.

Gunakan material terbaik

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan material murah hanya demi menekan budget. Padahal hal tersebut bisa saja menimbulkan kerugian kepada Anda di masa mendatang. Karena usia dari bahan yang digunakan tidak akan bertahan lama.

Bila Anda menggunakan material dengan kualitas terbaik, usia bangunan tentunya akan lebih lama bila dibandingkan dengan yang berharga murah. Karena itu pertimbangkanlah untuk memakai material yang berkualitas baik guna penghematan.

Konsultasi dengan arsitek

Agar hasil renovasi rumah menjadi lebih maksimal, Anda juga dapat melakukan konsultasi ke orang yang ahli, misalnya desainer rumah atau arsitek. Namun, pastikan Anda harus mengeluarkan dana tambahan untuk hal yang satu ini, karena harus membayar jasa mereka.

Supaya budgetnya tidak terlalu membengkak, mungkin Anda bisa memanfaatkan teman atau saudara yang mempunyai keahlian dalam bidang tersebut.

You may also like