Home Pinjaman Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan, Apakah Bisa?

Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan, Apakah Bisa?

by Greg Pascal
pinjam modal usaha tanpa jaminan

Mencari peluang usaha memang menjadi tantangan saat ini. Hanya saja seringkali hal ini terbentur dengan ketiadaan modal. Untuk menjawab masalah modal tersebut, seringkali pilihan jatuh kepada pinjam modal usaha tanpa jaminan? Lalu apa keuntungan dan apa yang perlu diperhatikan?

Keuntungan KTA

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan atau yang sering dikenal dengan KTA atau Kredit Tanpa Agunan atau jaminan sebenarnya juga memiliki keuntungan. Berikut beberapa keuntungan dari KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

1. Lebih Mudah

Keuntungan yang pertama adalah peminjam bisa lebih mudah dalam menerima dana tanpa harus memberikan jaminan atau agunan. Tak hanya itu saja, ini bermanfaat untuk membantu calon peminjam yang tidak memiliki agunan namun membutuhkan dana tunai atau modal usaha.

2. Proses Cepat

Keuntungan lainnya dalam pinjam modal usaha tanpa jaminan adalah proses yang cepat. Pengajuan bisa berlangsung mulai dari 3 hingga 5 hari. Bahkan secara online bisa lebih cepat lagi.

3. Tujuan Bebas

Pengajuan pinjaman seringkali juga terbatas pada tujuan dari pinjaman tersebut. Untuk pengajuan KTA tujuan lebih fleksibel terutama bila memang digunakan sebagai modal usaha.

4. Plafon Tinggi 

Mulai dari pinjaman yang hanya ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah, KTA bisa memberikan pinjaman dengan jangka waktu yang juga cukup lama. Yang terpenting adalah kita menghitung untuk pembayarannya kelak.

pinjam modal usaha tanpa jaminan

Baca Artikel Selanjutnya :

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Meminjam Dana Tanpa Agunan

Meski memang pinjam modal usaha tanpa jaminan memiliki beberapa keuntungan, namun sebenarnya juga kita perlu berhati-hati dalam meminjam modal atau dana melalui KTA ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman dana tanpa agunan.

1. Bunga

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman adalah mencari tahu bunga efektif dari KTA tersebut. Pasalnya seringkali yang diberikan adalah bunga flat yang mana setelah dihitung lebih lanjut biayanya dapat membengkak lebih besar.

2. Persyaratan Khusus

Meski memang pinjaman tanpa agunan lebih mudah dan juga lebih cepat prosesnya, namun tentu pihak pemberi pinjaman memiliki persyaratan khusus yang menjamin bahwa peminjam akan membayar pinjamannya. Oleh karena itulah, perhatikan dengan baik apa persyaratan khususnya.

3. Tenor Pinjaman

Baik KTA maupun pinjaman yang mensyaratkan agunan pastinya memiliki tenor. Anda tetap harus memperhatikan tenor pinjamannya. Apabila tenor lama, cicilan akan lebih murah namun sebenarnya bunga jauh lebih besar. Sedangkan bila tenor cepat, bunga akan lebih ringan meski cicilan tinggi.

4. Top Up

Top Up adalah salah satu penawaran yang seringkali diberikan untuk nasabah yang tidak mengalami masalah dalam cicilannya. Top up diberikan oleh pemberi kredit untuk menambah pinjaman baik saat pinjaman masih berlangsung maupun sudah selesai.

5. Perbandingan Dengan Kartu Kredit

Hal selanjutnya yang mungkin perlu diperhatikan sebelum mengajukan KTA adalah perbandingannya dengan Kartu Kredit. Pasalnya kartu kredit memiliki bunga yang lebih rendah ketimbang KTA meski memang KK memiliki limit lebih sedikit untuk pencairan dana.

6. Penalti Pembayaran Lebih Cepat

Seringkali ada juga KTA yang memberikan penalti atau denda malah ketika nasabah membayar atau melunasi pinjaman lebih cepat. Bahkan angkanya bisa mencapai 7% dari pinjamannya. Oleh rena itulah, pahami benar persyaratan pinjaman yang diajukan

7. Penurunan Hutang

Apabila nasabah meninggal dunia, KTA akan menurunkan hutangnya kepada ahli waris. Hal ini dicantumkan pada persyaratan yang diberikan oleh KTA.

8. Konsekuensi Tunggakan

Konsekuensi apabila terjadi tunggakan pada cicilan KTA Anda juga perlu Anda pahami. Pada beberapa kasus, tagihan dapat langsung dilakukan di kediaman Anda bahkan pihak ketiga yang berada di sekitar Anda. Terlebih apabila KTA tersebut berbasis online.

Pertimbangan Sebelum Mencoba Pinjaman Online

KTA berupa pinjaman online atau yang sering disebut sebagai pinjol menawarkan proses yang tidak kalah cepat. Hanya saja, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini pula:

  1. Yang pertama adalah bunga KTA online sangat tinggi. Bunganya yang dapat mencapai 24% per bulan wajib Anda perhatikan ketika akan melakukan pinjaman secara online. Tak hanya itu saja, pinjaman juga akan ditambah dengan beberapa biaya lain yang harus dibayar oleh peminjam
  2. Beberapa penyedia layanan pinjaman online mensyaratkan penarikkan data pribadi dari ponsel via aplikasi pinjaman online. Data pribadi ini nantinya akan digunakan untuk mengejar peminjam apabila terjadi keterlambatan pembayaran pinjaman.
  3. Yang terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika akan melakukan pinjaman online adalah denda yang tinggi apabila ada keterlambatan pembayaran. Besar denda yang ditagih bisa mencapai angka 10 – 30%.

Dengan berbagai pertimbangan diatas, maka Anda bisa lebih mempertimbangkan lagi apakah pinjam modal usaha tanpa jaminan atau KTA tersebut bisa menjawab kebutuhan modal usaha Anda atau tidak. Apabila sangat mendesak dan mampu membayar cicilan nya mungkin tidak menjadi masalah. 

You may also like