Home Bisnis Sebutkan Beberapa Tips untuk Menjalankan Bisnis Online

Sebutkan Beberapa Tips untuk Menjalankan Bisnis Online

by admin
tips bisnis online

Di zaman modern seperti sekarang ini, bisnis sudah merambah hingga pada basis online. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, kini bisnis dengan basis online semakin melejit ditambah lagi dengan datangnya pandemic covid19 yang memaksa semua sektor ekonomi untuk lebih berbenah. 

Banyak sekali bisnis online yang bisa kita coba apabila kita tertarik untuk mendapatkan tambahan penghasilan atau malah menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Dengan perubahan pola yang terjadi pada masyarakat dengan datangnya pandemi covid19, bisnis dengan basis online jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan yang berbasis offline. Bisnis online bisa lebih mendekatkan produk kita kepada konsumen melalui media online. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan menjalankan bisnis online. Mulai dari pasar, produk dan juga teknik marketing sangat mempengaruhi sukses tidaknya bisnis online yang akan kita jalankan. Agar sukses menjalankan bisnis onlinemu, yuk kita simak tips menjalankan bisnis online dibawah ini.

Tips menjalankan bisnis online

1. Analisa pasar

Sebelum memulai bisnis, kita harus melakukan analisa pasar terlebih dahulu. Dimulai dari mencari semua informasi mengenai apa yang sedang dibutuhkan pasar, produk yang sedang menjadi tren, seberapa banyak dibutuhkan, resiko dari penjualan hingga kondisi pasar untuk menentukan produk apa yang akan kita jual ke pasaran. Jangan tergiur iming-iming keuntungan besar yang instan tapi pastikan produk yang kita pilih bisa terus kita jual secara berkelanjutan untuk mengembangkan bisnis online yang kita jalankan. Dengan menganalisa pasar kita juga bisa melihat target pasar yang akan kita tuju untuk menjual produk dari bisnis kita. 

2. Tentukan produk 

Setelah melihat dan mencari segenap informasi keadaan pasar serta kebutuhannya, kita bisa menentukan produk yang akan kita usung dalam bisnis online yang akan kita jalankan. Pastikan juga produk tersebut juga sesuai dengan passion yang kita miliki agar ketika kita memulai bisnis online tersebut kita mempunyai motivasi lebih dan juga punya semangat untuk terus menjalankan bisnis online hingga bisa berkembang dengan baik. Pastikan juga kita mempunyai modal yang cukup untuk memulai bisnis online tersebut. Tidak harus memiliki modal yang besar untuk memulai bisnis online. 

3. Promosikan bisnismu

Agar bisa dikenal, promosikan bisnis dan juga produkmu semaksimal mungkin. Promosi akan membuat produk dan usaha kita menjadi dikenal oleh pasar. Kita bisa memanfaatkan semua sosial media untuk menjadi sarana berpromosi. Mulai dari beriklan di sosial media seperti grup-grup jual beli di facebook, story dan reel di instagram dan twitter, bahkan kita bisa memperkenalkan produk kita di beberapa platform video yang sedang viral seperti tiktok ataupun snack video agar bisa lebih dikenal khalayak dan menarik minat calon konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan.

4. Cari strategi pemasaran terbaik

Kita harus menyadari bahwa produk apapun yang kita pilih pasti akan memiliki kompetitor. Untuk bisa bersaing dengan competitor, kita harus mempunyai strategi pemasaran terbaik intuk memenangkan pasar sehingga produk yang kita tawarkan bisa lebih laku dipasaran dibandingkan kompetitor. 

Harga lebih murah saja tidak cukup untuk menarik peminat membeli produk yang kita tawarkan. Kita harus bisa lebih mendekatkan diri kepada konsumen supaya produk kita bisa lebih dikenal luas dan bisa memungkinkan untuk menarik minat pembeli yang lebih besar. 

5. Berikan pelayanan terbaik

Pelayanan terbaik adalah salah satu kunci keberhasilan dari bisnis online yang kita jalankan. Terlebih lagi di dunia online cukup peka dengan review dan rating. Dengan pelayanan yang prima ke setiap konsumen dan juga calon konsumen, kita bisa mendapatkan rating dan review yang baik sehingga bisa menarik lebih banyak peminat untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Dengan pelayanan yang baik pula kita bisa mendapatkan konsumen-konsumen yang loyal bahkan militant yang secara tidak langsung akan mendukung berkembangnya bisnis yang kita jalankan. Konsumen loyal bukan sekedar sumber pemasukan tapi juga secara tidak langsung mereka membantu proses marketing dari review bahkan tidak jarang mereka akan menawarkan dan mempromosikan produk kita ke orang lain. 

6. Pilih ekspedisi yang baik dan bertanggungjawab

Sebagai bentuk pelayanan terbaik, pilihlah ekspedisi yang juga baik dan bertanggungjawab. Entah itu menggunakan kurir pribadi ataupun menggunakan jasa ekspedisi. Pastikan barang pesanan dari konsumen bisa diterima dengan kondisi yang baik dan tepat waktu.  Walaupun pengiriman menjadi tanggung jawab dari ekspedisi, ketika perlakuan ekspedisi terhadap barang buruk hal itu bisa juga berimbas pada bisnis yang kita jalankan. 

Itulah beberapa tips yang baik dilakukan ketika menjalankan bisnis online. Bagaimanapun juga pelayanan terhadap pelanggan harus menjadi yang utama untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan sehingga bisnis online yang kita jalankan bisa berkembang dengan pesat dan dikenal oleh pasar. 

 

You may also like