Home Bisnis Segini Besar Suku Bunga Deposito dan Keuntungannya

Segini Besar Suku Bunga Deposito dan Keuntungannya

by admin

Salah satu jenis investasi yang aman dan minim resiko namun tetap menguntungkan adalah deposito, kamu bisa mengikuti jenis investasi yang satu ini melalui produk deposito yang ditawarkan oleh beberapa bank. Deposito membuat uangmu bekerja, yaitu ditabung dan dikembalikan pada waktunya dengan keuntungan atau bunga yang akan kamu dapatkan.

Banyak sekali orang yang memanfaatkan deposito sebagai kegiatan menabung yang menguntungkan, karena bunga yang ditawarkan oleh pihak perbankan juga cukup menggiurkan. Apakah kamu berniat untuk melakukan deposito? Apabila iya, maka sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu penjelasan seputar deposito berikut ini, simak penjelasannya sampai kamu memahami.

Penjelasan Seputar Deposito

Sebelum melakukan sesuatu maka sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu secara mendalam tentang sesuatu itu. Terlebih lagi sesuatu yang berkaitan dengan keuangan. Begitupun dengan deposito, kamu harus memahami deposito terlebih dahulu sebelum menyimpan uangmu di produk deposito, tentunya agar kamu paham dan dapat memperhitungkan segala sesuatunya.

Untuk memahami deposito secara mendalam, maka kamu harus pahami pengertian deposito, keunggulan deposito, besaran suku bunga dan keuntungan dari deposito itu sendiri. Maka dari itu berikut ini penjelasan lengkap agar kamu paham tentang pengertian, keunggulan, besaran dan keuntungan deposito.

  • Pengertian dari deposito

Apakah kamu belum paham apa itu deposito? Deposito dapat diartikan sebagai layanan penyimpanan uang yang disediakan oleh pihak bank, mungkin terdengar sama dengan tabungan, akan tetapi sebenarnya berbeda. Deposito bukanlah produk tabungan bank, melainkan salah satu jenis investasi yang ditawarkan oleh pihak bank.

Maka dari itu menyimpan uang dalam tabungan bank akan berbeda dengan deposito, dimana kamu akan mendapatkan keuntungan atau bunga dari menyimpan uang di deposito, sedangkan kamu akan dipotong uangnya apabila menyimpan uang dalam bentuk tabungan.

Namun, berbeda dengan uang tabungan di bank yang dapat kamu tarik setiap waktu kapanpun kamu mau, deposito justru berbeda. Uangmu akan disimpan dalam beberapa waktu tertentu sesuai kesepakatan antara kamu dan pihak bank, kemudian uang itu akan dikelola oleh bank agar menghasilkan keuntungan, dengan begitu keuntungan akan dibagi hasil oleh pihak bank dengan kamu.

  • Besaran suku bunga dari deposito

Berbicara tentang suku bunga, sebenarnya setiap bank memiliki kebijakan masing-masing terkait besaran suku bunga yang akan kamu dapatkan dengan menyimpan uangmu dalam produk deposito yang mereka tawarkan. Namun tidak sedikit bank yang menawarkan suku bunga tinggi kepada nasabahnya, akan tetapi suku bunga tinggi biasanya bisa kamu dapatkan apabila limit uang yang kamu berikan juga tinggi.

Limit tabungan dengan limit deposito tentunya berbeda, tentu saja karena deposito menawarkan keuntungan bunga, maka kamu harus menyimpan uang dengan limit yang tinggi, misalnya 8 juta rupiah minimalnya. Kamu juga harus menyimpan uang dengan jangka waktu yang cukup lama, bahkan bisa sampai 12 bulan. Akan tetapi tetap menguntungkan apabila kamu memang punya uang lebih, kamu bisa menyimpan uang dan mendapatkan bunga.

Untuk dapat mengetahui keuntungan bunga deposito yang akan kamu dapatkan, maka kamu bisa menghitungnya dengan cara mengalikan suku bunga, nominal uang deposito dan durasi uang disimpan. Suku bunga x uang deposito x waktu penyimpanan uang deposito = keuntungan bunga deposito.

  • Keuntungan dari deposito

Setelah membahas tentang pengertian deposito, besaran suku bunga deposito sekaligus cara menghitung jumlah uang yang didapat dari bunga deposito, maka selanjutnya kamu harus pahami keuntungan dari deposito. Apa keuntungan yang kamu dapat dengan menyimpan uang di deposito bank? Berikut ini penjelasannya.

Keuntungan pertama dari deposito adalah kamu bisa menyimpan uang dengan aman dengan mendapatkan bunga. Apabila menabung, kamu mendapatkan keuntungan keamanan dalam menyimpan uang. Deposito menawarkan dua keuntungan, yaitu keamanan dan bunga yang akan kamu dapatkan.

Keuntungan yang lainnya dari deposito adalah kamu bisa memiliki dana darurat untuk berbagai macam kebutuhan di masa depan. Ada suatu waktu atau momen yang akan membuatmu kerepotan lantaran membutuhkan dana darurat, dengan deposito maka kamu akan memiliki dana darurat di masa depan, yang apabila sudah cair, kamu bisa gunakan dana tersebut untuk keperluan apapun.

  • Keunggulan dari deposito

Sebagaimana dijelaskan bahwa salah satu keunggulannya adalah kamu akan mendapatkan keuntungan keamanan menyimpan uang dan keuntungan bunga yang akan kamu dapatkan. Selain itu, keunggulan lain dari deposito adalah jenis investasi yang aman.

Deposito adalah salah satu jenis investasi yang minim resiko, bahkan kamu tidak akan mengalami kerugian, uang yang kamu simpan terjamin, kamu tinggal diam dan tahan uang dengan durasi waktu yang ditentukan, kemudian kamu akan mendapatkan keuntungan.

Itulah beberapa penjelasan seputar deposito, dari mulai pengertian, besaran suku bunga, cara menghitung keuntungan suku bunga, keuntungan deposito sampai keunggulannya.

You may also like