Home Perencanaan Pilih mana, Ngontrak atau Beli Rumah?

Pilih mana, Ngontrak atau Beli Rumah?

by Mas Abadi

Biasanya keluarga muda akan mengalami kebingungan dalam menentukan masalah hunian atau rumah, apakah harus membeli rumah atau menyewa? Hal ini cukup wajar, karena ada beberapa poin yang dirasa memberatkan apabila harus membeli rumah, tetapi jika tidak segera beli hunian harganya sudah pasti akan semakin tinggi.

Membeli atau mengontrak rumah, tentunya memiliki kekurang dan kelebihannya sendiri. Untuk keluarga muda, pasti akan sangat penting mengetahui hal tersebut. Karena itu, pada artikel ini kita akan membahas mengenai untung rugi dari kedua hal tersebut. Supaya Anda dapat membuat sebuah keputusan secara tepat.

Lebih Baik Beli Rumah atau Sewa?

Sebenarnya jika Anda memutuskan untuk menyewa (ngontrak) rumah, mungkin bisa menjadi alternatif tersendiri. Walaupun hanya berupa tempat tinggal semi permanen yang jangka waktunya cukup panjang serta memperoleh fasilitas yang serupa. Karena kebanyakan orang akan menganggapnya sebagai properti pribadi walau hanya sementara.

Kelebihan Apabila Mengontrak Rumah

Walau hanya sementara, menyewa rumah mempunyai keuntungan sendiri. Khususnya bagi keluarga muda dengan penghasilan yang terbatas. Apabila dibandingkan membeli rumah, mengontrak tentu memberikan sebuah keuntungan jangka pendek. Anda juga bisa pelan-pelan menabung agar suatu hari bisa memiliki rumah impian.

Dibawah ini adalah keuntungan yang bisa dirasakan jika menyewa/ ngontrak rumah :

  • Menyewa rumah artinya Anda tidak perlu menyisihkan uang untuk DP rumah. Karena memang jika Anda ingin membeli sebuah hunian, dana yang dikeluarkan akan sangat tinggi. 
  • Ketika Anda memutuskan untuk menyewa rumah, Anda tidak harus memikirkan pajak. Berbeda jika Anda membeli rumah, sudah pasti akan ada banyak hal terkait pajak yang harus dibayarkan.
  • Anda tidak perlu memikirkan tentang biaya renovasi rumah, sebab Anda tidak selamanya tinggal di rumah tersebut. Karena nantinya perihal renovasi adalah tanggung jawab pemilik.

Kekurangan Kontrak Rumah

Meskipun menyewa rumah memiliki beberapa keuntungan, ada juga kelemahannya. Pertimbangkanlah beberapa berikut sebelum memutuskan untuk mengontrak rumah : 

  • Leasing berarti melepaskan peluang investasi. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda keluarkan saat tinggal di sewa, Anda tidak akan pernah mendapatkannya kembali. 
  • Tetap akan terbebani dengan adanya biaya perbaikan harian. Bahkan jika penyewa tidak harus menanggung biaya renovasi, kerusakan kecil masih bisa terjadi. Biaya pindah tambahan saat masa sewa berakhir. 

Meskipun kedengarannya kecil, jika Anda memilih periode sewa yang pendek dan sering berpindah-pindah, biaya keseluruhan untuk perpindahan tersebut akan tinggi

Kelebihan Apabila Memiliki Rumah Sendiri

Sama seperti menyewa, memiliki rumah  memiliki pro dan kontra. Bagi Anda yang memiliki penghasilan terbatas atau mempunyai keluarga baru, membeli rumah bisa menjadi beban tersendiri. 

Apabila Anda membeli rumah, pastilah akan memberikan keuntungan yang sifatnya jangka panjang. Di bawah ini adalah hal-hal yang harus diketahui mengenai keuntungan memiliki rumah :

  • Memiliki rumah pastinya akan menjadi investasi jangka panjang yang bisa memberikan keuntungan kepada Anda. Harga properti sudah tentu akan mengalami peningkatan setiap tahun. Karenanya, semakin cepat Anda membeli rumah, pastinya semakin menguntungkan. Hunian yang Anda beli tentu saja menjadi investasi terbaik di masa mendatang. 
  • Pastinya masa depan Anda dan keluarga akan terjamin, sebab rumah merupakan aset yang dapat diwariskan. 
  • Aset pribadi adalah harta yang dapat disewa atau digadaikan pada saat mengajukan pinjaman dari bank.Sertifikat perumahan dapat menjadi jaminan yang memudahkan persetujuan proposal pembiayaan Anda.

Namun, sebelum Anda memutuskan membeli rumah, perhatikan beberapa hal berikut yang dapat merugikan Anda apabila tidak cermat dalam membeli rumah : 

  • Nilai investasi dari membeli rumah maupun apartemen terlalu tinggi. Jika Anda memilih properti yang salah, misalnya lokasi yang kurang strategis/ manajemen yang tidak profesional, Anda harus berlama-lama di dalamnya. Apalagi jika  pembelian dilakukan melalui sistem pembayaran kredit atau cicilan. 
  • Biaya perawatan jelas jauh lebih tinggi. Khususnya yang berkaitan dengan restorasi serta perbaikan dari kerusakan akibat penggunaan.
  • Jika Anda membeli menggunakan sistem kredit, pengelolaan keuangan haruslah berhati-hati. Jika, terjadi kredit macet yang bisa saja muncul di kemudian hari, Anda mungkin berisiko kehilangan uang yang sudah dibayarkan untuk uang muka dari hunian tersebut.

Kekurangan Apabila Memiliki Rumah Sendiri

Namun, sebelum Anda memutuskan membeli hunian, Anda perlu mempertimbangkan apa yang dapat merugikan Anda, misalnya: 

  • Biaya pemeliharaan yang tentunya jauh lebih tinggi. Khususnya yang berkaitan dengan restorasi dan memperbaiki kerusakan akibat penggunaan. 
  • Saat membeli dengan cara kredit seperti hipotek, pengelolaan keuangan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Apabila, kredit macet muncul kemudian, Anda mungkin berisiko kehilangan uang yang sudah dibayarkan dengan properti tersebut. 

Singkatnya, membeli rumah memang lebih menguntungkan daripada menjualnya untuk jangka panjang. Karena ada pro dan kontra untuk membeli dan menyewa rumah, Anda harus mempertimbangkan segala faktor sesuaikan dengan kemampuan serta preferensi Anda sebelum mengambil keputusan.

You may also like