Home Investasi Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Cocok untuk Masa Depan

Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Cocok untuk Masa Depan

by Mas Abadi
Investasi Jangka Panjang

Investasi pada saat ini semakin marak adanya. Dikarenakan adanya keinginan untuk menata masa depan supaya lebih baik. Ada juga yang menginginkan dimasa depan hanya duduk santai dan menikmati hasil dari kerja keras waktu masih muda. Di sinilah makin banyaknya jenis-jenis investasi yang bermunculan. Salah satunya adalah Investasi Jangka Panjang sangat diminati oleh masyarakat saat ini. Biasanya karena perputaran nilai uangnya yang semakin lama mengalami kenaikan.

Profil Resiko Investor 

Namun, sebelum Anda memulai investasi, Anda harus tau dan memahami profil resiko investor, diantaranya :

  • Konservatif. Maksud dari konservatif disini adalah profil yang memiliki resiko cenderung rendah dan cenderung main aman. Asal masih menguntungkan, rendahpun tak masalah.
  • Agresif. Yang dimaksud agresif adalah profil yang Anda harus siap menerima keuntungan dan kerugian besar dengan penempatan modal yang cukup banyak.
  • Terakhir, adalah profil dimana Anda harus siap mengambil resiko yang besar. Namun Anda tetap harus hati-hati, teliti, dan pintar dalam membatasi jumlah investasi instrumen yang beresiko tinggi.

Setelah Anda tahu dan paham akan profil resiko investor tersebut, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan di mana Anda akan dan sanggup untuk berinvestasi. berikut ada beberapa jenis pilihan investasi yang cocok buat Anda dan masa depanmu yang bisa Anda pilih nantinya.

Jenis Investasi Jangka Panjang 

Beberapa Investasi jangka panjang yang cocok untuk masa depanmu, diantaranya :

  • Saham

Investasi saham ini mungkin sudah tidak asing buat Anda karena jenis investasi saham ini banyak diminati oleh banyak kalangan karena investasi ini menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi yang lainnya dikarenakan sifatnya yang likuid dan mudah untuk diperjualbelikan. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar, Anda dapat menjual atau mengalihkan sahammu dikemudian hari saat harga saham sedang naik.

Investasi Jangka Panjang

Namun investasi ini juga memiliki resiko yang tinggi, dikarenakan harganya yang cenderung fluktuatif dan sangat bergantung pada keadaan ekonomi, politik, maupun keadaan tertentu (contoh : hari raya).

  • Emas

Investasi emas ini juga sangat banyak peminatnya. Anda dapat berinvestasi dengan cara, Anda dapat membeli emas diwaktu harga emas sedang turun dan Anda akan mendapatkan keuntungan jika Anda menjual emas diwaktu harga emas sedang melambung naik.

Disamping memiliki nilai jual yang tinggi, berinvestasi emas juga cenderung aman dalam berbagai keadaan dan tentunya anti inflasi serta tetap stabil

  • Properti

Properti sekarang ini adalah salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Memang dibutuhkan modal yang sangat besar untuk memulai investasi ini dan investasi ini bersifat tidak liquid karena jika Anda membutuhkan dana cepat, investasi properti ini tidak mudah dicairkan atau dijual.

Keuntungan dalam investasi properti ini, salah satunya karena properti akan selalu dicari dan harga dari properti sendiri , semakin lama akan semakin naik. Keuntungan lain yang bakal Anda dapat adalah dengan penghasilan sewa dari properti yang Anda jadikan rumah sewa atau kost. Investasi ini akan menjadi investasi paling menguntungkan di masa depan.

  • Tabungan Berjangka

Jika Anda pemula dan sangat ingin melakukan investasi untuk masa depanmu, Anda dapat memulai investasi dengan tabungan berjangka ini. Investasi ini sangat menguntungkan buat masa depan karena memiliki bunga yang lebih besar dari tabungan biasa. Untuk kisaran bunganya, sekitar 3% sampai 4% pertahunnya.Investasi ini juga minim resiko karena Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian seperti investasi saham yang harganya bisa naik turun.

  • Reksadana

Bagi Anda yang tidak mau pusing melihat grafik ribet dan naik turun, investasi ini sangat cocok buat Anda. Karena investasi reksadana ini sudah dikelola langsung oleh manajer investasi yang profesional , berpengalaman, dan tentunya memiliki sistem kerja yang transparan. Jadi Anda tinggal mempercayakan investasi Anda ke manajer investasi dan Anda tinggal menunggu keuntungan-keuntungan yang menjadi hakmu.

Jika Anda memiliki profil resiko agresif dan menginginkan berinvestasi jangka panjang, Anda dapat memilih reksadana saham. Karena investasi saham ini 80% aktivanya akan masuk investasi di dalam instrumen saham sebuah perusahaan.

  • Obligasi

Obligasi disini adalah cara berinvestasi dengan meminjamkan sejumlah dana ke perusahaan atau pemerintah. Keuntungan yang dapat diperoleh dari investasi ini adalah bunga yang ditetapkan pada surat hutang jika jatuh tempo. Siapa yang akan membayarnya? Tentu investor yang telah membeli obligasi. Saat ini, investasi obligasi ini juga sangat diminati terutama Surat Berharga Negara (SBN) yang memiliki bunag lebih besar daripada bunga deposito.

Bagaimana? Itulah beberapa Investasi Jangka Panjang yang sangat menjanjikan dimasa depan. Anda bisa memilih jenis investasi sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Tapi pastikan dahulu sebelum Anda berinvestasi, Anda sudah memahami semua produk dan profil investasi supaya nantinya keuntungan yang Anda dapatkan juga besar.

You may also like