Home Bisnis Simak 13 Tips dan Alasan Memilih Nama Usaha yang Tepat dan Mudah Dikenali

Simak 13 Tips dan Alasan Memilih Nama Usaha yang Tepat dan Mudah Dikenali

by Mas Abadi
nama perusahaan

Nama usaha merupakan salah satu faktor penting apabila Anda ingin menjalankan sebuah bisnis. Walau terlihat sepele, namun sebenarnya menentukan brand untuk bisnis tidaklah mudah. Baik itu usaha offline maupun online, mempunyai nama usaha seperti memiliki kekuatan agar produk atau jasa tersebut menjadi mudah dikenal oleh publik.

Nama dari sebuah bisnis yang Anda pilih tersebut nantinya menjadi nama resmi bagi usaha Anda dan secara hukum merupakan identitas dari jasa atau produk milik Anda. Ketika Anda memilih nama bagi bisnis, Anda harus memikirkan juga nama yang akan dipakai untuk brand produk serta situs website.

Oleh sebab itu untuk membuatnya tidak bisa sembarangan. Anda perlu melakukan analisis mendalam agar nama tersebut dapat menjadi paten. Dengan ketelitian dalam memberikan nama, tentunya akan memberikan dampak yang signifikan untuk bisnis Anda.

Cara Memilih Nama Usaha yang Tepat

Sebenarnya ada sebuah cara mudah supaya Anda tidak perlu repot memikirkan nama yang cocok dan bagus untuk usaha Anda. Bila Anda memiliki dana lebih, Anda dapat menggunakan jasa dari agency dalam menentukan nama yang trendy, bagus dan tentunya mudah diingat.

Namun, jika Anda ingin memberikan nama sendiri bagi usaha tersebut tentu akan sangat baik dan tentu lebih berarti. Berikut ada beberapa tips bagi Anda sebelum menentukan nama untuk usaha yang nantinya akan Anda rintis.

Buatlah nama secara jelas, memiliki power dan mudah untuk mengingatnya agar membantu calon konsumen mengenal produk Anda. Karena itu, ada baiknya menghindari kata yang sulit diingat dan diucapkan.

Pilihlah yang sederhana, dengan begitu calon konsumen Anda akan dengan mudah mencari informasi mengenai bisnis Anda melalui internet, sekaligus untuk meminimalisir pengucapan kata yang salah.

Banyak dari perusahaan besar menggunakan nama usaha yang akronim atau singkatan dibanding dengan nama dari pemilik. Hal tersebut bertujuan agar para calon konsumen mudah mengingatnya.

Lebih baik jika nama bisnis tersebut memiliki sebuah arti positif serta dapat menjelaskan usaha yang Anda miliki. Hindari pengguna kata negatif, karena bila Anda memakainya usaha tersebut biasanya akan mudah dilupakan.

Karena seperti memberikan nama untuk anak yang pasti terdapat doa bagi anak tersebut agar menjadi baik, begitu juga dengan pemberian nama usaha. Anda juga pastinya ingin bila bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam pemilihan nama bagi usaha Anda, tidak harus menggunakan nama formal. Bahkan beberapa waktu terakhir ini, banyak pengusaha yang menggunakan nama yang simple dan hanya terdiri dari satu kata saja.

Mungkin cara ini juga dapat Anda tiru, pilihlah satu hingga tiga kosakata lalu buatlah menjadi sebuah singkatan yang menarik. Contohnya seperti Netflix ternyata adalah gabungan dari internet flick. Namun yang paling penting, nama tersebut harus menjelaskan bisnis Anda.

Ide lainnya adalah menggunakan nama belakang keluarga. Dengan begitu secara tidak langsung memperlihatkan jika Anda merupakan pribadi yang penuh percaya diri. Selain itu juga dapat membuat Anda bekerja lebih keras dan lebih baik.

Bagian paling penting yang jangan sampai dilupakan adalah melakukan branding. Perhitungkan dengan baik ketika memilih nama, karena akan membantu Anda dalam proses pengenalan merek pada publik.

Jangan pernah menggabungkan huruf dan angka pada nama brand yang Anda miliki. Walau memang memberikan nama yang unik akan membuat orang mudah mengingat, namun tidak disarankan melakukan hal tersebut. Selain itu hindari pula kata-kata vulgar.

Lebih baik menggunakan huruf yang pada umumnya, maksudnya adalah dengan Abjad. Hindari penggunaan huruf lain, misalnya bahasa Arab, Korea, Jepang atau lainnya. Karena tidak semua orang akan mengerti dan dapat melafalkannya. Selain karena hal tersebut, juga menghindari terjadinya miss information oleh konsumen.

Banyak saran untuk tidak memberikan usaha Anda dengan menggunakan nama sebuah daerah apabila tidak berpindah lokasi, namun jika ingin mengembangkan usaha tersebut atau membuka cabang penggunaan nama daerah tidak masalah.

Coba teriakan nama yang Anda pilih tersebut secara berulang, apakah mudah untuk diucapkan atau sulit. Apabila Anda merasa kesulitan, sudah pasti lebih baik untuk mencari nama lain bagi bisnis Anda.

Di zaman serba digital seperti sekarang, Anda akan disarankan untuk membuat nama domain bagi bisnis yang akan dijalankan. Gunakanlah domain co.id atau com karena lebih terjamin keamanannya.

Apabila Anda sudah mengalami kebuntuan ketika mencari nama untuk bisnis. Ada baiknya menggunakan situs yang memang khusus untuk membuat nama sebuah usaha. Di website tersebut nantinya akan menemukan banyak rekomendasi.

Alasan Penting Membuat Nama Usaha

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memberikan nama pada bisnis secara tepat, antaranya :

  1. Nama bisnis merupakan faktor utama usaha Anda dapat dikenal secara luas.
  2. Nama dari sebuah bisnis merupakan definisi dari usaha itu sendiri, karenanya menentukan hal tersebut menjadi sangat penting.
  3. Apabila nama bisnis Anda telah dipilih secara tepat, konsumen tentunya akan menjadi mudah mengenali dan membedakan dengan usaha sejenis,

Memberikan nama yang mudah dikenali dan juga tepat akan sangat menguntungkan serta membuka peluang bagi sebuah bisnis dalam melakukan branding, karena semakin banyak yang mengenal produk Anda tentu akan semakin mudah mencapai target. Semoga semua informasi di atas dapat membantu Anda untuk memilih nama dari usaha yang nantinya akan dijalankan.

You may also like