Home Perencanaan Proses Melakukan Pendaftaran Kartu Pra Kerja

Proses Melakukan Pendaftaran Kartu Pra Kerja

by Mas Abadi
seleksi pra kerja

Mengikuti program pra kerja dari pemerintah memberikan banyak keuntungan, khususnya untuk Anda yang belum mendapatkan pekerjaan. Mulai dari program pelatihan yang disesuaikan kebutuhan dan mendapatkan insentif yang membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan kedepannya. 

Hal ini tentunya memberikan banyak keuntungan dan diharapkan mampu memberikan kemudahan untuk para pencari kerja dalam menginginkan pekerjaan yang diimpikannya. Dalam tahap ini, kami mencoba memberikan beberapa penjelasan mengenai proses melakukan seleksi kartu pra kerja, simak beberapa ketentuan lengkapnya. 

Cara Melakukan Pendaftaran Pra Kerja 

1. Akses Link Pra Kerja 

Tahapan pertama kali yang harus Anda lakukan adalah melakukan akses atau mengunjungi link pra kerja terlebih dahulu. Dalam tahap ini bisa Anda lakukan dengan langsung visit ke www.prakerja.go.id. Proses pertama kali yang dilakukan adalah membuat akun dahulu dan mengikuti berbagai proses dari melakukan seleksi kartu pra kerja tersebut. 

Pada tahap ini Anda harus menunggu proses verifikasi terlebih dahulu, apabila akun Anda sudah mendapatkan verifikasi, maka bisa langsung melakukan proses selanjutnya. Ada beberapa ketentuan yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah prosesnya kedepan. Mulai persiapkan KK dan NIK, memasukkan data yang ada, menulis kata-kata motivasi dalam kertas, 

Selanjutnya, langsung saja klik tombol gabung terkait beberapa gelombang yang masih terbuka. Pada tahapan ini Anda tinggal langsung menanti proses kelulusannya saja di dashboard website kartu pra kerja tersebut. 

2. Verifikasi KTP

Apabila Anda sudah masuk dalam tahapan membuat akun, maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan proses verifikasi KTP. Untuk melakukan prosesnya sendiri tidak begitu repot, tinggal mempersiapkan nomor KK, NIK, dan memasukkan tanggal lahir sesuai dengan identitas KTP yang Anda daftarkan. 

Jika semua prosesnya sudah dilakukan, tinggal langsung masuk pada tahap berikutnya. Dalam tahap ini, apabila terjadi permasalahan akan membuat proses pengisiannya akan dilakukan secara berulang. Selanjutnya, jika semua prosesnya sudah selesai, maka tinggal langsung mengupload foto KTP Anda pada websitenya tersebut secara menyeluruh. 

Tidak lupa juga untuk melengkapi beberapa data yang ada, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat yang sesuai KTP, alamat tinggal sekarang, kecamatan, kabupaten, provinsi yang harus diisi secara lengkap dan tidak boleh ada yang salah. Tidak lupa juga untuk mengisi pilihan jenis kelamin, status perkawinan, tanggungan, status pekerjaan, dan topik pelatihannya. 

Apabila semua prosesnya sudah Anda lakukan, maka tahapan selanjutnya yang bisa Anda lakukan dengan menyetujui semua proses yang ada telah input data secara benar. Dengan demikian, faktor satu ini harus Anda lihat secara keseluruhan. 

3. Verifikasi Nomor Telepon 

Dalam tahap ini Anda juga diminta untuk melakukan proses verifikasi untuk nomor telepon yang akan digunakan pada pengajuan proses kartu pra kerja tersebut. Sebelumnya Anda sudah memasukkan nomor telepon yang terdaftar, maka langkah berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi kode SMS berupa OTP untuk bisa melakukan tahapan berikutnya. 

Jika sudah mendapatkan verifikasi kartu telepon, tahapan selanjutnya Anda tinggal langsung melakukan proses mengisi beberapa kalimat yang ada. Lengkapi semua data yang ada dan langsung mengklik tombol ok pada situsnya tersebut. 

4. Melakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tahapan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan proses tes motivasi dan kemampuan dasar untuk proses pendaftaran kartu pra kerja tersebut. Dalam tahap ini Anda diminta melakukan tes tersebut, karena untuk melihat kompetensi dan menggali beberapa potensi yang ada dan mampu untuk dikembangkan kedepannya. 

Persiapkan pensil, pulpen, dan kerta untuk semua proses yang ada, bagian ini akan mendapatkan beberapa soal yang harus dijawab secara kompleks. Oleh karena itu, alat bantu untuk corat coret akan memberikan kemudahan dan bantuan untuk Anda lakukan. Semuanya harus diperhatikan secara lengkap agar tidak mengalami permasalahan. 

Jika Anda sudah melakukan semua proses yang ada, tinggal langsung melakukan proses tes sekarang dan ikuti beberapa prosesnya. Apabila sudah selesai melakukannya, tinggal menunggu proses evaluasi yang ada dan kurang lebih 5 menit. Untuk prosesnya, apabila masih belum berubah, lakukan dan klik tombol refresh. 

5. Tentukan Program yang Diinginkan 

Terakhir, apabila Anda sudah dinyatakan lolos melakukan proses seleksi pra kerja, maka tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mencari program yang benar-benar diinginkan. Bagian tersebut perlahan akan membantu untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda tentukan dan bisa menyesuaikan semuanya secara menyeluruh. 

Pastikan Anda tidak salah dalam prosesnya dan mencari beberapa pekerjaan yang benar-benar bisa Anda lakukan sepenuhnya secara menyeluruh. 

 

Itulah beberapa tahapan atau proses untuk melakukan proses seleksi kartu pra kerja, pastikan Anda mampu mengisi nya secara tepat dan mendapatkan nya. Persiapkan semuanya terlebih dahulu agar memudahkan semua proses yang ada kedepannya. 

 

You may also like