Home Investasi Pilihan Investasi Syariah yang Dijamin Cuan dan Halal

Pilihan Investasi Syariah yang Dijamin Cuan dan Halal

by Mas Abadi
investasi syariah

Dalam dunia bisnis, berinvestasi bukan lagi suatu hal yang aneh. Karena sekarang banyak sekali yang memilih investasi sebagai pemasukan pasif (passive income), hanya saja dalam berinvestasi sebagian besar masyarakat dengan pedoman agama tinggi dan kuat sangat mengutamakan investasi yang halal sesuai syariat. Maka banyak dari masyarakat yang memilih investasi syariah.

Namun dalam pemilihan investasi juga tidak boleh sembarangan, karena jika sampai salah bisa saja mengalami kerugian. Mengapa banyak orang memilih investasi berbasis syariah ini? Alasannya adalah investasi berbasis syariah lebih menguntungkan, karena investasi ini memiliki konsep bagi hasil (nisbah). Metode ini tentu baik untuk kedua belah pihak, baik bagi perusahaan ataupun nasabah.

Keuntungan yang didapatkan jika berinvestasi syariah

Tentunya jika berinvestasi  anda diinginkan adalah Keuntungan yang besar dan tentunya apabila syariah sudah pasti harus halal. Lalu apa saja keuntungan yang akan anda dapat jika berinvestasi dalam metode syariah :

  • Bebas riba

Karena ini adalah investasi berbasis syariah, tentu segalanya dilakukan sesuai dengan syariat Islam dan tidak akan mengandung riba. Dengan begitu nasabah tidak perlu takut akan adanya riba, karena dalam ajaran agama Islam disebutkan jika riba atau bunga itu bersifat haram.

  • Berfokus pada kegiatan soial

Biasanya perusahaan investasi berbasis syariah lebih mengedepankan kegiatan sosial, agar dapat membantu banyak orang dengan perekonomian rendah. Kebanyakan juga, perusahaan-perusahaan ini memilih untuk merekrut pegawai dari kalangan ekonomi rendah agar dapat membantu menunjang kehidupan dan perusahaan investasi syariah ini juga dapat memberikan pinjaman usaha dengan yang cukup besar.

  • Aman dan bebas dari penipuan

Dalam berinvestasi pada perusahaan berbasis syariah, dapat dipastikan akan aman dan terbebas dari penipuan. Karena dalam pelaksanaannya sangat menjunjung tinggi transparansi dalam prosedurnya.

  • Halal

Berinvestasi secara syariah tentu tidak hanya menguntungkan di dunia saja, tapi juga urusan akhirat nanti. Karena itu pastikan investasi yang anda ikuti itu bersifat halal. Jika anda memilih untuk berinvestasi di bank syariah, dapat dipastikan jika prosedur yang mereka terapkan tidak mengandung unsur riba dan sudah pasti halal. 

  • Resiko kecil

Berinvestasi di perusahaan syariah tentu memiliki resiko yang lebih kecil dari pada perusaan investasi lain, karena pada prakteknya investasi berbasis syariah menggunakan sistem perhitungan kekeluargaan. Sistem kekeluargaan ini akan mengurangi adanya riba. Karena akan lebih transparan dalam menghitung untung juga ruginya.

Investasi syariah yang dijamin menguntungkan

investasi syariah masa kini

Di atas tadi adalah keuntungan-keuntungan yang wajib anda ketahui dari investasi yang berbasis syariah. Setelah ini mari kita bahas mengenai jenis-jenis investasi berbasis syariah, saat ini ada bermacam-macam jenis investasi yang bisa anda ikuti, misal :

  • Pasar Modal Syariah

Seperti penyebutannya, pasar modal ini benar-benar dapat dipercaya dan berjalan sesuai sistem syariah. Walau sebenarnya pasar modal ini sama saja dengan pasar modal pada umumnya, di dalamnya juga terjadi transaksi jual beli saham dan sukuk yang membedakan hanyalah pasar modal syariah tidak menyimpang dari ajaran agama Islam.

  • Reksa Dana Syariah

Merupakan wadah investasi kolektif yang dikelola oleh manajer investasi dengan menginvestasikan dana yang dikelolanya ke dalam efek Saham Syariah, sukuk dan saham investasi berbasis syariah yang lainnya. Dalam pelaksanaannya  sistem reksa dana syariah ini sangat amat diawasi oleh Dewan MUI, menariknya Investasi ini tidak membutuhkan dana yang besar.

  • Emas Syariah

Berinvestasi pada adalah pilihan yang paling tepat. Karena nilai emas termasuk stabil dan jelas menguntungkan. Kenapa menguntungkan? Karena saat harga jual emas meningkat, tentu nilai investasi anda juga akan meningkat. Jika anda ingin berinvestasi emas syariah dan modal yang dimiliki tidak mencukupi, MUI sudah memberikan izin resmi bahwa dapat dibeli secara kredit.

Syaratnya adalah sebagai berikut :

  • Tidak diperbolehkan menaikan harga jual selama perjanjian.
  • Tidak diperbolehkan menjadikan emas tersebut sebagai akad lain, mengakibatkan pindah tangan.
  • Tidak diperbolehkan untuk dijadikan jaminan pinjaman.
  • Boleh dipergunakan saat emas belum jadi alat tukar yang resmi.

Saham Syariah

Saham Syariah termasuk yang paling populer diantara investasi lain, saham ini memiliki metode musyarakah yang mana memiliki sistem penyertaan modal dengan sistem bagi hasil. Namun, investor tidak akan bisa melakukan investasi pada perusahaan penjualan barang karena bertentangan dengan kaidah syariat.

Bisnis Syariah

Investasi yang satu ini biasanya merupakan investasi yang berhubungan dengan keuangan syariah, tujuannya lebih untuk membantu para pelaku usaha mandiri, baik usaha besar maupun kecil, dengan skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM maupun bisnis korporasi dengan modal besar.

Dari jenis-jenis investasi berbasis syariah tersebut diatas, pastikan anda sudah mempelajarinya dan mengerti bagaimana sistem kerjanya. Karena anda pasti ingin mendapatkan keuntungan bukannya kegagalan atau merugi, jadi pastikan bagaimana sistem kerja investasi syariah tersebut sebelum anda membelinya.

You may also like