Home Karier Perkuat Personal Branding dengan Menggunakan Cara Ini

Perkuat Personal Branding dengan Menggunakan Cara Ini

by Mas Abadi

Personal branding perlu dilakukan supaya kamu mempunyai identitas yang lebih mudah untuk dikenali oleh masyarakat. Jika ditanya apa yang dimaksud dengan citra diri atau personal branding, menurut definisi adalah membangun kesan dari diri kamu kepada lingkungan. 

Di mana prosesnya tentu merujuk kepada bagaimana kamu dapat menunjukkan nilai dan kepercayaan serta tujuan hidupmu ke banyak orang. Secara singkat adalah kamu ingin dikenal sebagai sosok yang bagaimana serta karena apa? Umumnya personal branding ini dapat meningkatkan kredibilitas serta menumbuhkan rasa pede atau percaya diri kamu. 

Sebagian besar mungkin berpikir jika personal branding hanya untuk mereka yang terkenal seperti misalnya arti, menteri, influencer dan tokoh penting lainnya. Padahal sebenarnya kita juga harus mempunyai personal branding yang baik, dengan cara menunjukkan keterampilan, pengalaman dan juga kemampuan.

Mengapa personal branding itu penting?

Apabila kamu telah mengoles personal branding itu artinya kamu sudah memiliki pondasi guna membangun citra dirimu di depan orang banyak. Kemudian kamu juga dapat memperlihatkan dengan cara mencari tahu sisi unik yang ada di dalam dirimu, tentukanlah penampilan yang seperti apa kamu ingin tunjukkan kepada orang lain.

Ada begitu banyak keuntungan yang dapat kamu rasakan ketika melakukan atau menerapkan personal branding ini, salah satunya adalah banyak orang menjadi lebih mengenal dirimu. Contohnya seperti “oh dia itu adalah orang yang pandai dalam bidang kesusastraan.” Atau kamu dikenal sebagai sosok yang mempunyai pembawaan positif dan mampu menjadi role mode untuk orang-orang yang seumuran dengan dirimu.

Selain itu kamu juga bisa membangun sebuah relasi secara luas dan disesuaikan dengan hal yang kamu sukai. Karena secara tidak sadar biasanya orang-orang akan mulai menaruh atau mengenali kepercayaan jika kamu adalah sosok yang ahli serta memiliki keterampilan yang tidak dipunyai oleh banyak orang.

Contohnya ketika kamu adalah seorang HRD dan kerap memberikan tips di dunia kerja maupun interview pada sosial mediamu. Secara tidak langsung kamu telah menunjukkan bentuk perhatian kepada banyak orang dengan membagikan pengetahuan yang kamu miliki.

Tips agar dapat membangun citra diri

Apabila kamu sudah mengetahui betapa pentingnya membangun yang namanya personal branding lalu apa yang harus dilakukan untuk memperkuat citra diri tersebut? Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar personal branding mu lebih kuat :

  • Self-Aware 

Self aware merupakan sebuah usaha saat kamu perlu untuk mengenali diri sendiri. Kamu harus fokus kepada potensi dirimu, karena dengan begitu barulah kamu dapat menemukan personal branding yang terdapat di diri sendiri. Aspek yang dapat kamu tanyakan ke dalam dirimu adalah seperti berikut :

  • Apa yang menjadi minat atau passion kamu?
  • Karakter seperti apa yang perlu kamu tunjukkan ke orang lain?
  • Apa nilai yang memang kamu miliki dan jarang dipunyai oleh orang lain?

Lalu adakah cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran diri atau self awareness? Jawabannya tentu saja ada dan kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti meditasi. Cara ini dianggap yang paling mudah karena tidak banyak yang perlu dilakukan.

Kamu hanya diminta untuk merenung supaya nantinya dapat berpikir lebih jernih. Luangkan saja waktu 30 menit hingga 1 jam untuk melakukan meditasi setiap harinya, gali atau kenali dirimu sendiri dan bertanyalah apa saja yang telah berhasil dicapai selama ini.

Apakah masih ada yang belum bisa diraih. Apabila kamu kesulitan untuk melakukan meditasi, ada baiknya untuk mengikuti kelas khusus yang saat ini sudah banyak dibuka bagi kamu yang memang ingin melakukan meditasi dengan lebih baik.

  • Buatlah konten yang banyak diminati

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat personal branding adalah menunjukkan potensimu atau kelebihanmu lewat sosial media. Dengan cara ini penonton bisa lebih mengenali dirimu melalui konten-konten yang kamu buat.

Tentunya isi dari konten juga harus sesuai dengan kemampuan, pengetahuan serta keahlianmu. Kemas lah konten tersebut dengan hal menarik yang bisa membuat orang lain tertarik untuk menonton hingga selesai.

  • Konsisten

Apabila kamu telah dikenal banyak orang dengan personal branding-mu yang kamu perkuat di sosial media, itu artinya penonton telah memiliki kepercayaan dengan apa yang kamu berikan. Maksudnya tips/ trik dari hal tersebut.

Sudah mereka coba dan berhasil dalam kehidupannya. Lakukan hal ini secara konsisten untuk lebih meningkatkan rasa percaya dari audience kamu. Sehingga mereka akan menganggapmu sebagai sosok profesional serta expert di bidang tersebut.

  • Selalu berinteraksi dengan banyak orang/ audiens

Berinteraksi dengan banyak orang adalah salah satu cara yang ampuh ketika kamu ingin memperkuat personal branding. Karena itu seringlah melakukan sesi tanya jawab dengan para audiens lewat sosial media.

Demikianlah tadi cara bagi kamu untuk bisa memperkuat personal branding, intinya kamu haruslah memperluas relasi, konsisten, percaya pada diri sendiri dan jangan pernah menyerah. Tidak percaya dengan sendiri merupakan musuh utama dari setiap orang apabila ingin memperkuat citra diri. Karena itu jangan sampai kamu kalah dengan diri sendiri.

You may also like