Home Perencanaan Pertimbangan Finansial Sebelum Memutuskan Beli Mobil

Pertimbangan Finansial Sebelum Memutuskan Beli Mobil

by Mas Abadi
Pertimbangan Finansial Sebelum Memutuskan Beli Mobil (1)

Siapapun orangnya tentu ingin setidaknya memiliki mobil pribadi yang dapat digunakan untuk bekerja dan lainnya, termasuk mungkin salah satunya adalah kamu. Apabila kita melihat harga mobil di zaman sekarang ini memang sudah banyak yang terbilang murah dan pastinya akan sanggup dibeli oleh mereka yang memiliki finansial stabil.

Tetapi tentu saja ketika ingin membeli mobil kamu haruslah memperhitungkan terlebih dahulu apakah mampu membeli secara cash atau nantinya di kredit. Karena tentunya kamu memang wajib mengetahui kesanggupan finansial terlebih dahulu.

Beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli mobil

Nah, bagi mereka yang memang bermaksud untuk membeli kendaraan ini secara mencicil, haruslah mempertimbangkan banyak hal yang berhubungan dengan finansial, berikut di bawah ini adalah beberapa poin penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli satu unit mobil.

Belilah ketika memang sudah butuh

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah apakah memang sudah membutuhkan mobil untuk keperluan pekerjaan atau faktor lainnya? Karena sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat orang harus memiliki mobil, yaitu :

  • Saat tempat kerjanya terlalu jauh dari lokasi dia tinggal dan setiap harinya harus melewati jalur cepat atau tol.
  • Ketika di wilayah tempat tinggalnya tidak ada kendaraan umum yang mengarah ke tempatnya bekerja secara langsung sehingga orang tersebut harus berganti transportasi beberapa kali.

2. Sesuaikan dengan anggaran

Pertimbangan kedua adalah mengenai anggaran, tentu saja kamu harus memikirkan tentang budget pembelian ini. Karena seperti yang diketahui bersama harga mobil tidaklah mudah dan tidak semua orang bisa membelinya secara cash.

Apabila kamu memang ingin mempunyai sebuah mobil dan tidak sanggup membelinya mau tidak mau tentunya harus mencari alternatif lain seperti mencicil. Dalam hal ini kamu perlu menghitung secara tepat mulai dari penghasilan bulanan berapa yang harus disisihkan untuk membayar tagihan mobil dan jangan lupa juga menghitung keperluanmu sehari-hari.

Pastikan jika cicilan atau hutang-hutangmu termasuk untuk membayar mobil tidaklah lebih dari 30% setiap bulannya, sebab ketika ternyata lebih dari itu tentu membuatmu harus mencari tambahan penghasilan guna menutupi kekurangan dari keperluan sehari-hari.

Hitunglah pula berapa DP yang diperlukan untuk bisa membawa pulang mobil tersebut, karena setidaknya kamu harus memiliki dana kurang lebih 30% dari harga kendaraan. Pilihannya hanyalah dua kamu bersabar mengumpulkan dari gaji bulanan atau mencari bank yang memang memiliki sistem seperti KPR.

Di mana nantinya pihak bank lah yang akan membelikan mobil sesuai keinginanmu dan setelahnya kamu membayarkan dengan cara mencicil ke pihak bank sesuai dengan nominal yang telah disepakati sebelumnya.

3. Asuransi mobil

Saat kamu memutuskan untuk membeli mobil maka kamu harus memikirkan asuransi apakah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial kamu. Karena bagaimanapun juga asuransi kendaraan adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh para pemilik kendaraan apapun. Dengan kamu mempunyai asuransi kendaraan ini akan sangat membantu.

Dimana ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, contohnya ketika mobilmu tertabrak atau hilang dan lain sebagainya. Kamu harus tahu bahwa jenis asuransi untuk kendaraan, khususnya mobil itu biayanya sangatlah bervariatif. Jadi lakukanlah konsultasi pada perusahaan asuransi kendaraan yang memang dapat dipercaya.

4. Pikirkan tentang pajak kendaraan dan biaya lainnya

Pertimbangan penting lainnya adalah mengenai biaya pajak kendaraan yang harus kamu bayarkan setiap tahunnya. Karena ada satu hal yang harus kamu ketahui yaitu ketika kamu masih tinggal dengan orang tua atau anggota keluarga lain dan mereka juga memiliki kendaraan, maka bisa jadi kamu akan terkena pajak progresif di mana biayanya cukup tinggi. 

Kemudian pajak ini nantinya bisa menjadi lebih tinggi ketika kendaraan yang ada di rumah bertambah banyak. Pertimbangan lainnya adalah mengenai biaya tol lalu biaya parkir kemudian bensin dan masih banyak lagi.

5. Fungsionalitas

Berikutnya yang harus kamu pertimbangkan selanjutnya adalah mengenai fungsionalitas dari mobil yang kamu beli. Apakah memang saat ini kamu membutuhkan mobil tersebut atau tidak? Kemudian akan dipergunakan untuk apakah nantinya jenis mobil yang kamu beli? 

Serta hal-hal lain seperti lebih mana antara memiliki kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum, menambah beban biaya atau tidak dan masih banyak lagi. Kamu perlu juga mendiskusikan hal ini dengan keluarga atau pasangan.

7. Mempersiapkan dana untuk perawatan mobil

Ketika kamu sudah memutuskan untuk membeli mobil maka kamu juga harus memikirkan bagaimana biaya perawatan dari mobil tersebut. Karena pada dasarnya kendaraan apapun itu tetap membutuhkan service baik servis harian, bulanan maupun tahunan.

Di mana perawatan-perawatan ini misalnya seperti mengganti oli, mencuci mobil, memperhatikan ban mobil, perawatan body mobil dan masih banyak lagi. Pastinya tiap-tiap servis tersebut memerlukan dana yang nominalnya berbeda-beda.

Nah, itulah tadi 6 hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil. Pastikan segalanya tidak membuatmu merasa terlalu dibebani, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa memiliki mobil tidak hanya sekedar membeli tetapi juga harus bersiap dengan perawatannya dan juga pajak pertahunnya.

You may also like