Home Perencanaan Persiapan Pernikahan: Daftar Persiapan Pernikahan yang Harus Diperhatikan

Persiapan Pernikahan: Daftar Persiapan Pernikahan yang Harus Diperhatikan

by Mas Abadi

Siapa sih yang tidak ingin menikah? Pernikahan kamu tinggal menghitung waktu? Kamu bingung mau mulai darimana mempersiapkan pernikahan? Hampir setiap pasangan di dunia ini pasti ingin ketahap yang lebih tinggi ini yaitu menikah dan banyak yang akan menikah tapi bingung dalam persiapan pernikahan. Dan pasti banyak yang bilang kalau mengurus pernikahan itu sesuatu yang ribet, panjang, dan melelahkan. 

Ada waktu , tenaga, pikiran, dan tentunya biaya yang harus dikerahkan untuk menyiapkan hari specialmu itu. Bahkan tidak jarang ada yang mempersiapkan lebih dari setahun. Tapi sebenarnya tidak seribet yang banyak orang katakan kok. Mempersiapkan pernikahan tidak selalu ribet, lama, dan memakan biaya fantastis. Nah, agar pernikahanmu sesuai yang kamu inginkan, harapkan, dan tentunya sesuai budget, disini kita akan membahas apa saja daftar yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan pernikahan.

 

Persiapan Pernikahan yang harus Diperhatikan

Melakukan persiapan dalam pernikahan sangatlah penting, di mana berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu sekali Anda perhatikan sebelum menikah: 

  • Persiapan Mental dan Restu Orangtua

Persiapan mental yang utama. Kalau menikah hanya karena faktor umur yang sudah terlalu tua, faktor paksaan yang dikejar-kejar keluarga untuk menikah karena malu dengan saudara atau tetangga yang anaknya sudah seumuran dengan kamu aja sudah nikah tapi kamu belum, percayalah kalau pernikahanmu itu nanti tidak akan selalu membuatmu bahagia.

Tidak menutup kemungkinan akan ada penyesalan didalam pernikahan kalian. Karena yang menjalani hubungan nantinya hanya kamu dan pasanganmu. Bukan orangtua, saudara, teman, atau bahkan tetangga kalian. Jadi kamu dan pasanganmu harus siap lahir batin. 

Jika memang kalian sudah siap dan tentunya jangan lupa akan minta restu orangtua. Jika sudah siap lahir batin dan restu sudah kalian dapatkan, pernikahan kalian nantinya akan lebih matang dan bahagia. Susah senang kalian hadapi bersama. 

  • Menentukan Tanggal Pernikahan

Sudah siap lahir batin, dan sudah dapat restu orangtua? Mari tentukan tanggal pernikahan. Tanggal pernikahan dapat dibicarakan dengan keluarga besar kedua pasangan. Untuk menghindari budget yang tidak terduga, kamu dapat menggabungkan acara perkenalan keluarga dengan lamaran atau tunangan. 

Karena di Indonesia sendiri masih kental dengan adat ketimuran dimana pasangan yang ingin menikah wajib mengadakan acara lamaran atau tunangan terlebih dahulu. Didalam acara tersebut biasanya didapat tanggal pernikahan sesuai kesepakatan kedua keluarga.

Jika dapat menyarankan, alangkah lebih baiknya untuk acara pernikahan tidak begitu jauh dari acara lamaran. 3-4 bulan waktu yang ideal untuk melangsungkan pernikahan setelah acara lamaran.

  • Menentukan Konsep

Untuk acara pernikahan, tentunya selalu ada konsep atau tema. Ada yang menggunakan budaya adat daerah masing-masing calon mempelai atau dengan tema internasional yang biasanya menggunakan dresscode gaun dan jas. Didalam menentukan konsep ini, juga harus dapat diputuskan ingin memakai jasa WO (Wedding Organizer) atau ingin mengurus sendiri dengan keluarga. 

Jika ingin mengurus sendiri, pastikan untuk gedung, dekorasi, segala perlengkapan, souvenir, undangan, mua, baju pengantin, dan tentunya katering sudah dipesan jauh jauh hari. Untuk katering, lebih baik mengatur jumlah tamu undangan dan keluarga yang hadir agar dapat disesuaikan dengan banyaknya hidangan. Ini menghindari untuk pengeluaran budget yang tidak terduga. Kamu dapat memesan undangan dan souvenir ditempat yang sama. 

Selain menghemat waktu , kamu dapat menghemat biaya karena dengan memesan 2 item dan jumlah yg tidak sedikit itu menjadi lebih murah. Dan untuk gaun pengantin serta MUA hingga seragam keluarga , kamu dapat memesan sekaligus disatu tempat. Pastikan kamu tidak salah pilih tempat. Karena kamu tentunya ingin menjadi sempurna dihari bahagiamu.

  • Mengurus Administrasi

Urusan konsep dan tanggal sudah selesai, waktunya kamu mengurus Administrasi ke KUA. Kalau bisa urusan administrasi ke KUA selesai dan beres maks 2 bulan sebelum acara pernikahan kamu. 

Karena selain kamu cepat mengurus berkas-berkas administrasimu, kamu akan mendapatkan hari yang kamu inginkan dan waktu 2 bulan itu dapat kamu gunakan untuk fokus menyiapkan acara pernikahanmu.

  • Seserahan dan Mahar

Jika urusan Administrasi sudah selesai, kamu dapat mengurus seserahan dan mahar. Saat ini banyak terdapat jasa untuk mendekor seserahan. Seserahan dan mahar dapat dikerjakan dan dipesan maks 3minggu sebelum hari H. 

Namun jika kamu ingin lebih menghemat budget, kamu dapat mendekor sendiri seserahan dan maharmu. Perlu diperhatikan juga dalam membeli seserahan dan untuk menghemat budget, utamakan membeli yang kamu butuhkan bukan kamu inginkan. 

 

Berikut adalah beberapa daftar persiapan pernikahan yang wajib diperhatikan. Jika persiapan yang kamu lakukan sudah selesai dan masih jauh dari hari H, kalau ada budget lebih, waktu dan budget lebih, kamu bisa mengisi waktu untuk  melakukan sesi foto prewedding. Dan disisa waktu tersebut, kamu dapat dengan rutin mengecek satu persatu vendor yang membantu dihari bahagiamu agar pernikahanmu nantinya lebih sempurna dan sesuai dengan yang kamu dan pasanganmu harapkan.

Selamat mencoba dan selamat berbahagia.

You may also like