Home Tips Pilihan Menu Diet Sehat yang Mudah Dibuat

Pilihan Menu Diet Sehat yang Mudah Dibuat

by Mas Abadi
ilustrasi menu diet sehat

Kelebihan berat badan adalah momok paling menakutkan bagi setiap orang terutama wanita. Tak jarang mereka berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan mereka agar terlihat ideal. Bahkan tak jarang ada yang melakukan pola diet extreme agar menurunkan berat badan secara cepat tanpa memikirkan kesehatan. Stigma seperti itulah yang biasanya membuat orang menjadi jatuh sakit atau bahkan gagal melakukan diet. Bukan menjadi sehat malah tubuh kita akan rentan terhadap penyakit tertentu. Nah, bagi anda yang ingin melakukan diet, bisa memilih menu diet sehat yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Menu Diet Sehat yang Bisa Dicoba 

ilustrasi menu diet sehat

Di bawah ini sendiri ada beberapa menu diet yang sehat dengan menggunakan bahan makanan yang berkualitas dan bergizi. Berikut ini adalah menunya:

  • Edamame

Tumbuhan yang termasuk kacang-kacangan ini memiliki cukup banyak manfaat apalagi untuk anda yang sedang menjalankan diet sebab memiliki kandungan lemak yang rendah serta serat yang cukup bagi tubuh. Kacang ini bisa anda olah dengan cara merebus atau mencampurnya dengan bahan makanan lain seperti spaghetti.

  • Telur rebus

Selanjutnya ada telur rebus. Jenis protein ini bisa anda jadikan sebagai sumber karbo pengganti nasi saat sarapan. Selain karbohidrat, telur rebus juga mengandung lemak yang baik untuk tubuh sehingga membuat perut anda kenyang tanpa harus makan nasi terlebih dahulu. Yang lebih menarik lagi, telur juga bisa mempertahankan massa otot selama diet, loh. Jadi cobalah untuk memakan telur rebus satu atau dua butir setiap pagi bagi anda yang sedang menjalankan diet.

  • Sereal yang dicampur susu rendah lemak

Siapa yang tidak suka dengan sereal dicampur dengan susu. Kalian juga bisa menikmati sereal saat melakukan diet. Caranya dengan mengganti susu yang biasa anda pakai dengan susu rendah lemak. Jika anda merasa rasanya sedikit hambar, anda bisa menambahkan kismis agar lebih nikmat lagi.

  • Oatmeal dengan Granola

Oatmeal adalah salah satu pilihan menu diet yang digemari oleh berbagai kalangan sebagai pengganti karbohidrat. Selain mudah untuk membuatnya, oatmeal juga berfungsi sebagai pengontrol gula dalam darah serta membersihkan racun dalam tubuh. Caranya, campurkan oatmeal dan granola dengan susu rendah lemak lalu nikmatilah seperti biasa. Kalau anda tidak terlalu suka dengan rasanya yang hambar anda bisa menambahkan potongan buah agar terlihat lebih menggiurkan.

  • Sayur bayam dan kecambah

Sebetulnya untuk makan siang, anda dibebaskan untuk makan apapun meski anda sedang melakukan diet namun tentunya anda juga harus tetap menjaga pola makan anda. Salah satu yang kami rekomendasikan sebagai makan siang adalah tumis bayam dan kecambah. Cara membuatnya hanya dengan menumis bawang putih dan bawang merah serta cabai hingga harum lalu masukan daun bayam dan tumis sampai layu kemudian tambahkan kecambah dan garam sedikit. Masak sampai matang. Itu bisa menjadi menu andalan anda saat sedang melakukan diet tanpa harus menahan lapar.

  • Cream Soup

Cream soup juga menjadi salah satu pilihan makan siang untuk anda yang sedang diet. Menu ini bisa dijadikan pengganti karbohidrat karena didalamnya sudah mengandung protein dan sayur serta lemak yang cukup untuk dibutuhkan tubuh kita.

  • Steak Tempe

Bagi anda yang memiliki stigma bahwa daging adalah salah satu faktor menambah berat badan tapi anda tetap ingin makan makanan olahan daging seperti steak, pilihan ini adalah yang paling cocok. Ya, gantilah daging yang biasa untuk membuat steak dengan tempe. Cukup kukus tempe sampai empuk kemudian hancurkan dan campur dengan tepung dan bahan pendukung lainnya setelah itu bentuk sesuai selera lalu goreng dalam api kecil. Setelah matang, anda bisa menikmatinya dengan saus khusus atau dengan saus cabai pada umumnya.

  • Salad sayuran

Untuk menu makan malam, anda cukup memakan salad sayuran. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa berasal dari berbagai macam jenis sayur seperti tomat, selada, kol ungu atau sayuran lain yang dicampur dengan sedikit garam, gula, lada serta minyak wijen.

  • Buah-buahan

Buah-buahan tentu juga menjadi menu andalan orang yang sedang melakukan diet sebab buah juga mengandung banyak air hingga menyebabkan kenyang lebih lama apalagi menjelang tengah malam. Anda dapat memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi jus ataupun salad. Potong-potong buah yang anda sukai, masukan ke dalam blender, beri sedikit air lalu nyalakan mesinnya hingga buah tersebut halus kemudian siap diminum. Untuk salad sendiri, anda bisa potong kecil buah-buahan yang anda suka kemudian taruh dalam mangkuk lalu tambahkan yogurt rendah lemak sesuai dengan keinginan anda. 

Bagaimana? apakah anda sudah siap untuk melakukan diet dengan menu diet sehat di atas? Diet itu bukan tentang mengurangi porsi makan anda menjadi lebih sedikit, namun lebih kepada mengatur pola makan yang seimbang agar tubuh tetap sehat dan berenergi. Diet juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur, kalau anda berniat untuk diet tapi tidak diimbangi dengan olahraga, maka diet anda akan sia-sia dan berat badan anda akan mudah sekali naik. Selamat mencoba!

You may also like