Home Bisnis Poin Penting yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Bisnis Berkembang 

Poin Penting yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Bisnis Berkembang 

by Mas Abadi

Tujuan dari bisnis, secara garis besar dan garis utamanya adalah mencari keuntungan. Untuk mencapai keuntungan yang lebih besar, bisnis yang dijalankan juga harus memiliki progres dan prospek yang baik. Target demi target dijalankan untuk mencapai profit yang terus meningkat.

Mencapai pada titik bisnis paling puncak adalah keinginan setiap pebisnis. Posisi ini tentu sudah melewati titik rendah dan melewati rintangan yang tidak mudah bagi sebuah bisnis. 

Layaknya sebuah bunga yang mekar karena rutin disiram, bisnis juga akan berkembang jika orang-orang di dalamnya tetap memberikan sumber untuk bisnis tersebut berkembang. 

Ada beberapa poin yang dianggap penting dalam proses mengembangkan bisnis. 

Produk yang Berkualitas

Bertahannya sebuah brand karena produknya sudah diakui memiliki kualitas terbaik. Meskipun muncul produk dari kompetitor, kualitas dari produkmu yang berkualitas tidak bisa dibohongi. 

Buatlah produk yang mengedepankan kualitas bukan hanya kuantitas. Bahan yang dipilih juga sudah melalui proses filter dan riset yang mendalam. Pembeli akan cenderung memilih barang dengan kualitas terbaik karena memiliki daya tahan lebih lama. 

Mengikuti Kebutuhan Konsumen

Jangan kecewakan pelanggan dengan produk yang tidak sesuai harapan. Coba lakukan riset dengan peneliti yang mumpuni untuk menganalisis produk seperti apa yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Sebuah produk harus berkembang dengan mengikuti kebutuhan pasar.

Gunakan Teknologi

Perluas jangkauan konsumenmu dengan memanfaatkan teknologi. Dukung penggunaan teknologi dari menyediakan fasilitas jaringan internet di tokomu. Kamu bisa memasarkan produk-produk terbaikmu di marketplace yang sudah banyak orang gunakan, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lainnya. Berikan alternatif kepada calon pembeli dengan membuka toko digital di setiap marketplace tersebut. Pilihan lainnya bangunlah sebuah website yang berisikan informasi detail mengenai produkmu. Kehadiran website sangat membantu calon pembeli untuk memilih produkmu. Kamu bisa membuat laman toko daring kamu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Buatlah akun bisnis di Instagram atau Tiktok untuk mempromosikan produk-produkmu. Hal ini karena banyak pengguna milenial yang aktif bermedia sosial.

Menyesuaikan dengan Zaman

Bisnis tidak selamanya berada di posisi paling atas. Penyebab bisnismu bisa turun adalah terlalu egois terhadap zaman. Masa yang terus berubah akan memberikan gaya hidup dan kebutuhan yang berbeda pula. Peka terhadap lingkungan dan zaman akan memudahkanmu melihat perkembangan sosial saat ini. Jika kamu masih bertahan dengan toko fisik di antara banyaknya toko yang sudah menjajal dunia marketplace, bisa saja kamu akan ketinggalan zaman. 

Produk atau brand yang tidak mengikuti perkembangan zaman akan ditinggalkan oleh pelanggan mereka, karena kompetitor sudah lebih dulu mencuri perhatian dengan kebutuhan yang bisa dijawab oleh mereka. 

Bacalah perkembangan zaman, dengan begitu kamu bisa memanfaatkan peluang itu menjadi bisnis yang baru atau melebarkan sayapnya. 

Lakukan Evaluasi

Bisnis akan berkembang bila direncanakan dengan matang. Sebelum itu, bisnis tersebut harus melakukan evaluasi untuk melihat apa kekurangan dari sebuah produk, atau titik kekurangan berada pada strategi pemasaran. Kekurangan tersebut harus diatasi agar mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam bisnis. 

Evaluasi sudah mencapai target atau belum dan produk-produk yang dipasarkan apakah sudah tepat sasaran. Durasi evaluasi umumnya per tahun atau sesuai kesepakatan dalam bisnis itu sendiri. 

Apakah produk yang ada sudah mampu menjawab masalah yang ada di masyarakat atau belum sepertinya jadi bahan evaluasi yang penting. Sebab kehadiran produk tersebut di tengah masyarakat sendiri sebenarnya mampu meningkatkan kredibilitas sebuah brand. 

Tim yang Tepat

Luar dari poin eksternal, bentuklah tim yang tepat dalam mengembangkan bisnis. Sumber daya manusia ini dipilih berdasarkan kebutuhan perusahaan. Untuk membangun tim yang tepat tidak bisa dalam waktu cepat. Proses demi proses harus dilewati, sehingga kematangan dari tiap orang dalam tim tersebut dapat saling menyempurnakan. Memang persoalannya kelak adalah akan ada permasalahan yang muncul. Mungkin pula adanya bongkar pasang tim. Membentuk tim yang solid tidak mudah, bukan hanya sekedar kerja. Adanya ikatan antara satu dengan yang lain jadi poin utama. 

Visit: Tabungan Digital Amar Bank

Mencari Investor

Apa yang dilakukan oleh bisnis-bisnis yang sudah ternama saat ini? mereka mencari investor untuk memberikan modal terhadap bisnis yang sedang mereka jalani. Suntikan dana itu dapat dimanfaatkan oleh pebisnis dan tim dalam mengembangkan bisnis mereka. Tapi tidak mudah untuk menemukan investor yang bersedia menggelontorkan sekian nominal untuk sebuah brand. Kamu sebaiknya menyiapkan portofolio perusahaan yang memiliki prospek jangka panjang. Kamu bisa meyakinkan investor dengan pengembalian modal dalam waktu yang tidak lama. Kunci dalam poin ini adalah kepercayaan. Berilah kepercayaan kepada investor agar suatu waktu mereka akan berinvestasi kembali. 

Menjalankan bisnis tidak mudah untuk sampai di titik yang paling tinggi. Ada tahap yang harus dilewati. Untuk bisnis yang terus berkembang, lakukanlah perbaikan dalam dan luar agar masyarakat tetap bisa menikmati produk dari brand bisnismu.

You may also like