Home Perencanaan Perkiraan Biaya Kuliah UGM Sistem UKT, Ini Rinciannya!

Perkiraan Biaya Kuliah UGM Sistem UKT, Ini Rinciannya!

by Greg Pascal
biaya kuliah ugm

Biaya kuliah UGM dengan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal dapat meringankan ekonomi mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Biaya UKT UGM terbagi atas beberapa kategori yang bisa dipilih sesuai kriteria penghasilan, sistem ini berlaku untuk semua jurusan program studi. Maka siapa saja bisa memperoleh pendidikan yang sama dengan tujuan meraih masa depan yang lebih cerah.

Sistem UKT merupakan subsidi silang diperuntukan bagi mahasiswa yang punya keterbatasan ekonomi, namun ingin menggapai cita-citanya melalui jalur pendidikan perguruan tinggi.

UKT Berdasarkan Kriteria Penghasilan

Pengelompokan UKT atau Uang Kuliah Tunggal ditentukan berdasarkan kriteria penghasilan orang tua, semakin rendah penghasilan maka biaya UKT bisa semakin ringan, begitu pula sebaliknya.

Adapun pembagian kelompok UKT sesuai kriteria penghasilan yang terdiri dari penghasilan kotor ditambah penghasilan tambahan orang tua, kriterianya sebagai berikut.

  • UKT 0 untuk peserta bidikmisi
  • UKT 1 untuk penghasilan ≤ Rp 500.000
  • UKT 2 untuk penghasilan ≤ Rp 2.000.000
  • UKT 3 untuk penghasilan ≤ Rp 3.500.000
  • UKT 4 untuk penghasilan ≤ Rp 5.000.000
  • UKT 5 untuk penghasilan ≤ Rp 10.000.000
  • UKT 5 untuk penghasilan ≤ Rp 20.000.000
  • UKT 7 untuk penghasilan ≤ Rp 30.000.000
  • UKT 8 untuk penghasilan > Rp 30.000.000

Perkiraan Biaya UKT UGM

Biaya kuliah di UGM mengacu pada kategori UKT, sehingga mahasiswa bisa memilih biaya semesteran sesuai dengan kemampuan ekonominya. Adapun perkiraan biayanya sebagai berikut.

1. UKT UGM Program Studi S1

Adapun biaya kuliah UGM berdasarkan UKT kategori III hingga kategori VIII sesuai dengan jurusannya untuk S1 adalah sebagai berikut.

biaya kuliah ugm

biaya kuliah ugm

2. UKT UGM Program Studi DIV

Adapun biaya kuliah UGM berdasarkan UKT kategori III hingga kategori VIII sesuai dengan jurusannya untuk DIV atau Sarjana Terapan adalah sebagai berikut.

biaya kuliah ugm

Baca Artikel Selanjutnya :

Biaya Kuliah UGM Jalur Mandiri

Bagi anda yang ingin kuliah di UGM melalui jalur Mandiri atau lebih dikenal dengan Ujian Tulis, jalur ini merupakan seleksi masuk UGM yang menerapkan pola ujian tertulis bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UGM sesuai dengan jurusannya.

Biaya kuliah jalur mandiri UGM menggunakan sistem UKT, dimana mahasiswa dapat memilih biaya semesteran sesuai dengan kemampuan finansialnya. Bebas biaya uang gedung serta uang pangkal dan uang untuk keperluan lainnya.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan masuk UGM melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, karena sebagian Perguruan Tinggi Negeri ada yang menerapkan sistem UKT tanpa harus bayar uang pangkal atau uang gedung.

Jalur masuk UGM

Terdapat dua jalur masuk UGM bagi calon mahasiswa baru, yaitu tanpa tes dan dengan ujian tertulis, uraiannya sebagai berikut.

1. Jalur SNMPTN

Untuk masuk UGM lewat jalur SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional, maka semua pelajar kelas XII harus mengikuti seleksi sebagai berikut.

  • Seleksi menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik
  • Nilai rapor yang digunakan adalah nilai semester I sampai V untuk para pelajar SMA atau Sederajat dengan masa belajar 3 tahun. Sementara nilai semester I sampai semester VII dengan lama masa studi SMA atau Sederajat selama 4 tahun
  • Sekolah yang akan mengajukan siswanya mengikuti seleksi SNMPTN maka harus punya Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Sekolah mengisikan data prestasi siswa yang akan mengikuti SNMPTN dengan lengkap dan benar
  • Siswa yang akan mendaftar mengikuti SNMPTN harus memiliki NISN
  • Siswa yang akan mengikuti SNMPTN memiliki prestasi yang unggul, serta rekam jejak prestasi akademik tercantum di PDSS
  • Siswa yang akan mendaftar SNMPTN membaca informasi terkait PTN di situs resmi PTN yang dituju.
  • Untuk dapat lolos SNMPTN, siswa memiliki rekam jejak dan prestasi yang baik. Nilai di sekolah juga jadi parameter lolos tidaknya melalui jalur SNMPTN.

2. Jalur SBMPTN

Jalur SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur tes seleksi tingkat nasional untuk masuk UGM, berupa tes tertulis yang biasanya dilaksanakan serentak setelah jalur SNMPTN.

Nah, sebelum mengikuti SBMPTN para siwa di seluruh Indonesia harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Panitia SBMPTN menggunakan hasil UTBK dalam penentuan lolos atau tidaknya menjadi mahasiswa baru.

UTBK dilaksanakan seperti SNMPTN tertulis dalam tiga kelompok ujian yang terdiri dari Kelompok Saintek, Kelompok Soshum dan Kelompok Campuran.

Bagi anda yang ingin kuliah di UGM maka bisa mencari informasi terkait biaya hingga jalur masuk yang bisa diakses agar bisa lolos menjadi mahasiswa di Universitas Negeri ini. Anda bisa memilih berbagai jurusan dan program studi di UGM, sesuai dengan kemampuan finansial dan minat anda. 

Biaya kuliah UGM menerapkan sistem UKT sehingga bisa meringankan mahasiswa yang ingin kuliah di UGM sesuai dengan kemampuan ekonominya. Hak ini menyesuaikan dengan tingkat penghasilan orang tua, semakin rendah penghasilan maka semakin ringan biaya semesterannya.

 

You may also like