Home Bisnis Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan yang Cocok Untuk Pengusaha

Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan yang Cocok Untuk Pengusaha

by Mas Abadi
Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan yang Cocok Untuk Pengusaha

Pada era digital seperti saat ini sangat mudah untuk melakukan berbagai kegiatan. Begitu juga dalam mengurus keuangan untuk bisnis atau usaha anda. Jika dahulu dilakukan secara manual, kini anda sudah bisa memanfaatkan adanya aplikasi pencatat keuangan. Dan berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk catat keuangan usaha yang bisa anda pilih.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Untuk Catat Keuangan

1. Menghindari Salah Hitung

Sebelum memutuskan untuk memilih aplikasi untuk mencatat keuangan, anda juga harus tahu manfaatnya lebih dahulu. Salah satu manfaatnya adalah anda bisa meminimalisir adanya kesalahan hitung. Dalam sebuah perusahaan, tentunya ada banyak transaksi sehingga bagian keuangan harus fokus saat menyusun laporannya.
Untuk itu penyusunan secara manual akan memiliki risiko kesalahan hitung yang lebih tinggi. Apalagi jika dalam pengerjaannya lebih dari satu orang. Jika anda menggunakan aplikasi yang khusus mencatat keuangan tentunya akan lebih akurat. Mengingat aplikasi sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga kesalahan hitung bisa diminimalisir.

2. Hemat Waktu

Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan yang Cocok Untuk Pengusaha

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan lantaran menggunakan aplikasi pencatat keuangan adalah mampu menghemat waktu. Laporan keuangan akan lebih di update jika menggunakan aplikasi pengatur keuangan. Dengan aplikasi, anda hanya perlu menginput data, maka hasilnya sudah akan bisa terlihat karena sudah menggunakan sistem yang jelas.

3. Memudahkan Manajemen Keuangan

Tidak hanya perihal laporan keuangan yang akan lebih cepat, anda juga akan mudah dalam mengatur manajemen keuangan. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan yang membuat kondisi keuangan menjadi stabil. Anda juga bisa menentukan besaran keuntungan hingga pengeluaran lebih rinci. Sehingga manajemen keuangan akan tetap rapi dan tidak rancu.

4. Menjaga Aset Bisnis

Manfaat lainnya jika anda menggunakan aplikasi khusus mencatat adalah bisa menjaga aset bisnis. Sebab, kekayaan bisnis anda juga akan dicatat di dalam aplikasi. Sehingga sebagai pemilik aset akan mudah mengetahui informasi paling update terkait aset yang dimiliki. Informasi ini akan bermanfaat agar pemilik aset bisa menentukan rencana jangka panjang terkait aset.

5. Penyimpanan Data Aman

Apabila anda menggunakan penulisan laporan keuangan manual, risiko kehilangan data akan lebih tinggi. Berbeda jika menggunakan aplikasi yang telah didukung oleh cloud dan koneksi internet. Maka anda bisa mendapatkan jaminan keamanan jika semua data sudah disimpan dengan baik. Apalagi saat banyak yang menawarkan akses di mana saja.

Baca Juga Artikel Berikut : Yuk Kenali Apa Itu Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya di Sini

Daftar Aplikasi Untuk Catat Keuangan Yang Cocok Bagi Pengusaha

1. Jurnal Mobile

Aplikasi pencatatan keuangan satu ini memang tidak gratis alias berbayar. Namun menjadi aplikasi asli Indonesia yang sudah berbasis cloud dan tingkat keamanannya sudah standar ISO 27001. Semua data yang anda masukkan nantinya akan bersifat real time. Sehingga laporan keuangan akan lebih akurat dan bisa anda cek kapan saja dan dimana saja.
Sudah dilengkapi dengan fitur fitur unggulan, tentunya akan memudahkan pekerjaan anda. Seperti adanya fitur update otomatis, invoicing, laporan laba rugi hingga jumlah kas real time. Sekalipun berbayar, jika aplikasi ini memang memiliki banyak manfaat tentunya bukanlah hal yang besar. Apalagi jika bisa membuat anda fokus untuk tingkatkan bisnis.

2. Money Lover

Rekomendasi yang berikutnya sangat cocok untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi. Sebab aplikasi ini bisa digunakan hampir di semua perangkat dan bisa dibawa kemanapun. Bahkan anda juga bisa menggunakan website, dengan begitu dimana saja kapan saja anda bisa mengaksesnya. Dengan fitur utama bisa memantau serta mengkategorikan pemasukan serta pengeluaran.

3. Wallet

Wallet memiliki fitur unggulan berupa sinkronisasi akun online banking yang didapatkan dari berbagai bank. Dengan fitur ini, anda tak perlu mencatat semua transaksi karena akan terekam secara otomatis. Data transaksi juga bisa di import menjadi file excel ataupun CSV. Bisa digunakan di perangkat android maupun IOS dan diunduh secara gratis.

4. EQUIP POS

Jika bisnis anda bergerak di bidang penjualan, aplikasi satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan. EQUIP yang merupakan perangkat lunak berbasis cloud ini ramah user dan bisa dengan mudah dipahami oleh pelaku bisnis. Pengatur keuangan ini juga memiliki fitur Multi User Management yang tidak ada batasan jumlah penggunanya, sehingga memungkinkan penangguhan transaksi saat darurat.

5. MOKA

MOKA cocok untuk anda yang memiliki bisnis retail ataupun restoran. Berbagai kemudahan akan ditawarkan oleh aplikasi satu ini agar bisnis anda semakin berkembang. Salah satunya adanya fitur Manajemen Promo yang bisa memungkinkan anda menyelenggarakan program promo yang menarik. Penggunaannya yang mudah juga menjadi alasan aplikasi ini banyak digunakan.
Itulah beberapa aplikasi pencatat keuangan yang bisa anda gunakan untuk bisnis anda. Masih ada banyak aplikasi lainnya yang juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. Mengingat fitur fitur yang ditawarkan biasanya sesuai dengan target bisnis yang dituju. Dengan menggunakan aplikasi untuk mencatat keuangan tentunya akan sangat memudahkan anda.

You may also like