Home Karier Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembanguan

Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembanguan

by Mas Abadi
prospek kerja ekonomi pembangunan

Selain akuntansi, fakultas ekonomi juga termasuk yang memiliki banyak peminatnya terutama pada jurusan ekonomi pembangunan. Kebanyakan dari mahasiswa masuk atau memilih jurusan tersebut dikarenakan prospek kerja ekonomi pembangunan yang luas serta gajinya cukup besar.

Jadi, apabila Anda ingin berkuliah dan mencari yang memiliki peluang kerjanya tinggi pilihlah jurusan ekonomi pembangunan. Sebelum membahas tentang prospek kerja yang bias didapatkan, mari mengulas sedikit tentang apa itu ekonomi pembangunan.

Apa yang dimaksud dengan ekonomi pembangunan

Ekonomi pembangunan adalah salah satu dari cabang tentang ilmu ekonomi yang memang dikhususkan untuk mempelajari mengenai persoalan pembangunan baik dari sector bisnis dan juga perbankan (keuangan).

Apabila Anda berminat untuk mengambil jurusan ini, nantinya Anda akan membahas atau menganalisa tentang isu perekonomian dan bagaimana solusi dari masalah tersebut. Anda dituntut untuk dapat berpikir secara inovatif, kritis dan kreatif.

Pada program studi ini, Anda memang ditempa dan dipersiapkan untuk enjadi srang perencana di bidang pembangunan secara ekonomi. Tentunya Anda juga memiliki peran serta berkontribusi didlam masalah kesejahteraan semua masyarakat.

Mengapa harus ekonomi pembangunan

Lalu apa keuntungan yang akan bisa didapatkan sebagai seseorang yang berkuliah di jurusan ekonomi pembangunan?

  1. Dapat menganalisa isu perekonomian dan apabila ditemukan ada masalah, Anda akan dapat menemukan solusi yang tepat secara inovatif, kreatif serta kritis.
  2. Sebagai seseorang yang lulus dari jurusan ekonomi pembangunan, keuntungan yang didapatkan adalah besarnya peluang kerja baik disektor swasta maupun pemerintah.
  3. Dengan berbekal keahlian sebagai lulusan ekonomi pembangunan, tentunya telah memiliki cara tersendiri dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan.
  4. Apabila anda memiliki minat atau tertarik pada matematika, tentunya hal tersebut sangatlah bermanfaat untuk mengimplementasikan sebuah konsep matematis ke dalam permasalahan ekonomi secara langsung.

Peluang karir bagi lulusan ekonomi pembangunan

Peluang kerja untuk Anda yang merupakan lulusan dari ekonomi pembangunan tentunya sangat beragam. Hampir seluruh bidang usaha dagang maupun jasa membutuhkan bantuan dalam merencanakan strategi dan tentunya hal ini akan dilakukan oleh Anda yang jelas lebih mengerti tentang isu tentang ekonomi pembangunan.

Berikut dibawah ini adalah bidang pekerjaan yang direkomendasikan untuk lulusan ekonomi pembangunan :

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Sebagai seorang PNS yang menjadi bagian Aparatur Sipil Negara atau ASN. Anda berhak memiliki sebuah jabatan di dalam divisi dimana Anda ditempatkan. Anda juga memiliki peran untuk menciptakan sebuah sistem di negara ini , tentunya dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kehidupan masyarakat.

Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk membuat sebuah kebijakan serta melakukan analisis mengenai pertumbuhan ekonomi di negara ini. Menariknya profesi sebagai PNS adalah Anda akan mempunyai masa depan yang jelas terjamin.

  • Pegawai Bank

Apabila Anda tertarik dengan lokasi kerja yang rapi, nyaman dan bersih. Anda dapat melamar sebagai pegawai bank, baik swasta ataupun milik pemerintah. Bila Anda memang menguasai bidang ekonomi pembangunan, posisi Anda bukanlah sebagai front office melainkan di back office.

Apabila telah berpengalaman, kemungkinan terbesar adalah Anda dapat menjadi seorang supervisor atau pun manajer. Beberapa lowongan yang biasanya dibuka oleh pihak bank, yaitu :

  • Sales untuk di tempatkan pada Lembaga keuangan.
  • Broker saham
  • Account officer
  • Funding officer
  • Auditor
  • Juru Taksir

Tugas dari seorang juru taksir adalah menganalisis penjualan, membuat perhitungan, melakukan studi pasar, serta menstruktur. Tujuan dari itu semua agar harga yang sudah dibuat tidak melenceng dan tetap sesuai dengan nilai pasar, supaya tidak ada yang dirugikan.

prospek kerja ekonomi pembangunan

Walau sebelum menjadi juru taksir yang handal dan dapat melegalkan nilai dari suatu aset, Anda harus melewati bermacam pelatihan terlebih dahulu. Namun, apa yang Anda lakukan untuk pelatihan-pelatihan tersebut nantinya akan berbuah manis.

  • Dosen

Peluang kerja selanjutnya adalah menjadi seorang dosen. Tentunya ini hanya berlaku bagi Anda yang memang memiliki minat untuk menjadi seorang pengajar. Tanggung jawab dan tugasnya sama dengan dosen yang mengajar Anda ketika kuliah dulu.

Profesi sebagai dosen tentu ada jenjang karirnya, hal ini ditentukan atau dinilai berdasarkan golongan, seperti Pendidikan, lama Anda mengajar dan jumlah penelitian yang pernah Anda buat. Jika bertanya mengenai penghasilan yang didapat oleh seorang dosen? Ini sangat bervariasi, namun rata-rata dalam sebulan bisa mendapatkan Rp 8.000.000.

  • Sebagai staf pengembangan dan penelitian

Anda menyukai kegiatan yang berhubungan dengan penelitian, maka bekerja sebagai staf pengembangan dan penelitian adalah pilihan yang tepat. Nantinya aktivitas yang akan Anda lakukan bersama dengan anggota tim adalah membuat serangkaian perkembangan yang dilakukan demi kemajuan bisnis perusahaan.

Bagaimana menurut Anda tentang prospek kerja ekonomi pembangunan? Sangat beragam sekali tentunya. Supaya nantinya Anda tidak memiliki penyesalan ketika bekerja, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat, agar saat menjalankan tugas dapat bersemangat dan berjalan dengan baik.

You may also like