Home Bisnis Resiko bisnis sepatu dan solusi mengatasinya

Resiko bisnis sepatu dan solusi mengatasinya

by Mas Abadi

Permintaan pasar akan sneaker sangat meningkat dan juga banyak reviewer lalu artis juga sekarang ini banyak sekali mempromosikan sneakers yang digunakannya ke media massa, hal ini membuat banyak masyarakat semakin ingin memiliki sneakers keren seperti yang dimiliki idolanya. selain itu dari segi harga sneakers juga bervariatif mulai ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah, harga tersebut tergantung dari merk dan juga ada beberapa barang yang diburu kolektor sehingga menjadi sangat mahal.

 

Dampak dari semakin banyak penggemar sneakers atau sepatu ini membuat penjualan sepatu untuk sekarang ini sangat mencengangkan, bahkan semakin menjamur outlet sepatu yang tersebar di seluruh Indonesia. selain itu juga banyak penjual sepatu online yang menjajakan dagangannya lewat media online, website dan juga platform digital lainnya. Memanfaatkan momen yang sedang happening seperti saat ini juga banyak produsen sepatu lokal yang mencoba keberuntungannya menyaingi produsen sepatu dari luar negeri, contoh sepatu lokal yang sedang happening adalah compass, piero, brodo dan lain sebagainya. 

Tips Berbisnis Sneakers atau Sepatu

 

  • Riset Pasar Sneakers
    Tips yang paling mendasar dan juga penting ketika Kamu ingin terjun dibidang jual-beli sneakers adalah riset pasar, misalnya model sneakers yang banyak dicari, harga sneakers yang banyak dicari, merk sneakers yang ramai dipasaran, dan juga target market usia yang bakal kamu tawarkan sneakers yang dijual. 
  • Mencari Supplier Sneakers
    Jika sudah tercapai riset pasar, dari harga hingga tujuan pasarnya maka langkah selanjutnya adalah mencari supplier sneakers yang profesional dan juga resmi supaya kualitas produk yang kamu jual sudah terbukti original. lalu jika kamu memilih untuk membuat sepatu sendiri maka harus pintar memilih maklon atau produsen sepatu yang bisa diajak kerjasama dengan Mou yang saling menguntungkan.

 

  • Promosi secara Offline dan Online
    Media promosi menjadi hal yang penting untuk perkembangan jualan sepatu yang kamu miliki, yaitu media promosi offline yang bisa kamu gunakan seperti menyebar brosur, mengikuti event-event fashion maupun event sneakers yang saat ini sudah rutin setiap tahunnya pasti ada. selain offline, media promosi yang bisa kamu maksimalkan adalah media online seperti membuat website, paid promote, promosi di akun media sosial instagram, facebook, line dan lain sebagainya. 

 

Selain Promosi, kamu juga harus menyiapkan foto dan katalog yang profesional dan juga kualitasnya enak untuk dipandang kaum milenial, karena akan menarik minat untuk membeli produk yang kamu miliki.

Resiko Bisnis Sepatu dan Solusinya

Meskipun bisnis sepatu sangat menggiurkan akan tetapi pasti memiliki masalah yang tidak mudah dipecahkan juga, karena akan banyak seller yang ingin mencari keuntungan dalam bisnis tersebut, lalu apa saja resiko dan solusi bisnis sepatu?

 

  • Perubahan Tren yang Cepat
    Seperti halnya tren baju, tren sepatu juga memiliki perputaran yang sangat cepat, jika kamu tidak bisa mengikuti pasar yang ada maka kamu akan kesulitan dalam menjual produk sepatu yang kamu miliki. kamu harus selalu mengikuti tren yang ada di masyarakat untuk bisa bertahan dan mengembangkan bisnis sepatu yang sudah berjalan selama ini. 
  • Kondisi Pasar Sulit Di Tebak
    Kondisi pasar mungkin akan selalu naik turun, akan tetapi hal ini menjadi tantangan serius untuk pebisnis sepatu, misalnya minggu ini sedang ramai jenis sepatu running namun dua minggu kedepan sudah berganti dengan tren sepatu slip on. Hal ini bisa kamu hindari ketika akan beralih tren, lalu sepatu dengan tren yang lama bisa dijual cepat dengan alih-alih harga promo, namun kamu tetap mendapatkan keuntungan. 
  • Harga tidak Selalu Memberikan Kualitas Terbaik
    Kualitas menjadi poin yang terpenting bagi konsumen, sebagai pelaku bisnis, kamu harus memiliki pemahaman yang detail soal ini. karena kekecewaan pelanggan terhadap produk-mu akan membuat nama produk yang kamu jual tidak akan laku di pasaran. Hal ini bisa kamu hindari dengan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan ketika ada konsumen belanja di toko-mu, lalu hindari memberikan harga yang terlalu tinggi untuk konsumen. 
  • Pengelolaan Keuangan Buruk
    Ketika kamu yakin akan bisnis sepatu ini harus memiliki tata kelola yang baik soal keuangan, karena bisnis sepatu pastinya akan ada beberapa masalah seperti bahan baku naik, bahan baku sulit didapatkan hingga terlalu banyak promosi yang tidak sesuai target pasar. Hal ini bisa dihindari dengan mempercepat perputaran produk, selalu mencatat keluar-masuk keuangan dengan detail. 

Persaingan Sesama Seller atau Penjual Sepatu
Ketika bisnis berjalan dan juga memiliki keuntungan yang besar maka pasti akan ada pesaing-pesaing yang memiliki produk sama seperti kamu miliki, hal ini sangat lumrah terjadi disemua sektor bisnis. jika kamu tidak berpikir dan mengembangkan konsep maka akan kalah secara daya saing dengan pebisnis lain. Hal ini dapat dihindari dengan memberikan pelayanan terbaik dan juga memberikan edukasi, konsep, desain yang update kepada konsumen.

You may also like