Home Bisnis Sejarah di Balik Google yang Jadi Pilar Pencarian Informasi Saat Ini 

Sejarah di Balik Google yang Jadi Pilar Pencarian Informasi Saat Ini 

by Mas Abadi

Tentunya semua orang di dunia kenal dengan situs web yang satu ini. Google adalah mesin pencarian internet raksasa di dunia. Sebagian besar aspek mengenai pengetahuan, mulai dari pengetahuan negara, alam bahkan dunia ada semua di Google. Tidak hanya itu, Google juga mempunyai sejumlah fitur yang juga dapat membantu kamu agar memudahkan memakai gadget pada kegiatan sehari-hari. 

Google menjadi situs web yang sangat dibutuhkan untuk seluruh kalangan. Bahkan sekarang ini anak sekolah juga sudah membutuhkan situs web ini guna mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk belajar. Bukan hanya itu, Google pun membantu memberikan berbagai informasi untuk orang yang akan bekerja. 

Lalu, sebetulnya apa Google tersebut? Apa sejarah dibalik Google yang menjadi pilar pencarian informasi saat ini? Nah, daripada kamu semakin penasaran, berikut ada sejarah Google yang bisa kamu ketahui. 

Sejarah Google Sebagai Pilar Pencarian Informasi 

Sekarang ini Google sebagai sahabat perkembangan zaman. Sudah pasti setiap hari ada milyaran lebih orang yang memakai Google. Google adalah perusahaan mesin pencarian yang berdiri di tahun 1998. Google sebagai salah satu situs terbesar dan terlengkap yang ada di dunia. 

Selain itu, layanan yang ditawarkan Google pun ada banyak macamnya, seperti perangkat lunak produktivitas, browser web, email, aplikasi dan ponsel, e-book, alat pemetaan, iklan internet dan berbagai macam video dan web jejaring sosial yang lainnya. 

Dengan adanya Google ini kita dapat sangat mudah mencari informasi atau berita terkini ataupun dimasa lalu. Kita hanya perlu mengetik apa yang ingin dicari tahu dengan memerlukan daya internet menjadi pendukung dari Google. 

Platform tersebut ada dibawah naungan dari Google LLC, yakni perusahaan multinasional AS yang pula khusus mengeluarkan internet dan produk jasa. Tidak hanya itu, Google pun mempunyai misi menjadi pemberi informasi yang ada di seluruh dunia dan membuat bisa diakses dan berguna secara global.

Sehingga tidak perlu heran bila Google menjadi situs web yang sangat diminati, sebab fitur yang diberikan juga ada berbagai macam serta mempunyai segudang manfaat saat kita memakai Google. 

Sergey Brin dan Larry Page mendirikan Google ketika mereka masih menjadi seorang mahasiswa pada Stanford University. Mereka adalah pemegang saham sebanyak 16% pada perusahaan. Google dijadikan menjadi perusahaan swasta di tanggal 4 September 1998. Mulai saat itu, pertumbuhan dan perkembangan perusahaan berjalan dengan pesat sampai menghasilkan banyak produk, kerjasama pada sektor mesin pencari inti Google dan juga akuisis. 

Google sendiri berasal dari sebuah kesalahan ejaan gogol yang dalam istilah pada matematika untuk angka satu serta diikuti dengan seratus nol pada desimal. Di tahun 2000 Google terkenal saat menjadi mesin pencarian di salah satu situs yang populer pada zaman itu, yakni Yahoo!. 

Lalu, di tahun 2004 layanan dari Yahoo! ini ditiadakan, hal ini tentunya menjadikan pencarian Google meningkat sampai 200 juta kali per harinya. Perusahaan ini menyediakan perangkat lunak produktivitas dalam jaringan atau biasa dikenal dengan daring. 

Tidak hanya itu, Google pun menyediakan pula surel atau surat elektronik, jejaring sosial dan paket aplikasi perkantoran. Perusahaan yang satu ini pun meliputi perkembangan metode operasi Android yang berfungsi bagi telepon genggam. Seperti yang kita tahu jika Google Chrome OS pun berfungsi bagi deretan netbook Chromebook. 

Sesudah itu, Google pun beralih pada perangkat keras komunikasi. Google pun akhirnya bekerja sama dengan banyak pihak produsen elektronik terkenal yang berfungsi untuk membuat perangkat Nexusnya dan juga untuk melakukan akuisisi Motorola Mobility di tahun 2012. 

Pada tahun 2012 prasarana serat optik dipasang pada Kansas yang gunanya menjadi fasilitas layanan internet yakni Google Fiber. Perusahaan ini digadang-gadang mengerjakan lebih dari 1 juta server pada sejumlah pusat data yang ada di seluruh belahan dunia. 

Bukan hanya itu, diperkirakan pula bisa memproses sebanyak 1 miliar lebih kueri pencarian dan sebanyak 24 petabyte data bikinan pengguna pada setiap harinya. Di bulan Desember pada tahun 2012, Google.com disebut menjadi situs web yang sangat banyak digunakan di dunia. 

Berbagai situs yang ada di Google masuk pada peringkat 100 teratas, seperti Blogger dan YouTube. Google juga demikian, sebab menduduki peringkat kedua pada basis data ekuitas merk BrandZ. Namun, dominasi pasar memperoleh kritik hak cipta, privasi serta penyensoran. Di tahun 2014 Google pun memperoleh penghargaan dari Business Indeed menjadi perusahaan yang mempunyai merek yang sangat bernilai. 

Sampai sekarangpun Google menjadi pilar pencarian informasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Demikianlah, ulasan mengenai sejarah Google yang bisa menjadi ilmu pengetahuan baru untuk kamu yang belum mengetahui sejarah dari Google. Semoga ulasan di atas bisa berguna untuk kamu yang ingin tahu sejarah Google. 

You may also like