Home Bisnis Sedang Tren, Ayo Cari Tahu Tentang Perusahaan Startup Lebih Dekat

Sedang Tren, Ayo Cari Tahu Tentang Perusahaan Startup Lebih Dekat

by Mas Abadi
Sedang Tren, Ayo Cari Tahu Tentang Perusahaan Startup Lebih Dekat

Akhir akhir ini nama startup sering kali disebut dan diburu para pencari kerja. Hanya saja, tidak semua orang mengenal apa itu bisnis startup. Kata Startup sendiri adalah kata serapan Bahasa Inggris yang artinya proses atau tindakan memulai organisasi atau bisnis baru. Jika masih bingung tentang perusahaan startup anda bisa menyimak ulasan berikut.

Apa Itu Bisnis Startup?

Sedang Tren, Ayo Cari Tahu Tentang Perusahaan Startup Lebih Dekat

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya,startup sebenarnya memang merujuk pada bisnis yang baru saja dimulai atau yang dalam proses pengembangan. Sehingga dalam prosesnya masih membutuhkan penelitian guna mengembangkan bisnisnya. Kini, bisnis startup banyak mengacu pada perusahaan layanan maupun yang memiliki produk bidang teknologi.
Istilah startup sendiri dipopulerkan oleh buble dot-com yang muncul di sekitar 1998 sampai 2000 an. Hingga akhirnya banyak pengusaha yang mendirikan bisnis dot.com serta perusahaan yang memiliki website pribadi. Apalagi juga didukung dengan perkembangan internet yang juga semakin hari semakin berkembang pesat.
Startup bisa diumpamakan sebagai perusahaan yang posisinya masih remaja, sehingga nantinya akan ada banyak perubahan dan juga pendewasaan. Mengutip dari kompas.com, sebuah perusahaan bisa dikatakan sebagai startup jika memenuhi 3 faktor. Yakni investor atau pemilik, budget atau dana dan juga produk maupun layanan.
Perusahaan rintisan sendiri tidak hanya berkembang di luar negeri, tetapi juga di Indonesia. Dimana perkembangannya juga cukup pesat dan menjanjikan, bahkan setiap bulan atau tahunnya akan ada startup baru. Diperkirakan hingga saat ini ada sekitar 1500 lebih perusahaan rintisan yang berkembang di Indonesia.
Karakter Perusahaan Startup Yang Perlu Diketahui
Dengan sedikit pengertian yang telah disebutkan, tentu anda sudah tahu jika startup adalah perusahaan yang masih dirintis. Namun, hal ini saja tidak cukup karena rupanya perusahaan ini juga memiliki karakteristik tersendiri. Perusahaan yang pendapatannya kurang dari $ 100.000 setiap tahunnya bisa dikategorikan sebagai perusahaan rintisan.
Selain itu juga bisa dilihat dari usia berdirinya, dimana usia bisnis ini masih kurang dari 3 tahun. anda juga bisa melihatnya dari jumlah karyawan atau pegawai yang dimiliki, yakni kurang dari 20 orang. Dalam masa ini, perusahaan tentunya masih dalam tahap berkembang. Umumnya bergerak di bidang teknologi begitu produknya dalam bentuk digital.
Beberapa karakteristik yang disebutkan memang lebih cenderung ditujukan untuk perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi dan web. Hal ini dikarenakan memang kebanyakan perusahaan rintisan sangat erat kaitannya dengan internet dan teknologi. Begitu juga karakteristik startup yang ada di Indonesia sendiri lebih cenderung ke digital.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa Itu Unicorn? Kenali Pengertian dan Contoh Perusahaannya Disini!

Jenis Jenis Startup di Indonesia

1. Startup Aplikasi Pendidikan

Di Indonesia ada beberapa kelompok usaha rintisan yang saat ini berkembang. Salah satunya adalah yang berkembang adalah di bidang aplikasi pendidikan. Terutama ketika belajar saat ini lebih banyak mengandalkan gadget dan internet. Dengan adanya aplikasi ini tentunya akan sangat membantu anak anak untuk belajar.
Bukan hanya itu, aplikasi pendidikan juga cukup mudah untuk dibuat. Sehingga bidang ini bisa berkembang dan memiliki pasar yang potensial. Sebenarnya, targetnya tidak hanya siswa tapi juga berbagai kalangan. Tak heran jika startup bidang ini sangat mudah untuk berkembang. Apalagi jika nilai informatifnya begitu lengkap dan bernilai bagi pelanggan.

2. Startup Game

Satu lagi bidang yang akhir akhir ini juga mengalami peningkatan yang begitu drastis, game. Semakin banyaknya penggunaan media sosial dan juga smartphone semakin menjembatani prospek perusahaan rintisan ini. Tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari hiburan, game juga banyak dijadikan sebagai langkah untuk mendulang cuan.
Cara promosi yang menarik, dengan menggaet influencer ataupun youtuber untuk mempromosikannya. Sudah pasti, akan semakin dilirik oleh para pecinta game yang saat ini tak mengenal usia maupun gender. Peminatnya juga tidak mengenal ekonomi sulit. Maka tak heran jika perusahaan rintisan game akan lebih cepat berkembang.

3. Startup Perdagangan atau e commerce

Selanjutnya yang berkembang di indonesia adalah startup bidang e commerce. Karakteristik startup satu ini juga sangat mudah untuk dikembangkan. Masyarakat juga sekarang sudah mulai senang berbelanja secara online. Banyak kemudahan yang ditawarkan dengan promo promo yang menggiurkan. Sangat cocok dengan gaya hidup anti ribet masyarakat saat ini.
Sehingga wajar jika e commerce di Indonesia tumbuh subur dan menyentuh berbagai bidang. Mulai dari penjualan kebutuhan sehari hari, kebutuhan berlibur atau akomodasi atau bahkan bahan pangan segar. Semuanya sudah bisa didapatkan hanya dalam genggaman. Walaupun tidak sedikit perusahaan rintisan ini gulung tikar setelah beberapa tahun berdiri.
Itulah beberapa informasi mengenai perusahaan startup yang bisa anda ketahui. Perusahaan rintisan ini memang memiliki masa depan yang cukup gemilang. Hanya saja, harus pantai dalam mengelola dan menghadapi persaingan. Jika anda tertarik terjun di dunia startup, pastikan anda sudah memiliki rencana yang matang karena tidaklah mudah membangun dari awal.

 

You may also like