Home keuangan Sisi Positif dari Melek Secara Finansial

Sisi Positif dari Melek Secara Finansial

by admin
mata uang Ringgit

Melek secara finansial adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengelola keuangannya dengan baik. Jadi untuk dapat mengelola keuangannya dengan baik seseorang membutuhkan banyak mempelajari terlebih dahulu dari berbagai literasi keuangan. Kemampuan dapat mengelola finansial ini sebenarnya adalah sesuatu yang  harus dikuasai oleh semua orang. Karena dalam hidup ini semua orang pasti membutuhkan fisik yang baik agar dapat menjalankan  hidupnya dengan baik. Jadi mau tidak mau untuk mendapatkan fisik yang baik tersebut, terlebih dahulu kamu harus dapat mengelola keuangannya dengan baik.

Mengelola keuangan dengan baik sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memiliki pemikiran yang matang mengenai baik atau buruknya terhadap financial mu sendiri. Jika dirasa akan memberikan dampak buruk bagi finansial maka kamu tidak boleh melakukanya dengan berbagai macam alasan. Jangan memberikan pembelaan pada diri sendiri hanya karena kamu menyukainya tetapi sebenarnya tidak terlalu berguna atau bermanfaat. JIka terus seperti itu kamu harus terus belajar agar dapat melek secara finansial. 

Keuntungan Jika Kamu Melek Secara Finansial

  • Sadar Akan Pentingnya Dana Darurat

Semakin banyak literasi mengenai keuangan yang kamu baca maka semakin banyak pula kamu menemukan pentingnya mengenai dana darurat. Untuk itu ketika kamu susah melek secara finansial kamu lebih dapat memahami mengenai pentingnya dana darurat dan dapat segera mengalokasikannya. Kamu tidak lagi memiliki pemikiran mengenai dana darurat itu bukan hal yang sangat penting karena kamu sudah mengupayakan yang terbaik. Karena kamu akan menyadari bahwa semua masalah dapat terjadi kapan saja. 

 

Jika tidak memiliki dana darurat bagaimana caranya agar kamu dapat menyelesaikannya terlebih jika menyangkut finansial. Terlihat sepele memang, tetapi dana darurat ini akan memiliki peran paling besar ketika terjadi suatu musibah dalam hidupmu. Ketika misalnya tiba tiba kamu diberhentikan dari tempat kerja, untuk dapat menyambung hidup sampai menemukan pekerjaan baru kamu dapat menggu anak darui rat ini. 

 

Lalu bagaimana ketika tidak memiliki dana darurat? Tentu saja kamu akan menggjnakn dan lainnya yang sebenarnya telah memiliki fungsinya sendiri. Atau bahkan kamu bisa saja melakukan hutang karena memang tidak lagi memiliki nada sama sekali.

nabung dollar

  • Memiliki Keputusan yang lebih bijak

Melek secara finansial akan membuatmu memiliki keputusan yang lebih bijak dalam finansial. Banyaknya literasi keuangan yang kamu pelajari akan membuat pikiran mu semakin terbuka. Kamu juga memiliki landasan teori yang dapat digunakan ketika akan memutuskan sesuatu. Jadi bukan hanya berdasarkan feeling atau perkiraan semata. Literasi finansial yang kamu miliki akan sangat mempengaruhi keputusan yang kamu ambil nantinya. Terlebih finansial adalah hal yang sangat kompleks jika sedikit saja kamu memberikan keputusan yang salah makan akan berpengaruh besar pada finansial mu. 

 

Orang yang melek secara finansial ini cenderung akan menghindari hutang, kartu kredit, atau pinjaman lain yang sejenis. Karena jika melakukan pinjaman pinjaman tersebut mereka sudah paham akan dampak yang didapatkan. Terlebih berbagai pinjaman atau kartu kredit akan berusaha sangat keras agar mendapatkan nasabah sebanyak banyaknya. Jika kamu memiliki pemahaman literatur kamu tidak akan mudah tergiur akan berbagai pinjaman tersebut.

  • Terhindar Dari Perilaku Konsumtif

Perilaku konsumtif akan sangat membahayakan bagi kondisi finansial. Alasan indonesia masih menjadi negara maju mungkin bisa jadi karena masyarakatnya memang masih memiliki perilaku yang konsumtif. sudah bukan rahasia umum lagi, di mata dunia Indonesia adalah salah satu negara yang paling konsumtif. 

 

Selain dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dengan terbukti indonesia masih sangat membutuhkan impor dari negara negara lain. Hal ini selain memang karena untuk memenuhi kebutuhan, juga karena indonesia sangat tinggi dalam angka berbelanja. Padalag perilaku konsumtif ini akan sangat merugikan dan juga memberikan dampak buruk bagi finansial. Nah disini literasi finansial menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Jika kamu sudah melek finansial secara otomatis kamu juga akan menghindari perilaku konsumtif. Karena kamu telah mengetahui dengan jelas dari dampak buruk perilaku tersebut. 

 

Untuk menghindari perilaku konsumtif ini juga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membuat rancangan anggaran sebelum membeli sesuatu. Jika semua sudah kamu anggarkan makan kamu akan terhindar dari berbagai kebutuhan diluar rancangan tersebut. Jadi kamu juga akan hidup lebih hemat dan terhindar dari perilaku konsumtif.

  • Finansial yang Lebih Cerah

Finansial mu akan terlihat lebih cerah dengan melek finansial. Karena kamu telah mengetahui hal hal apa saja yang akan membuat finsiap mu menjadi lebih baik. Kamu juga akan terbuka mengenai investasi yang merupakan salah satu jalan untuk menjadikan masa depan lebih baik. Terlebih investasi adalah hal yang sulit sulit gampang. Gampang karena kamu telah belajar berbagai literasi mengenai investasi. Jadi setelah cukup dalam teori kamu dapat melakukannya langsung pada dunia nyata.

 

You may also like