Home Perencanaan Sisi Positif Saat Kamu Mandiri Secara Finansial

Sisi Positif Saat Kamu Mandiri Secara Finansial

by Mas Abadi

Mandiri secara finansial adalah kondisi yang sangat menguntungkan bagi kamu. Kamu dapat dengan bebas mengatur segala kebutuhan dan keinginan yang kamu mau tanpa mengganggu atau mengandalkan pemasukan dari orang lain, misalnya orang tua atau pasangan. Kondisi ini biasanya menjadi idaman bagi setiap orang baik wanita maupun pria.

Banyak sisi positif yang dapat kamu rasakan jika, kehidupan keuangan kamu dalam posisi mapan dan stabil. Kebalikannya, situasi yang sulit dan bergantung pada orang lain dalam hal keuangan atau finansial menjadi momok menakutkan dan sangat dihindari oleh banyak orang. Untuk mencapai kondisi mandiri secara finansial bukan tanpa proses dan pembelajaran. Meskipun begitu, kamu akan menemukan banyak manfaat yang dapat kamu rasakan.

Manfaat Positif Buat Kamu Yang Mandiri Secara Finansial

1. Lebih Percaya Diri

Kamu yang telah mandiri secara finansial akan lebih PD atau Percaya Diri dengan segala hal yang akan kamu lakukan. Tanpa banyak pertimbangan dan menunggu pendapat atau pandangan dari orang lain, kamu cukup terlatih dalam pengambilan keputusan khususnya dalam urusan keuangan atau finansial.

Mandiri secara finansial tandanya, kamu tidak lagi mengandalkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan dan/atau keinginan. Kamu telah mengambil porsi tanggung jawab atas pilihan yang kamu putuskan. Segala bentuk keuntungan maupun kerugian yang telah kamu perhitungkan, otomatis kamu akan siap dengan segala konsekuensi yang didapat. Sehingga, hal itu dapat menjadi salah satu tolok ukur dalam kepercayaan diri kamu.

2. Menginspirasi Orang Banyak

Mandiri secara finansial dapat memberikan kamu banyak kesempatan untuk menginspirasi banyak orang. Mengapa? Logikanya, siapa sih yang tidak mau bebas dan mandiri dalam hal keuangan? Tentunya, hal tersebut menjadi kondisi ideal yang diincar banyak orang. Dengan kamu telah berada di posisi yang mandiri secara finansial, dapat menjadikan kamu sebagai sumber inspirasi. Ditilik dari sisi kehidupan, cara manajemen keuangan, lingkungan pergaulan, dan lain sebagainya akan menjadi pusat perhatian yang disorot banyak orang untuk mengetahui cara bagaimana memperoleh titik yang sama yaitu mandiri secara finansial.

3. Potensial Sebagai Pemimpin

Orang yang telah mandiri secara finansial dapat dengan mudah menempati posisi-posisi strategi di lingkungan pekerjaannya. Tanpa bisa dipungkiri selain kualitas kecerdasan ilmu pengetahuan, praktik penerapan hidup mandiri secara finansial pun menjadi pertimbangan untuk menjadi seorang pemimpin. Selain sebagai kepala atau motor penggerak arah kerja, pemimpin yang mandiri secara finansial akan menjadi pusat inspirasi bagi para pekerja di bawahnya. Selain itu, modal materiil ini pun tentu membantu modal awal dalam perusahaan emmbangun usahanya.

Selain itu, seorang pemimpin yang telah mandiri secara finansial berpotensi akan mendapat kepercayaan di lingkungan kerjanya. Kemungkinan kecurigaan untuk terlilit utang, menerapkan manajemen keuangan yang buruk, tindak pemerasan, korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam memanfaatkan jabatannya cukup kecil. 

4. Memiliki Rasa Kebebasan

Dengan telah merasa mandiri secara finansial, kebutuhan dan keinginan kamu dapat bebas kamu realisasikan. Tanpa banyak mempertimbangkan kemampuan atau daya beli dalam memenuhi hal tersebut kamu tinggal bebas pilih apa yang kamu mau. Tidak adanya rasa merepotkan atau membebani keuangan orang lain dan juga hutang yang harus dibayar, finansial yang stabil membuat kamu akan merasa lebih Bahagia dan merdeka.

Contohnya, kamu akan bebas membeli barang dengan harga tinggi sekalipun baik menggunakan debit maupun credit card dengan limit tertentu dan kamu mampu untuk melunasi atau mencicil nya tanpa menunggu alokasi dana manapun. Kebebasan ini akan sangat terasa mahal harganya karena perjuangan dalam mencapai kebebasan ini pun tidak cukup mudah dicapai oleh semua orang.

5. Mampu Survive dalam Kondisi Terburuk

Mandiri finansial pun memudahkan kamu dalam survive di kondisi terburuk. Dalam memperoleh kesuksesan tentunya bukan hal yang mudah juga. Pertimbangan, perhitungan, dan pengambilan keputusan dengan segala resikonya setidaknya kamu pernah alami. Modal mental untuk sukses itu pun menjadikan kamu akan siap menghadapi kondisi sulit atau buruk di kemudian hari. 

Secara finansial yang sudah ikut mapan, kamu akan cukup terbantu untuk memutar otak mengembalikan cara bagaimana cara untuk bangkit. Pada umumnya, kegagalan atau kondisi terburuk erat kaitannya dengan modal yang harus dikeluarkan lagi, baik untuk usaha secara umum atau demi mengembalikan citra dan reputasi perusahaan atau kantor yang baik. Untuk itu, jika kamu berada dalam finansial yang mandiri, kondisi tersebut akan sangat terbantu.

Itulah kemudahan-kemudahan yang akan kamu peroleh saat kamu memiliki kondisi finansial yang stabil. Sisi positif saat kamu jika mandiri secara finansial ini akan cukup membantu kamu dalam memperoleh karir yang lebih cemerlang sekaligus modal kamu bangun dari keterpurukan yang ada. 

Maka semangatlah dalam mencapai kesuksesan untuk dapat merasakan merdeka dan mandiri secara finansial dalam hidup kamu!

 

  

 

You may also like