Home Karier Pilihan Profesi di Bidang Akuntansi Bagi Lulusan Baru

Pilihan Profesi di Bidang Akuntansi Bagi Lulusan Baru

by Mas Abadi
profesi di bidang akuntansi

Akuntansi adalah salah satu pilihan program studi yang paling diminati oleh sebagian besar calon mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali profesi di bidang akuntansi yang bisa menjadi pilihan ketika akan melamar pekerjaan.

Profesi yang direkomendasikan bagi lulusan akuntansi

Hal pertama yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar kata akuntansi pastilah menjadi seorang akuntan. Memang sepintas memiliki kesan jika lingkup kerjanya sempit, padahal semua perusahaan atau bisnis tidak akan berjalan dengan baik bila tidak ada seorang akuntan. Berikut dibawah ini adalah beberapa profesi yang paling direkomendasikan :

  • Akuntan

Profesi pertama yang cocok bagi lulusan akutansi sudah pasti menjadi seorang akuntan. Banyak sekali perusahaan baik swasta atau pun BUMN yang membutuhkan akuntan. Tugas dari seorang akuntan adalah memeriksa tentang laporan keuangan, memberikan bantuan konsultasi terhadap keuangan, melakukan perhitungan pajak serta bisa menyediakan jasa pembuatan untuk pelaporan keuangan.

Adapun akuntan forensic yang juga sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah dalam proses identifikasi kecurangan serta korupsi yang dilakukan oleh seseorang. Jika Anda sudah menjadi seorang akuntan professional, gaji atau bayaran yang Anda terima pun terbilang tinggi hingga puluhan juta.

  • Auditor

Pekerjaan selanjutnya yang juga cocok untuk lulusan akutansi adalah menjadi seorang auditor. Pada dasarnya, auditor ini akan memiliki tugas untuk memeriksa keuangan pada perusahaan apakah sudah sesuai dengan standar akuntansi sudah belum. Auditor sendiri dibagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal.

Untuk auditor internal memiliki tugas memerikan laporan keuangan dan hasilnya akan dilaporkan kepada petinggi perusahaan, di mana selanjutnya ia akan memberikan masukan terhadap hal-hal yang dirasa perlu diperbaiki agar keuangan sesuai dengan protocol yang ditetapkan.

Sedangkan untuk auditor eksternal sendiri adalah profesi yang menyediakan jasa audit atau pemeriksaan keuangan pada sebuah perusahaan dan hasilnya pun akan dilaporkan kepada petinggi atau pemilik perusahaan. Hasil yang dilaporkan pun berbeda dari auditor internal, di mana untuk auditor eksternal melaporkan apakah ada kejanggalan dalam laporan keuangan.

  • Konsultan Bisnis

Meski bidang akutansi selalu berhubungan dengan masalah keuangan, tapi bukan berarti tidak bisa terjun dalam dunia bisnis. Karena pada dasarnya, bisnis sudah pasti juga membutuhkan nasihat dalam keuangan. Disinilah profesi konsultan bisnis bisa Anda pilih jika sudah lulus dari jurusan akutansi.

Tugas dari seorang konsultan bisnis adalah memberikan nasihat atau konsultasi kepada perusahaan ataupun lembaga agar bisa menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Konsultan bisnis pun akan melakukan analisa terhadap masalah yang sedang dihadapi perusahaan dan juga memberikan solusi penyelesain yang akurat.

  • Financial Analyst

Anda juga bisa memilih profesi sebagai financial analyst atau lebih dikenal sebagai Analis keuangan. Tugas utama dari seorang Analis Keuangan adalah memperkecil resiko bisnis dengan melakukan identifikasi terhadap keuangan yang ada pada sebuah perusahaan. Sehingga nantinya perusahaan bisa tahu bagaimana perjalanan keuangan untuk kedepan. Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah lebih besar di masa depan.

  • Konsutan Pajak

Profesi yang juga bisa dipilih oleh lulusan akutansi adalah menjadi seorang konsultan pajak. Perpajakan adalah ilmu yang juga masuk dalam bidang akutansi. Menjadi seorang konsultan pajak tidaklah mudah, karena harus memiliki ijin dengan mengikuti test yang disebut USKP atau Ujian Sertifikasi Konsultasi Pajak.

Tugas utama dari seorang konsultan pajak adalah memberikan masukan kepada orang yang membutuhkan, dalam hal ini adalah si Wajib Pajak. Masukan yang diberikan adalah tentang mana saja aset yang harus dibayarkan pajaknya, jumlah besaran pajak, cara menghitungnya dan lain sebagainya. Sehingga Wajib Pajak pun bisa membayarkan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dilakukan bagi Anda yang lulusan Akutansi. Karena masalah keuangan adalah hal yang tidak mudah, maka tidak heran jika perusahaan, lembaga bahkan perorangan pun membutuhkan seorang lulusan akutansi untuk mengawasi, memperbaiki, menilai dan melaporkan seluruh masalah keuangan yang sedang dihadapi.

Kelebihan dari lulusan akuntansi

Sudah bukan rahasia lagi jika jurusan Akuntasi memang selalu menjadi incaran banyak calon mahasiswa dan memang sebagian orang pasti akan memilih jurusan ini karena kelebihan yang dimiliki, yakni :

  1. Peluang kerja sebagai lulusan akuntansi sangatlah terbuka lebar.
  2. Anda akan menjadi lebih teliti dalam mengambil keputusan.
  3. Membuat Anda menjadi lebih tanggap dan cekatan.
  4. Kemampuan dalam mengolah keuangan akan menjadi lebih baik.
  5. Lebih bertanggung jawab.
  6. Akan sangat berguna ketika Anda memiliki sebuah bisnis.
  7. Menjadikan Anda sebagai pribadi yang cepat, cerdan serta kreatif.

Kelebihan-kelebihan tersebut memang belum tentu dimiliki oleh semua lulusan, karena hal tersebut bergantung pada pribadi masing-masing orang. Namun, setidaknya Anda akan lebih mengerti bagaimana profesi di bidang akuntansi sangatlah baik.

You may also like