Home Pinjaman Proses Pengajuan Kartu Kredit di BRI

Proses Pengajuan Kartu Kredit di BRI

by Mas Abadi
kartu kredit BRI

Bank BRI adalah salah satu dari beberapa bank yang dimiliki oleh BUMN dan sekaligus bank terbesar di negara Indonesia. Bank menawarkan fasilitas seperti kartu kredit, dimana dapat dijadikan alat pembayaran yang muda dan juga praktis. Lewat kartu kredit tersebut, Anda sudah tidak perlu lagi membawa uang tunai dengan jumlah yang besar.

Penggunaan kartu kredit saat ini sudah terbilang lumrah, karena hampir semua orang sudah tidak asing dengan yang namanya kartu kredit, ditambah hadirnya berbagai macam e-commerce atau marketplace yang turut menyediakan layanan pembayaran menggunakan kartu kredit. Nah, untuk membuat atau mengajukan kartu kredit khususnya Bank BRI terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Pembuatan Kartu Kredit BRI

Sebelum mengetahui cara mengajukan pembuatan kartu kredit BRI, Anda juga harus mengetahui apa saja syarat yang diperlukan. Menjadi syarat pertama yakni kartu kredit tersebut bisa diperuntukan kepada WNI dan juga WNA, pemegang kartu minimal berusia 21 tahun dan maksimal berusia 45 tahun, dan untuk kartu tambahan tersebut usianya 17 tahun.

Beberapa bentuk dokumen untuk keperluan pengajuan ini juga perlu disiapkan, dimana dokumen yang berlaku berbeda-beda antara wirausaha, profesional dan karyawan. Fotokopi KTP atau KITAS untuk seluruh kalangan mulai dari wirausaha, karyawan hingga profesional sekalipun.

Melampirkan bukti penghasilan untuk karyawan maupun profesional, sementara wirausaha melampirkan fotokopi rekening dari 2 bulan terakhir. Kemudian fotokopi izin profesi bagi profesional lalu fotokopi akta pendiriannya atau SIUP dan TDP bagi wirausaha.

Mengajukan Kartu Kredit Bank BRi

Terdapat dua cara untuk mengajukan kartu kredit di Bank BRI yang dapat Anda lakukan, yakni sebagai berikut:

1.       Pengajuan Kartu Kredit BRI Secara Online

Untuk cara yang pertama yaitu melalui online. Anda dapat mengunjungi langsung situs web dari BRI, lali terdapat beberapa pilihan jenis kartu kredit lengkap dengan syaratnya, Anda hanya perlu melakukan klik untuk pilihan kartu yang diinginkan.

Bukan hanya itu saja, Anda dapat melakukan klik untuk opsi jenis kartu kredit BRI, pilihlah kartu kredit yang Anda cari, lalu Anda dapat memilih opsi klik apply kartu. Lalu Anda akan diminta mengisi atau mencantumkan nomor telepon serta email pengisian formulir yang nantinya dijadikan sebagai wadah komunikasi pihak bank dengan Anda terkait informasi yang ada.

2.       Pengajuan Kartu Kredit Bank BRI Secara Offline

Selain mengajukan via online, Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit dengan langsung mendatangi kantor cabang terkait. Anda harus menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan, serahkan semua syarat yang Anda bawa ke CS yang nantinya lanjut ke tahap pengisian formulir, Pihak CS disini akan membimbing Anda dengan memberikan instruksi secara jelas. Tidak perlu khawatir, jika Anda sudah menyiapkan dokumen dengan lengkap, besar kemungkinan proses pembuatannya akan cepat selesai.

Proses dan Syarat Pengajuan Pembuatan Kartu Kredit BRI

Seluruh persyaratan dokumen dan berbagai ketentuan yang diberlakukan nantinya akan diproses oleh pihak bank untuk diperiksa terlebih dahulu dan menimbang apakah pengajuan dari pihak pemohon dapat disetujui atau tidak, beberapa syarat yang wajib dipenuhi antara lain:

  •         Membawa Fotokopi KTP.
  •         Minimal berusia 21 tahun.
  •         Fotokopi NPWP.
  •         Fotokopi rekening tabungan dalam tiga bulan terakhir.
  •         Surat keterangan penghasilan atau SKP dari perusahaan tempat anda bekerja dan ditandatangani pihak atasan
  •         Melampirkan fotokopi slip gaji dan sudah dilegalisir, minimum gaji sebesar 3 juta per bulannya. Apabila tidak mempunyai slip gaji, dapat diganti dengan menyiapkan surat keterangan penghasilan.

Jika seluruh persyaratan yang ada sudah terpenuhi, kemudian Anda nantinya akan diberi sebuah form pengajuan lalu mengisinya secara lengkap dan langsung diserahkan kepada pihak CS.

Berkas yang telah diisi kemudian akan di kirim ke bank BRI pusat, pada tahap ini Anda diminta menunggu konfirmasi datang dari pihak bank terkait dan selanjutnya masuk ke tahap wawancara mengenai data pribadi Anda, nama orang tua kandung serta data pekerjaan.

Lewat data yang sudah diberikan, bank terkait segera melakukan pengecekan untuk mengkonfirmasi kebenarannya. Jika seluruh tahapan sudah berhasil dilewati, maka Anda hanya perlu menunggu konfirmasi terkait pengajuan Anda diterima atau ditolak.

Manfaat Kartu Kredit Bank BRI

Beberapa manfaat seperti bebas dari iuran tahunan seperti kartu jenis BRI Touch dan lainnya, kemudahan suku bunga ringan, kemudahan ketika berbelanja. Pihak nasabah dapat menarik uang cash, reward dalam bentuk point serta AutoPay, pulsa isi ulang dan masih banyak lagi promo menarik lainnya.

Fasilitas Layanan Kartu Kredit BRI

Terdapat beberapa fasilitas menarik yang dapat dirasakan di seluruh dunia, berupa belanja ringan yang biasa disebut BRI poin, BRIng, BRI travel service serta call center yang aktif 24 jam. Kemudian layanan Internet Banking, SMS Banking dan masih banyak lagi. 

You may also like