Home Bisnis Pilihan Usaha Mikro yang Menjanjikan

Pilihan Usaha Mikro yang Menjanjikan

by Mas Abadi
usaha mikro

UKM (Usaha Kecil Menengah) atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan bisnis dengan modal kecil untuk siapapun yang ingin memulai sebuah bisnis kecil. Menyenangkannya hal ini didukung secara penuh oleh pemerintah, biasanya akan diberikan penyuluhan, pelatihan dan berbagai kegiatan yang dapat memajukan usaha Anda.

Rekomendasi Usaha Mikro yang Menjanjikan

pinjaman modal usaha

Seperti Anda ketahui, jika banyak sekali masyarakat yang memilih untuk membuka usaha kecil demi menjalani kehidupan ditengah keadaan ekonomoi saat ini. Dengan berbinis, juga membuat para pelaku usaha dapat mempunyai penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Berikut adalah ide usaha yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan :

  • Fashion

Fashion adalah pilihan ide usaha pertama yang dapat Anda lakukan, bisnis ini termasuk menjanjikan karena sudah pasti semua orang dari berbagai kalangan membutuhkan pakaian. Dengan tren mode yang selalu berganti sesuai perkembangan zaman, tentunya akan membuat fashion tidak akan pernah mati dan selalu dicari.

  • Kuliner

Kuliner adalah bisnis yang tidak akan pernah mati, karena semua orang pasti akan membutuhkan makanan. Anda dapat membuka usaha sesuai dengan menu makanan yang disukai. Bahkan sebenarnya bila memilih bidang ini, modalnya terbilang fleksibel. Kunci utama agar sukses adalah pastikan kualitas, rasa, pelayanan, serta strategi pemasaran yang baik.

  • Tour & Travel

Bisnis ini sangat potensial terutama jika Anda membukanya di daerah yang dekat dengan destinasi wisata. Anda bisa membuat paket tur disertai dengan fasilitas untuk memudahkan para wisatawan.

Biasanya bisnis tour & travel memberikan layanan akomodasi berupa guest house, hotel, villa, cottage, lalu fasilitas transportasi seperti bus atau mobil. Bisa juga bekerja sama dengan toko oleh-oleh khas daerah setempat.

  • MUA (Make Up Artist)

Anda memiliki minat pada bidang kecantikan, karena UKM tidak hanya sebatas bisnis yang menjual produk, namun juga jasa. Anda dapat memilih menjadi seorang MUA (Make Up Artist), jasa make up bisa melayani untuk lamaran, wisuda, photoshoot berbagai acara serta pernikahan.

  • Penginapan

Sekarang ini banyak orang menyukai kegiatan traveling, bahkan ada juga yang melakukan kegiatan backpacker. Manfaatkan tren ini untuk membuka usaha penginapan, apalagi jika rumah Anda memang berada didekat lokasi wisata.

Anda bisa melakukan bisnis ini dengan cara mengikuti waktu liburan panjang, menyewakan satu atau dua kamar untuk para pelancong dan memberikan mereka fasilitas, seperti kamar dan sarapan.

  • Furnitur

Bisnis yang satu ini memang tidak terlalu populer jika Anda menjualnya secara online, namun nyatanya banyak orang yang membutuhkan perabotan utnu rumah mereka. Memang apabila dijual via online, kebanyakan akan memikirkan seberapa besar mereka harus membayar ongkos kirimnya dan disinilah tantangan Anda.

  • Perlengkapan Bayi

Menjual perlengkapan bayi merupakan bisnis kecil yang terkesan biasa saja. Namun, percayakah Anda jika menurut sebuah riset mengatakan bila usaha ini memiliki peminat yang banyak? Bahkan di tahun 2017 pasar produk bayi mencapai angka Rp 88,1 triliun.

Dengan melihat angka tersebut tentunya Anda dapat membayangkan sebesar apa peluang usaha menjual perlengkapan bayi, bila modal yang dimiliki belum banyak Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari toko besar dengan kredibilitas baik tentunya.

Tips Memulai Usaha Mirkro

Banyak orang ingin menjadi sukses dengan bermimpi mempunyai sebuah bisnis, namun nyatanya tidak banyak yang berani merealisasikan mimpinya tersebut. Karena mereka takut akan kegagalan bahkan sebelum mencoba.

Sebenarnya untuk memulai membuat atau mendirikan usaha mandiri yang Anda perlukan hanyalah rasa percaya diri, tekad serta berani untuk mengambil resiko. Selain itu tentunya Anda juga harus memiliki rencana bisnis yang matang, berikut ini adalah cara awal untuk memulai sebuah usaha :

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan jika ide tentang usaha tersebut bukanlah jiplakan dan benar-benar hasil dari pemikiran sendiri. Pastikan juga apakah Anda akan sanggup untuk menjalankannya, karena membangun sebuah bisnis dan menjadikannya besar tidaklah sebentar.
  2. Melakukan riset pasar bertujuan agar Anda mengetahui siapa saja yang akan menjadi kompetitor dan melihat seberapa besar minat konsumen akan produk tersebut.
  3. Menerima segala saran dari para senior yang telah lebih dahulu terjun di dunia bisnis adalah hal wajib, agar Anda mengetahui dan memiliki pegangan ketika menghadapi kendala.
  4. Buatlah rencana pemasaran dengan matang. Sebuah rencana usaha kan membantu Anda melihat bagaimana bisnis tersebut akan berjalan dengan baik atau tidak.
  5. Percaya diri dengan bisnis yang dijalani, Anda harus memiliki keyakinan jika memang dapat membuat usaha tersebut menjadi berkembang dan sukses.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki keyakinan untuk memulai usaha mikro sesuai yang diinginkan. Ada pepatah yang mengatakan Berpura-puralah hingga kamu berhasil, lakukan apapun untuk memasarkan dan memperkenalkan usaha milik Anda dengan penuh percaya diri.

You may also like