Home Perencanaan Perkuliahan di Universitas Terbuka (UT), Bagaimana Prosesnya? Simak Penjelasan Lengkapnya

Perkuliahan di Universitas Terbuka (UT), Bagaimana Prosesnya? Simak Penjelasan Lengkapnya

by Mas Abadi
Perkiraan biaya kuliah

Gagal masuk SNMPTN 2021 bukan menjadi akhir yang harus Anda ratapi begitu saja dan harus mulai bangkit, lalu mencari alternatif lainnya. Karena masih ada banyak jalan untuk bisa mencapai kesuksesan yang bisa Anda inginkan. Ada banyak pilihan  jenjang pendidikan yang bisa Anda pilih dan tentukan untuk masa depan yang lebih cerah. 

Salah satunya Anda bisa mendaftar di Universitas Terbuka (UT), jika Anda ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi dan terus melangkah, memilih UT bisa menjadi pilihan yang paling besar dan bisa dilakukan. Apalagi dengan biaya yang relatif terjangkau dan jurusan perkuliahan yang relatif lengkap. Nah, bagaimana prosesnya? Mari kita bahas bersama-sama. 

Proses Pendaftaran 

Perlu untuk Anda ketahui terlebih dahulu apabila Universitas Terbuka (UT) tersebut resmi diakui sebagai perguruan tinggi dan sudah lama berlangsung sejak tanggal 4 September 1984. Melalui perguruan tinggi UT tersebut tidak ada batasan usia, tahun ijazah, waktu registrasi, dan frekuensi dalam mengikutinya. 

Terpenting Anda sudah lulus dan mempunyai ijazah SMA/MA/SMK atau pendidikan yang sederajat dengan yang disebutkan itu. Dalam tahap ini untuk jalur mandiri masih belum dibuka dan masih menunggu berdasaran dari kalender akedemik yang bisa Anda lihat atau akses melalui laman UT yang ada. 

Namun, untuk mempermudah Anda dalam melakukan proses pendaftaran ada tiga cara yang bisa dilakukan, simak penjelasannya. 

1. Daftar Langsung ke UT 

Saat ini memang ada beberapa perguruan tinggi UT yang telah tersebar di beberapa penjuru kota Indonesia. Tepatnya ada sekitar 39 kantor layanan untuk melakukan proses pendaftaran atau sekarang dikenal sebagai Unit Program Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ) UT dan terdapat 1 kantor yang ada di luar negeri. 

Untuk Anda yang ingin langsung daftar ke UT bisa mengakses situsnya di https://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat. Selanjutnya Anda tinggal melengkapi beberapa formulir yang diberikan dengan data diri yang harus dipersiapkan. Lalu, langsung melakukan registrasi terkait mata kuliah dan langsung mendapatkan lembar informasi terkait biaya pembayaran registrasi yaitu biaya pendaftaran, biaya registrasi mata kuliah, biaya bahan ajar, dan lainnya. 

Setelah Anda mengetahui beberapa biaya yang harus dikeluarkan, proses pembayarannya dilakukan melalui bank yang ada, diantaranya ada Bank BTN, BRI, BNI, Mandiri, Grup Alfa dan Tokopedia. Apabila sudah melakukan pembayaran, maka calon mahasiswa akan mendapatkan kartu tanda mahasiswa elektronik. 

2. Daftar Online

Pilihan pendaftaran lainnya yang bisa Anda lakukan dengan melakukan pendaftaran online, tahapannya bisa langsung mengunjungi websitenya di https://www.ut.ac.id. Untuk proses pendaftarannya sendiri sangat mudah dan tidak begitu sulit dilakukan. Tahapannya Anda hampir sama dengan melengkapi formulir yang diberikan. 

Lalu, langsung melakukan proses pengunggahan persyaratan pendaftaran terkait calon mahasiswa tersebut. Selanjutnya langsung melakukan proses registrasi terkait mata kuliah, langsung cetak LIP-R yang hampir sama pada proses diatas. Apabila sudah melakukan proses pembayaran berdasarkan kerjasama UT dengan beberapa pihak bank dan grup lainnya. 

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar atau calon mahasiswa UT tersebut harus melengkapi formulir data diri, fotokopi ijazah legalisir, fotokopi transkrip nilai, surat keterangan mengajar sebagai guru untuk fakultas ilmu keguruan dan pendidikan, pas foto ukuran 3×4 jumlah 2 lembar dan 4×6 1 lembar saja, dan terakhir fotokopi KTP dan KK. 

Mekanisme Pembelajaran 

Untuk mekanisme pembelajaran sendiri UT sudah lama melakukan sistem belajar dengan jarak jauh dan terbuka. Melalui laman resminya menjelaskan kalau terkait pembelajaran tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka. Tetapi menggunakan beberapa media yang sudah ada, baik melalui modul dan memanfaatkan fasilitas lainnya, seperti audio, video, radio, dan TV.

Tahapan pembelajaran memang hampir sama layaknya universitas pada umumnya, karena menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) yang diberikan untuk kebutuhan mahasiswa dalam mengemban dan mengejar pendidikan yang diambil tersebut. Sehingga proses kelulusannya berdasarkan dari SKS yang diambil oleh calon mahasiswa. 

Namun, ada juga satu mata kuliah yang harus tatap muka atau langsung, sehingga mahasiswa harus mengikuti proses perkuliahan selama 1 jam. Lalu, untuk kebutuhan pembelajaran jarak jauhnya hampir sama, setiap mahasiswa harus meluangkan waktu 2 jam per minggunya dan proses belajar memang banyak dilakukan mandiri. 

Proses SKS memang ada perbedaan, karena disesuaikan dengan modul. Untuk satu SKS disetarakan dengan 40-50 halaman modul. Lalu, untuk 3 SKS membutuhkan penyelesaian antara 360-450 halaman modulnya. 

Berapa Biaya Kuliah di Universitas Terbuka? 

Mengenai biaya kuliah yang harus Anda keluarkan di UT tersebut didasarkan pada skema layanan yang disesuaikan dengan sistem paket semester (SIPAS) atau non SIPAS atau dikenal per SKS. Terkait biaya perkuliahannya sendiri berbeda-beda, tergantung dari program studi atau jurusan yang diambil serta layanan yang dipilih oleh calon mahasiswa. 

Biaya perkuliahan yang harus dihabiskan paling murah sekitar Rp. 1.150.000 dan paling mahal sekitar Rp. 3.650.000. Untuk beberapa program studi dan fakultasnya, Anda bisa langsung mengunjungi website saja. 

 

Demikianlah penjelasan mengenai perkuliahan di Universitas Terbuka (UT) dan beberapa rincian biaya yang dihabiskan. 

You may also like