Home Karier Perusahaan Tambang yang Hingga Sekarang Masih Diincar Sahamnya 

Perusahaan Tambang yang Hingga Sekarang Masih Diincar Sahamnya 

by Mas Abadi

Sejak dahulu hingga sekarang investasi tambang adalah jenis investasi yang sangat populer dan banyak menghasilkan profit. Walaupun ada di harga beli yang sangat tinggi, tidak membuat jumlah peminatnya menjadi menurun. Menjadi komoditas tambang unggulan, sehingga lokasi tambang pun telah tersebar di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan lainnya. 

Tambang di Indonesia ini dipasarkan di pasar dalam negeri dan luar negeri. Yang menjadikan banyak orang berminat untuk menaruh modal pada beberapa emiten atau perusahaan tambang ini. 

Pada suatu ketika, beberapa perusahaan yang menambang dan menjual hasilnya sudah menjadi perusahaan terbuka pada BEI. Yang berarti, masyarakat dapat menjadi pemegang saham di perusahaan tersebut. Nah, dibawah ini ada daftar perusahaan tambang yang sampai sekarang masih diincar sahamnya. 

Daftar Saham Tambang di BEI: 

Kamu bisa memilih salah satu saham tambang ini untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi. Semua perusahaan tambang di bawah ini tentunya unggul dan berkualitas sehingga mereka dapat memberikan imbal hasil yang sepadan dengan modal yang kamu keluarkan saat berinvestasi kepada mereka. 

  1. Bukit asam/ PTBA 
  2. Adaro Energy/ ADRO 
  3. Indika Energy/ INDY 
  4. Indo Tambangraya Megah/ ITMG 
  5. Akbar Indo Makmur Stimec Tbk/ AIMS 
  6. United Tractors/ UNTR 
  7. Bumi Resource Tbk/ BUMI 
  8. Borneo Olah Sarana Sukses Tbk/ BOSS 
  9. Batulicin Nusantara Maritim Tbk/ BESS 
  10. Baramulti Suksessarana Tbk/ BSSR 
  11. Bayan Resources Tbk/ BYAN 
  12. Atlas Resources Tbk/ ARII 
  13. Darma Henwa Tbk/ DEWA 
  14. Exploitasi Energi Indonesia Tbk/ CNKO 
  15. Dian Swastatika Sentosa Tbk/ DSSA 
  16. Delta Dunia Makmur Tbk/ DOID 
  17. Garda Tujuh Buana Tbk/ GTBO 
  18. Golden Energy Mines Tbk/ GEMS 
  19. Dwi Guna Laksana Tbk/ DWGL 
  20. Harum Energy Tbk/ HRUM 
  21. Sumber Energi Andalan Tbk/ ITMA 
  22. Samindo Resources Tbk/ MYOH 
  23. Mitrabara Adiperdana Tbk/ MBAP 
  24. TBS Energi Utama Tbk/ TOBA 
  25. Golden Eagle Energy Tbk/ SMMT 
  26. Resource Alam Indonesia Tbk/KKGI 

Cara Berinvestasi Tambang untuk Milenial 

Sesudah kamu mengetahui daftar perusahaan tambang yang unggul, maka kamu juga perlu mengetahui cara berinvestasi tambang agar bisa berinvestasi pada perusahaan tersebut dan dapat memperoleh imbal hasil yang menggiurkan. Cara berinvestasi tambang, diantaranya yaitu: 

1. Ketahui prinsip investasi 

Hal yang perlu kamu lakukan pertama kali yaitu mengetahui prinsip dasar investasi. Investasi merupakan sebuah hal yang dilakukan guna memperoleh penghasilan tambahan dari keuntungan. Melakukan investasi pada perusahaan tambang adalah cara yang tepat sebab bidang pertambangan masih menjadi bidang yang potensial di Tanah Air. 

Prinsip dasar berinvestasi yaitu pahami jika investasi merupakan sebuah komitmen, ada perjalanan panjang yang perlu dilewati hingga akhirnya memperoleh keuntungan yang kamu harapkan. Di balik seluruh proses tersebut, pastinya dibutuhkan analisis secara detail akan risiko, modal, investasi uang dan waktu, dan peluang kerugian. 

Tidak hanya itu, jangan pernah memakai uang yang dipakai untuk keperluan sehari-hari guna berinvestasi. Sebab investasi dapat dimulai bila kamu memiliki “uang dingin” yang dapat diperoleh dari simpanan atau tabungan sehingga tidak mengganggu kondisi finansial bila tiba-tiba harus merasakan rugi. 

2. Pahami peluang tambang 

Tambang merupakan sebuah komoditas ekspor paling besar di Tanah Air dengan potensi yang sangat luar biasa. Meskipun Covid-19 menjadikan sektor ini hampir tertekan, perbaikan ekonomi global dan domestik pada semester II tahun 2020 dapat menjadikan sektor tambang kembali bersinar. 

Tambang dari Indonesia biasanya akan diekspor ke berbagai negara, seperti Thailand, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan China. Apabila keadaan ekonomi global semakin membaik, pastinya pasokan ekspor semakin membaik juga. 

3. Pahami emiten tambang blue chip 

Emiten blue chip merupakan perusahaan publik yang memiliki nilai kapitalisasi pasar lebih dari Rp 10 triliun. Sekarang ini, terdapat 4 perusahaan tambang yang masuk pada indeks LQ45 BEI. Semua perusahaan tersebut seperti PT Adaro Energy Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Indo Tambangraya Megah Tbk, dan PT United Tractors Tbk. 

4. Investasi pada platform yang terpercaya 

Sudah mengetahui prinsip investasi dan bisa memahami kinerja perusahaan tambang di Indonesia? Waktunya kamu untuk melakukan investasi. Investasi saham sekarang ini sangat mudah untuk dilakukan sebab hadirnya platform digital yang menjadikan kamu dapat berinvestasi di mana saja dan kapan saja. 

Namun, saat ingin memulai investasi dengan memakai platform ini, kamu harus pastikan jika platform tersebut aman dan terpercaya. Jangan memilih sembarang platform untuk berinvestasi karena hal tersebut menyangkut pada informasi pribadi mu. 

Nah, itu dia rekomendasi beberapa perusahaan tambang yang sampai sekarang masih diincar sahamnya. Kamu bisa mempelajari dengan baik cara berinvestasi pada perusahaan tambang dan mulai berinvestasi pada perusahaan tambang unggul tersebut. Sehingga kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang besar dan menjadi investasi jangka panjang untuk masa depan. 

 

You may also like