Home Karier Posisi Sales Executive, Gaji dan Peluang Karir yang Menarik Untuk Dilirik

Posisi Sales Executive, Gaji dan Peluang Karir yang Menarik Untuk Dilirik

by Mas Abadi
Sales eksekutif

Posisi sales executive memiliki peranan yang begitu penting dalam perusahaan atau dapat dikatakan sebagai ujung tombaknya. Karena, menjadi jembatan penghubung antara perusahaan dan calon pembelinya. Sehingga, tidak heran kalau posisi sales executive bertanggung jawab pada semua proses dan strategi penjualan. 

Untuk Anda yang belum mengenal dan tertarik bergabung pada sales executive, maka melalui artikel kali ini kami mencoba memberikan beberapa gambaran secara menyeluruh. Mulai dari definisinya, gaji, dan skill yang Anda butuhkan untuk bekerja pada bagian tersebut. Tidak perlu menunggu lama-lama, yuk simak penjelasannya secara lengkap. 

Mengenal Dunia Kerja Sales Executive

Pada dasarnya dunia sales executive adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab terhadap berbagai strategi pemasaran yang menyeluruh. Semuanya berkaitan dengan divisi lainnya untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Dengan demikian tujuan dan target yang diharapkan oleh perusahaan dapat tercapai dengan semestinya. 

Fokus dari sales executive tidak hanya pada penjualannya saja, tetapi setiap orang yang bekerja sebagai pada posisi tersebut harus mampu dalam menjalin dan menjaga hubungan yang lebih erat dan besar kepada pembelinya. Tidak heran, tuntutan pada pekerjaan tersebut membuat Anda harus bertemu banyak orang dan harus pergi ke luar kota. 

Semuanya dilakukan sebagai bagian dari pekerjaan dan target yang telah ditentukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, jika Anda tertarik dan bersedia pada pekerjaan tersebut harus siap bepergian dan mempunyai fleksibilitas waktu yang tinggi. Dengan demikian, target yang diinginkan akan segera tercapai. 

Berapa Gaji dan Peluang Karir Bekerja Sebagai Sales Executive?

Jika Anda tertarik pada dunia tersebut, maka umumnya gaji yang didapatkan disesuaikan dengan upah pokok minimum wilayah tempat Anda bekerja. Namun, hal paling menarik dari pekerjaan sebagai sales executive Anda akan mendapatkan bonus atau komisi dari setiap penjualan yang berhasil Anda lakukan. 

Untuk besaran bonus atau komisi itu setiap perusahaan memiliki beberapa kebijakan dan tidak bisa dipukul rata semua. Prosesnya Anda yang melihat persentase penjualan atau juga melihat dari flat rate terhadap pemenuhan target yang telah mampu dijual. Bahkan, ada juga beberapa perusahaan yang hanya memberikan hasil dari komisinya saja. 

Di Indonesia sendiri rata-rata gaji sebagai sales executive tersebut antara 2,3 juta sampai 4,3 juta rupiah setiap bulannya. Untuk gaji tersebut hanya perhitungan dari gaji pokoknya saja, namun perlu diingat setiap daerah mempunyai kebijakan masing-masing. Sehingga harus melihat juga penetapan UMR wilayah tersebut. 

Mengenai jenjang karirnya sendiri memang terbuka luas dan mempunyai peluang yang besar untuk Anda mengembangkan diri dan perusahaan. Jika Anda sudah berada pada posisi sales executive, maka karir yang paling dekat Anda capai adalah menjadi sales manager yang mempunyai peranan dan tanggung jawab terhadap supervisi dari tim sales yang ada. 

Skill Menjadi Sales Executive 

Ada beberapa skill yang harus Anda miliki dan menguasai menjadi seorang sales executive. Apa saja itu? Yuk simak penjelasannya

1. Memiliki Pengetahuan Baik Terkait Produk 

Pekerjaan Anda berkaitan langsung dengan penjualan produk dari perusahaan tempat Anda bekerja tersebut. Sehingga, kemampuan yang harus Anda miliki adalah mempunyai pengetahuan yang baik terhadap kebutuhan itu. Tentunya Anda harus melihat produk yang dijual, pelayanan yang diberikan, dan berbagai paket yang ada. 

Biasanya sebelum Anda bergabung dan terjun langsung ke lapangan, beberapa perusahaan memberikan waktu untuk Anda memahami dan mengenal produk atau layanan yang ada. Dengan demikian Anda memiliki bekal dan kemampuan untuk lebih mampu dalam menjual dan menawarkan produk tersebut kepada calon konsumen. 

2. Memiliki Manajemen Waktu yang Tepat

Bekerja sebagai profesional sales executive tidak lepas dari pertemuan ke berbagai tempat dan daerah. Sehingga jika Anda bekerja pada posisi tersebut harus memiliki manajemen waktu yang baik dan terus menjaganya. Karena kebutuhannya sebagai sales executive Anda harus mampu dalam membagi dan cermat dalam mengatur waktunya. 

Apabila Anda lalai dan tidak konsisten terhadap berbagai tindakan, maka dampaknya akan berpengaruh pada perusahaan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan bergabung pada sales executive pastikan Anda mempunyai kemampuan diatas.

3. Story Telling yang Mumpuni

Bukan hal yang mudah untuk membuka obrolan dan menjelaskan semuanya dengan menarik dan berbeda dibandingkan yang lainnya. Apabila Anda ingin terjun langsung dalam dunia sales executive mulai sekarang untuk terus melatih public speaking dan mulai bentuk relasi dengan banyak orang. 

Kebutuhannya untuk membantu Anda dalam menjelaskan produk atau layanan ketika Anda bekerja nanti dan tidak kaget akan perubahan ritme tersebut. Apabila Anda tertarik untuk terjun langsung, pahami beberapa skill tersebut. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pekerjaan sebagai sales executive, jika Anda tertarik dalam dunia tersebut pastikan memahami dan mengenalnya secara menyeluruh. 

You may also like