Home Karier Punya Gaji Besar, Berikut 6 Prospek Kerja Teknik Mesin yang Perlu Kamu Tahu

Punya Gaji Besar, Berikut 6 Prospek Kerja Teknik Mesin yang Perlu Kamu Tahu

by Mas Abadi
Punya Gaji Besar, Berikut 6 Prospek Kerja Teknik Mesin yang Perlu Kamu Tahu

Terkenal sebagai jurusan yang sulit, tidak membuat teknik mesin kehilangan peminat. Pasalnya selain memberikan materi yang menantang untuk sebagian orang, prospek kerja teknik mesin juga dinilai cukup brilian. Bahkan lulusannya dibutuhkan dalam berbagai macam industri. Kamu berminat ? Yuk simak lebih dalam disiplin ilmu satu ini.

Mengenal Jurusan Teknik Mesin

Punya Gaji Besar, Berikut 6 Prospek Kerja Teknik Mesin yang Perlu Kamu Tahu

Jika mendengar nama teknik mesin, rasanya hampir semua orang sudah tidak asing lagi. Terlebih teknik mesin ini bukan termasuk jurusan baru, dan sejak dulu tidak pernah sepi akan peminat. Teknik mesin sendiri juga kerap kali disebut sebagai teknik mekanika, dimana kamu akan mempelajari terkait dengan berbagai prinsip fisika.
Yang mana selanjutnya berbagai prinsip tersebut akan diimplementasikan dalam desain, manufaktur, analisis, serta pemeliharaan mesin. Oleh sebab itu, jika kamu memilih untuk menempuh studi pada jurusan ini maka kamu wajib untuk memperdalam kemampuan di beberapa cabang ilmu dari teknik mesin. Seperti teknik material, termodinamika, kinematika, dan mekanika.

Mengapa Memilih Jurusan Teknik Mesin ?

Tentunya terdapat banyak alasan dan faktor di balik pertanyaan kenapa kamu harus memilih jurusan teknik mesin. Salah satunya perkara minat, dimana jika kamu memang menyukai mesin serta berbagai hal yang berkaitan teknik maka jurusan satu ini sangat tepat untuk dituju. Apalagi jurusan teknis mesin sendiri mempunyai berbagai keunggulan.
Karena pemahaman tentang mesin tersebut sangat dibutuhkan pada berbagai industri, terutama bidang manufaktur dan otomotif. Apalagi mesin selalu berkembang sejalan dengan perkembangan zaman dan pengetahuan teknologi. Sehingga lulusan teknik mesin sudah pasti akan dibutuhkan. Ini lah mengapa prospek kerja teknik mesin dan gajinya cukup besar.

Baca Juga Artikel Berikut : Jurusan Beserta Prospek Kerja Teknik Kimia Yang Jarang Diketahui

Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin

1. Designer Mekanik

Karena banyak berkecimpung dengan permesinan, seorang lulusan teknik mesin tentunya tidak sulit untuk merancang desain mekanik. Sehingga profesi designer mekanik ini tentu akan sangat cocok sebagai para lulusan jurusan tersebut. Dalam profesi ini, kamu akan bertugas untuk membuat contoh dari model mesin baru.
Seorang designer mekanik akan terus dibutuhkan selama perkembangan teknologi terus berlanjut. Apalagi perusahaan otomotif dan sejenisnya kerap kali meluncurkan produk baru, yang tentunya banyak pula menggunakan model mesin baru. Gaji yang ditawarkan untuk seorang designer mekanik sekitar Rp. 5.000.000 per bulan atau bisa lebih.

2. Pertambangan Minyak

Industri pertambangan minyak sudah jelas mempunyai skala perusahaan yang besar, sebut saja seperti Freeport, Pertamina, Chevron, dan lain sebagainya. Dimana prospek kerja teknik mesin dan gajinya dalam bidang ini juga cukup besar. Pasalnya demi kelancaran pengambilan tambang, perusahaan pada bidang ini memerlukan seorang ahli mesin.
Sehingga lulusan teknik mesin yang dibekali dengan pemahaman terkait dengan berbagai mesin, akan sangat cocok untuk mengisi peran tersebut. Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang ahli mesin yang bergelut di bidang pertambangan, bisa mencapai Rp. 6.000.000 hingga Rp. 10.000.000 per bulannya.

3. Aerospace Engineer

Dari namanya saja, profesi satu ini sudah terlihat keren. Dimana tugas aerospace engineer ini yaitu mulai dari mendesain, konstruksi, serta pemeliharaan pesawat. Ini juga termasuk pesawat peluru kendali, sistem senjata, dan juga pesawat ruang angkasa. Karena jobdesk-nya cukup kompleks, engineer di bidang ini bisa dibayar dengan harga tinggi.

4. Machine Learning Engineer

Machine learning engineer atau biasa juga disebut ML engineer, adalah seorang yang melakukan pemrograman komputer namun fokusnya pada programming ke mesin guna melakukan tugas tertentu. Jadi di sini, kamu akan bertugas untuk membuat sebuah program yang bisa memungkinkan sebuah mesin agar dapat melakukan suatu tindakan tertentu.
Profesi ini ada akibat dari dunia teknologi yang terus semakin berkembang dan memaksa masuknya kecerdasan buatan. Contoh nyata dari penggunaan teknologi ML ini yaitu penerapan rekomendasi layanan YouTube atau Netflix. Jadi mesin ini diprogram sedemikian rupa, agar bisa melihat apa yang ditonton pengguna lalu membandingkannya dengan preferensi dan kebiasaan.

5. Maintenance Engineer

Seorang maintenance engineer biasanya bekerja pada pabrik industri, dimana profesi ini akan bertindak sebagai teknisi pemeliharaan. Bahkan tugas dari maintenance engineer bisa lebih dari itu, seperti memasang, memecahkan masalah, hingga memperbaiki peralatan tertentu. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini sekitar Rp. 5.000.000 atau bisa lebih, tergantung skala perusahaan.

6. Research and Development Engineer

Prospek kerja teknik mesin dan gajinya yang cukup besar berikutnya yaitu research and development engineer atau R&D engineer. Dimana tugas dari profesi ini bisa berbeda beda, tergantung dari industri tempat kamu bekerja nanti. Namun umumnya R&D banyak bergerak di perusahaan manufaktur, sains, dan kelistrikan.
Dan biasanya seorang R&D engineer akan melakukan penelitian serta pengujian atas ide produk, lalu mengembang produk baru dari ide tersebut, hingga melakukan desain ulang pada produk terkait. Oleh karena itu seorang research and development engineer ini perlu untuk berkolaborasi dengan departemen lain, ketika ingin mengembangkan produk.
Selain profesi atau jenis pekerjaan seperti yang telah disebutkan di atas, prospek kerja teknik mesin masih sangat luas. Jenis dan jenjang karirnya memiliki peluang besar bahkan cukup bervariasi, karena banyak bidang di kehidupan sehari hari yang membutuhkan implementasi dari disiplin ilmu satu ini.

You may also like