Home Investasi Perlukah Asuransi Jiwa untuk Orang Tua ?

Perlukah Asuransi Jiwa untuk Orang Tua ?

by Mas Abadi

Pada hakekatnya, setiap yang berjiwa pasti akan menua, terlepas dari sampai usia berapakah seseorang hidup di dunia ini. Dari tahun ke tahun usia semua orang akan terus bertambah, kesempatan untuk menjadi orang tua pun semakin nyata.

Namun pertambahan usia seringkali ditandai oleh berbagai permasalahan seperti menurunnya kesehatan dan produktifitas. Hal tersebut memang wajar terjadi karena fungsi tubuh akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Berbagai penyakit pun terus bermunculan, sedangkan biaya perawatan rumah sakit tidak murah. Turunnya produktifitas juga akan membuat para orang tua sudah tidak memiliki penghasilan tetap. Padahal, setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak dan cucu-cucunya di masa depan.

Itulah sebabnya mengapa asuransi jiwa sangat penting untuk orang tua. Dengan asuransi jiwa, orang tua bisa mempersiapkan perlindungan secara finansial lebih awal jika terjadi sesuatu terhadap dirinya seperti meninggal, cacat fisik seumur hidup dan kondisi buruk lainnya.

Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Orang Tua 

Asuransi jiwa bagi orang tua tidak hanya bermanfaat untuk menopang hidup orang-orang yang selama ini bergantung pada mereka, namun masih banyak manfaat yang menguntungkan. Berikut ini manfaat asuransi jiwa bagi orang tua.

  • Mempersiapkan Masa Pensiun

Asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai jaminan hari tua, di saat seseorang sudah memasuki usia tidak produktif. Dengan kata lain, setiap orang yang dulunya adalah seorang pekerja pasti akan merasakan pensiun. Pada umumnya, masa pensiun ketika memasuki usia antara 55-60 tahun.

Premi yang selama ini dibayarkan akan dikembalikan sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Dengan premi tersebut, maka bisa digunakan untuk menikmati masa tua misalkan membeli rumah di kota yang tidak terlalu ramai atau membangun bisnis dan lan sebagainya. Sehingga tidak perlu khawatir lagi meskipun sudah tidak ada pendapatan tetap.

  • Perlindungan untuk Menghadapi Situasi Tak Terduga

Asuransi jiwa juga bermanfaat jika sewaktu-waktu pihak pemegang polis mengalami kejadian diluar dugaan. Misalkan mengalami musibah kecelakaan yang mengakibatkan cacat seumur hidup (disabilitas) hingga meninggal dunia.

Kecelakaan yang dimaksud tidak hanya disebabkan oleh kendaraan bermotor tetapi juga karena kebakaran, bencana alam dan lain-lain. Dengan perlindungan asuransi jiwa maka anggota keluarga tidak akan terbebani secara finansial.

  • Tabungan Tambahan 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, siapa pun tidak akan pernah tahu kapan ia meninggalkan dunia ini. Dan beberapa anggota keluarga mungkin akan merasa kesulitan secara finansial apabila pemegang polis, yang selama ini sebagai tulang punggung keluarga tutup usia.

Dengan asuransi jiwa, maka keluarga yang ditinggalkan bisa menerima manfaat untuk tabungan tambahan guna mencukupi biaya kebutuhan hidup, biaya pendidikan anak dan juga kesehatan.

  • Melunasi Utang

Jika seseorang yang telah meninggal dunia namun masih memiliki utang, maka setiap utang-utangnya menjadi tanggung jawab pihak ahli waris (pasangan atau keluarga). Namun dengan memiliki asuransi jiwa kredit maka utang-utang tersebut bisa dilunasi oleh pihak asuransi.

Sebab, seringkali pihak anggota keluarga tidak mengetahui beban finansial apa saja yang ditanggung oleh orang tua selama masa hidupnya. Semua baru diketahui ketika yang bersangkutan tutup usia, untuk itu penting memberikan proteksi terhadap utang yang selama ini diajukan.

Produk Asuransi Jiwa Terbaik

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan asuransi jiwa, mungkin Anda menjadi tertarik untuk memilikinya. Berikut ini kami berikan referensi produk asuransi jiwa terbaik.

Prudential

“Always listening always understanding” slogan yang sangat familiar ini memang sudah melekat pada Prudential. Tidak hanya menawarkan produk asuransi jiwa, Prudential juga memberikan kesempatan Anda untuk sekaligus berinvestasi dengan premi mulai Rp 400 ribu per bulannya. Dengan Prudential, Anda mendapatkan proteksi jiwa sampai dengan usia 55 hingga 99 tahun.

AXA Mandiri

Kerja sama antara perusahaan AXA Group dengan Bank Mandiri ini sangat menarik karena jika tidak ada klaim asuransi maka Anda berhak mendapatkan pengembalian premi sebesar 110 persen. Keuntungan lainnya yaitu Anda hanya butuh membayarkan premi di lima tahun pertama saja dengan biaya premi mulai Rp 150 ribu.

Sun Life

Produk asuransi jiwa yang dimiliki Sun Life terbilang lengkap, ada whole life, term life hingga unit link. Terdapat salah satu produknya yang akan memberikan proteksi dengan pengembalian premi untuk melindungi Anda dari resiko sakit kritis. Dan itu bisa digunakan sampai usia Anda menginjak 75 tahun. Harga premi yang ditawarkan juga terbilang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 95 – 300 ribu per bulannya.

Dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa asuransi jiwa sangat penting untuk orang tua. Manfaat dan keuntungan yang diperoleh sangatlah banyak. Untuk itu, tunggu apalagi ? Segera proteksi diri Anda sekarang juga !

You may also like